Home Auto News Spesifikasi Yamaha TMAX DX 2018 Indonesia

Spesifikasi Yamaha TMAX DX 2018 Indonesia

0 242

Yamaha TMAX DX, Yamaha Indonesia mempunyai TMAX DX yang menjadi anggota keluarga baru di jajaran MAXI Yamaha. Motor matic bongsor ini dijual dengan harga Rp 299,9 juta. Terbilang fantastis memang, sebab harga motor Yamaha ini sedikit lebih tinggi dari harga Honda HR-V di Indonesia.

Akan tetapi bukan berarti TMAX DX hanya menawarkan harga yang mahal. Agus Dimas Saputra, Technical Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengatakan bahwa motor matic Yamaha ini merupakan skuter matik pertama Yamaha yang mengandalkan Yamaha Chip Controlled Throttle (YCC-T).

Motor Yamaha ini juga mendapat perubahan pada bagian kerangka bodi yang menjadi lebih ringan. Performa, pengalaman berkendara dan juga kenyamanan dari Yamaha TMAX DX juga menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Tidak hanya itu, masih ada tawaran menarik lainnya dari motor ini. Agus mengungkapkan bahwa motor matic ini dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan yang merupakan penyempurnaan dari model sebelumnya. Seperti hadirnya cruise control, Yamaha D-Mode, traction control system dan juga e-adjustable windscreen.

Fitur Cruise Control bertugas untuk menjaga kecepatan Yamaha TMAX DX agar tetap konstan pada rentang 50-140 km/jam. Dengan begitu pengendara akan mendapat pengalaman berkendara jarak jauh yang lebih menyenangkan.

Fitur tersebut diaktifkan melalui sebuah tombol di sisi kiri setang kemudi. Sangat berguna untuk pengguna yang gemar touring jarak jauh. Karena motor dapat melaju stabil tanpa perlu menarik tuas gas.

Sedangkan fitur Traction Control System yang hadir pada Yamaha TMAX DX ini berfungsi mengurangi risiko ban belakang slip di segala situasi permukaan jalan ketika akselerasi.

Tidak hanya itu, Yamaha TMAX DX mempunyai fitur Yamaha D Mode yang memberikan pilihan berkendara melalui dua mode berkendara, yakni T Mode atau S Mode. Untuk T Mode akan menciptakan gaya berkendara yang lebih santai dan halus. Sementara S Mode akan membuat pengalaman berkendara menjadi lebih sporty (mode sport).

Berikutnya yang tak kalah menarik adalah hadirnya fitur e-adjustable windscreen. Dengan fitur ini pengguna dapat mengatur ketinggian kaca depan Yamaha TMAX DX secara elektronik sesuai dengan kebutuhan pengendara.Untuk posisi terendahnya mencapai 1.420 mm, dan untuk yang tertinggi 1.555 mm.

Bila diperhatikan, Yamaha TMAX DX diposisikan untuk bersaing dengan Honda X-ADV. Di sektor performa motor Yamaha ini mengandalkan mesin Forward-inclined Parallel 2 silinder 4 katup, DOHC berkapasitas 530 mm. Tenaga yang dihasilkan diklaim bisa mencapai 33,3 kW pada putaran 6.750 rpm dengan torsi puncak 53 Nm pada 5.250 rpm.

Eddy Ang, Deputy General Manager PT YIMM mengatakan bahwa Yamaha Indonesia mendapat alokasi sebanyak 60 unit Yamaha TMAX DX untuk gelombang pertama. Motor ini didatangkan secara Completely Built Up (CBU) atau utuh dari Jepang.

Motor matic ini sendiri mulai hadir di Indonesia pada Februari 2018. Sebanyak 40 unit sudah terpesan oleh konsumen. Di sisi lain Yamaha Indonesia saat ini juga telah meminta ambahan kuota Yamaha TMAX DX karena diyakini motor ini dapat diterima dengan baik oleh konsumen Tanah Air. YIMM telah mengajukan sebanyak 150 unit TMAX DX untuk gelombang kedua yang diprediksi akan hadir pada akhir 2018 atau awal 2019.

Eddy menerangkan bahwa pasar skutik bongsor premium yang ditempati Yamaha TMAX DX memagn tidak besar. Akan tetapi pihaknya menyediakannya untuk konsumen loyal.

Yamaha TMAX DX memang bukanlah motor murah. Akan tetapi peluang motor ini laris di Indonesia tetap ada. Selain itu tidak ada pesaing berarti di segmen yang ditempati motor Yamaha ini.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply