Home Auto News Berapa Harga Yamaha TMAX DX Jika Diproduksi Lokal?

Berapa Harga Yamaha TMAX DX Jika Diproduksi Lokal?

0 190

Yamaha TMAX DX, Belakangan ini Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mencuri perhatian penggemar motor matic premium. Sebab pabrikan motor berlogo tiga garputala itu baru saja mengirimkan unit Yamaha TMAX DX ke konsumen. Yang cukup mencengangkan adalah harga motor Yamaha itu yang menembus angka Rp 299,9 juta.

Tentu saja harga motor matic yang didatangkan utuh dari Jepang tersebut fantastis. Karena harga jualnya setara dengan harga mobil di Indonesia. Akan tetapi harga Yamaha TMAX DX diyakini bisa turun bila diproduksi lokal di Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh Eddy Ang, Deputy GM Marketing YIMM.

“Kalau di Indonesia perpajakan 530 cc itu kan berbeda. Saat diproduksi di Indonesia sebenarnya bisa dihitung, tapi bea masuk dan barang mewah masih ada. Itu jatuhnya akan berkurang, mungkin akan berkurang 30 persen dari harga yang ada saat ini,” jelasnya, mengutip dari DetikOto.

Eddy menjelaskan insentif yang diberikan pemerintah dapat merangsang Yamaha agar dapat memproduksi Yamaha TMAX di Indonesia.

“Sebenarnya insentif, kami kan salah satu produsen motor yang ekspor cukup banyak. Saya pikir pemerintah akan perhatikan, kita-kan menyumbang devisa. Ya memang kadang-kadang kita juga diajak bicara untuk memperhatikan industri ini,” ujar Eddy.

Ia menambahkan secara global Yamaha Indonesia telah mempunyai standar kualitas terbaik. Oleh karenanya Yamaha Indonesia diperkenankan untuk menentukan flagship modelnya.

Di sisi lain dijelaskan bahwa bukan perkara mudah untuk dapat memproduksi Yamaha TMAX DX di Indonesia. Sebab ada banyak hal yang perlu disiapkan. Kendati begitu tidak menutup kemungkinan Yamaha Indonesia nantinya bisa memproduksi motor matic bermesin 530 cc itu.

Baca juga: Spesifikasi Yamaha TMAX DX 2018

“Produksi masih dibuat dari Jepang (TMAX-Red), dibandingkan seri Max lainnya untuk pasar global memang dibuat di Indonesia. Ya saya bisa bilang ada kemungkinan dibuat di Indonesia,” ungkap Eddy.

Tentu ada alasan mengapa Indonesia berpeluang untuk memproduksi motor matic premium terbaru andalan Yamaha itu. Sebagai contoh adalah seri Max lainnya. Pada awalnya motor tersebut dirakit di Italia. Setelah itu dipindahkan ke Spanyol. Lalu pada akhirnya seluruh seri Max diproduksi di Indonesia. Oleh karena itu ada peluang bagi Yamaha Indonesia untuk memproduksi TMAX DX.

Eddy juga mengatakan bahwa saat ini Yamaha Indonesia sudah mulai memproduksi beberapa mesin terbaik. Di akhir 2017 lalu ada beberapa mesin yang sudah dirakit di Indonesia dengan kualitas yang semakin tinggi.

“Nanti ketika Indonesia sudah semakin kompeten maka besar kemungkinan bisa diproduksi di Indonesia (TMAX atau motor Yamaha dengan kapasitas mesin besar),” tambahnya.

Bila nantinya memang benar bisa diproduksi di Indonesia dan harga Yamaha TMAX DX bisa turun hingga 30 persen artinya harga motor tersebut masih Rp 200 jutaan. Memang masih cukup tinggi, namun bisa jadi penjualannya bisa bertambah dibanding bila mendatangkannya secara utuh dari Jepang.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply