Spesifikasi Mobil Desa KMW yang Meluncur Tahun Ini

Loading...

Mobil Desa, Ada satu mobil yang cukup menarik perhatian. Mobil tersebut adalah mobil desa yang rencananya akan dirilis akhir tahun ini. Mobil ini dibuat oleh KMW yang merupakan dua anak perusahaan PT Astra Otoparts.

Loading...

Sesuai dengan namanya, mobil ini nantinya hanya akan dipakai untuk kendaraan pedesaan. Sebagai tenaganya mobil ini dibekali dengan mesin diesel berkapasitas 500-550 cc. Tenaga yang dihasilkan bisa menembus angka 14 daya kuda.

Sedangkan untuk sistem perpindahan gigi mengandalkan transmisi manual 4-percepatan. Juga disematkan sistem Rack and Pinion pada mobil ini.

Berbekal dapur pacu itu, mobil desa KMW ini dapat melesat hingga kecepatan 40 km/jam dengan putaran mesin 2.800 rpm. Mobil desa ini mengandalkan sistem penggerak roda belakang.

Bobot mobil ini sendiri mencapai 800 kg, dengan daya angkut maksimal 700 kg mendatar. Sementara untuk jalanan mendaki daya angkutnya turun menjadi 500 kg.

“Jadi sebetulnya mesin (di mobil desa) itu ada beberapa pilihan, ada diesel, bisa gasoline, kalau nanti sudah punya motor listrik bisa motor listrik, begitu ya, tetap di tahap pertama akan diesel terlebih dahulu,” kata Reiza Treistanto, Direktur PT Velasto Indonesia, sebagaimana dilansir DetikOto.

Untuk saat ini mobil tersebut belum berwujud mobil seutuhnya. Baru berupa platform-nya saja.Akan tetapi mobil yang diproduksi PT Velasto Indonesia dan PT Ardendi Jaya Sentosa dengan PT Kiat Inovasi Indonesia itu mengklaim mobil tersebut dapat dipakai untuk berbagai fungsi.

Rencananya akan ada tiga fungsi untuk AMMDes atau mobil desa. “Satu mobil yang akan membawa barang, modelnya bak bisa dumping,” ujar Reiza.

Selain itu mobil tersebut diklaim juga dapat mengangkut penumpang seperti mobil pada umumnya. “Kita siapkan juga versi yang bisa bawa penumpang, dan bisa diubah model penumpang itu dengan flat deck, dan nanti bisa di couple dengan peralatan pasca panen,” tambah Reiza.

Lalu untuk model ketiga nantinya dapat difungsikan untuk mengangkut beberapa alat alsintan, alat mesin pertanian dan beberapa mesin-mesin pasca panen. Nantinya produsen mobil desa ini akan menyiapkan satu koneksi dengan mesin AMMDes sehingga alat tersebut dapat difungsikan di atas kendaraan.

Sebagai informasi, PT Astra Otoparts Tbk melalui dua anak perusahaannya, PT Velasto Indonesia dan PT Ardendi Jaya Sentosa menandatangani nota kesepahamand engan PT Kiat Inovasi Indonesia. Tujuannya untuk menghadirkan inspirasi karya anak bangsa Alat Mekanisasi Multiguna Pedesaan atau AMMDes.

Penandatanganan nota kesepahaman yang berisi pengikatan untuk pendirian perusahaan usaha patungan itu juga disaksikan langsung oleh Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian Republik Indonesia.

Dalam nota kesepahaman tersebut, pihak-pihak di atas berkolaborasi melalui PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia mengusung platform tersendiri, yaitu AMMDes dengan merek KMW (Kiat Mahesa Wintor).

Dana yang disiapkan mencapai Rp 300 miliar yang nantinya dipakai untuk membuat 15 ribu mobil desa. Nantinya untuk produk awal pihaknya akan membuat sekitar 3.000-6.000 unit untuk dijual. Harga mobil desa ini nantinya diusahakan agar tidak lebih dari Rp 60 juta.

Sukiyat, Direktur Utama PT Kiat Inovasi Indonesia mengungkapkan mengenai penjualannya masih tergantung pasar nantinya bagaimana. “Tergantung pasarnya gimana, yang kita tau sekarang prospeknya, jumlah desa di Indonesia itu kan sekitar 70 ribuan nanti tergantung nanti berapa penyerapannya nanti tinggal dikalikan,” kata dia.

Loading...