Home Auto News Spesifikasi dan Harga Peugeot 3008 2018 Indonesia

Spesifikasi dan Harga Peugeot 3008 2018 Indonesia

0 605

Peugeot 3008, Kabar hangat datang dari PT Astra International Tbk – Peugeot Sales Operation selaku agen tunggal pemegang merek mobil Peugeot di Tanah Air. Belum lama ini Peugeot Indonesia menghadirkan mobil baru, yakni Peugeot 3008 untuk para penggemar mobil SUV. Kehadiran mobil ini sekaligus menjadi tanda bahwa merek otomotif asal Prancis itu masih eksis di Tanah Air.

“Setelah kami vakum selama 3 tahun yang mana terakhir pada 2015 meluncurkan Peugeot 3008 facelifted, Astra masih sangat serius untuk bisnis Peugeot di Indonesia,” jelas Andyka Susanto, Operation Manager PT Astra International – Peugeot Tbk, dikutip dari DetikOto.

Pada kesempatan yang sama, Lionel Faugeres selaku PSA Group Director for South East Asia mengatakan bahwa Peugeot 3008 generasi terbaru ini menjadi bukti keseriusan Peugeot untuk terjun di pasar mobil Indonesia. Mobil Pegueot terbaru ini dikatakan merupakan produk utama untuk menggambarkan strategi pasar Peugeot yang terus meningkatkan.

Mobil SUV ini diharapkan dapat bersaing di pasar mobil Tanah Air, khususnya di segmen SUV.

Di Indonesia, harga Peugeot 3008 ini mencapai Rp 697 juta off the road Jakarta. Ada lima varian warna yang disediakan, antara lain metallic cooper, bianca white, ultimate red, nera black, dan nimbus grey. Penasaran bagaimana spesifikasi mobil baru ini? Berikut ulasan selengkapnya.

Eksterior

Melihat dimensinya, Peugeot 3008 2018 mempunyai panjang 4.447 mm, lebar 1.841 mm, tinggi 1.624 mm dan wheelbase atau panjang sumbu roda 2.675 mm.

Di sisi luar, mobil Peugeot ini menawarkan karakter khas mobil kuat. Terlihat dari beberapa bagian seperti vertical front end, A long flat bonnet, A high waist line, Wide protective bands (bumper skirts, wheel arches, bottom of doors), Large wheels, Raised ground clearance, dan Shaped roof bars, dan sun roof panoramic.

Tidak hanya itu, desain khas tampil melalui grill dan foglamp trim yang dihiasi dengan verikal krom baru. Lalu untuk bagian samping terdapat kombinasi garis krom yang terdapat pada profil atas kaca jendela, bagian bawah pintu dan grill depan.

Untuk sektor roda menggunakan velg alloy berukuran 18 inci. Peugeot 3008 2018 dibekali juga dengan lampu LED daytime running dan LED pada lampu belakang. Selain itu juga disematkan foglamp di depan, berikut kesan unik dengan 3 baris cluster merah dari 6 LED yang melambangkan kuku singa.

Interior

Sisi interior juga tak kalah menarik. Mobil ini diklaim mengusung desain layaknya kabin pesawat dengan dashboard yang dibuat mirip kokpit pilot dengan sentuhan modern. Juga terdapat teknologi i-Cockpilot yang fungsinya memudahkan pengemudi dengan fitur PEUGEOT i-Cockpit Amplify.

Sebagai pelengkap terdapat layar sentuh 8 inci, six elegant pianno-key ‘toggle switches’ yang akan memberikan akses langsung dan permanen ke kontrol utama fungsi untuk radio, kontrol iklim, parameter kendaraan, telepon hingga aplikasi mobile.

SUV ini mempunyai kapasitas 5 penumpang dengan kenyamanan yang baik. Selain jok dengan desain multiflex, floor panel bagasi mempunyai 3 level position. Selain itu juga terdapat 13 tempat penyimpanan dengan 50 liter ruang penyimpanan yang bisa dipakai.

Interior Peugeot 3008 juga menyimpan cukup banyak fitur. Diantaranya electric door mirror, AC Dual Zone automatic air conditioning system and 2nd row air diffusion, exterior courtesy lightning, cruise control and speed limiter dan automatic windscreen wiper with rain sensor.

Selain itu juga ada fitur Leather steering wheel, Electrochrome rear view mirror, Electric Folding Rear Mirror, Aux audio connector, Front hingga rear & boot 12 volt accessories sockets.

Fitur Keselamatan

Selain fitur yang siap memanjakan pengguna, Peugeot 3008 terbaru juga mengusung fitur penunjang keselamatan yang juga lengkap. Fitur pengereman ABS, EBD dan EBA tersedia pada mobil SUV Eropa ini.

Di samping itu juga ada tawaran fitur Electronic Program (ESP). Peugeot juga menyematkan ventilated disc with diagonal circuit system di dua roda depan dan disc diagonal circuit system pada roda belakang. Peugeot 3008 juga mempunyai fitur Electronic Parking Brake yang dapat dioperasikan secara manual ataupun otomatis sesuai keinginan pengemudi.

Performa

Peugeot 3008 dibekali dengan mesin EP6FDTM Turbo, 16 valve, WT, WL berkapasitas 1.598 cc. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 165 hp pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi maksimum 240 Nm pada putaran 1.400 rpm.

Mesin ini diklaim ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Emisi CO2 nya rendah, yaitu mencapai ekonomi bahan bakar 8,4 liter/100 km dengan 193 g/km CO2. Menariknya mesin ini sudah memenuhi standar EURO 6.

Tidak cukup sampai di situ, Peugeot 3008 juga mempunyai fitur Advanced Grip Control dengan optimasi traction control. Tersedia 5 grip level, yaitu Normal, Snow, Mud, Sand dan ESP OFF sehingga akan lebih nyaman dipakai off road.

Peugeot 3008 baru hadir di Indonesia tahun ini lantaran versi setir kanan baru tersedia pada tahun lalu. “Right hand drive sendiri baru siap semester 1 2017, sehingga akibatnya itu yang bikin telat, dan kami ini kan stir kanan gitu, lebih ke teknis sih,” jelas Andyka.

Awalnya mobil SUV ini direncanakan hadir di Indonesia pada tahun lalu. Akan tetapi lantaran keterlambatan mobil dengan setir kanan itu, mobil baru dapat dirilis tahun ini.

“Jadi sebetulnya sudah ada wacana untuk masukan ini. Di 2016 sudah sounding akan ada produk fenomenal dan kami mencoba memasukannya 2017, tapi ada banyak peritmbangan, salah satunya right hand drive tadi,” ungkapnya.

Walaupun baru meluncurkan Peugeot 3008 sekarang, Peugeot Indonesia yakin mobil barunya itu dapat diterima dan bersaing dengan kompetitor.

Seperti yang kami jelaskan di atas, harga mobil baru ini mencapai Rp 697 juta off the road. Akan tetapi harga tersebut rupanya jauh lebih murah dari yang seharusnya. Andyka menerangkan bahwa Peugeot 3008 itu seharusnya dijual dengan banderol harga Rp 800 jutaan.

Sedangkan penurunan harga hingga Rp 200 jutaan itu dilakukan Peugeot Indonesia untuk konsumen. Sebab mobil di segmen premium seperti 3008 semestinya punya bandero lharga yang tinggi. Hanya saja hal itu menjadi halangan bagi konsumen untuk membeli SUV premium.

“Adalah komitmen dari Astra dan PSA selaku prinsipal untuk sama-sama kita suffer ya. Kita mau suffer ya. Dalam hal profit tapi kita ingin produk diterima dulu,” kata Andyka.

Oleh karena itu diharapkan nantinya setiap mobil yang dirilis Peugeot di Indonesia akan selalu diterima dengan baik oleh konsumen. Hal tersebut juga diharapkan b isa menjadi acuan bagi peugeot untuk kembali bangkit di pasar Indonesia.

“Yang penting kita diterima dulu kembali oleh pasar, menjadi titik baliknya Peugeot di Indonesia kami lakukan bersama-sama di-support oleh prinsipal kami,” ujarnya.

Tawaran Peugeot 3008 memang terbilang menarik. Bisa menjadi pilihan untuk konsumen yang ingin mendapat SUV baru dengan cita rasa yang berbeda. Fitur yang ditawarkan juga melimpah, baik di sisi eksterior, interior hingga penunjang performa.

Tak lupa fitur keselamatan menjanjikan turut hadir pada Peugeot 3008 2018. Hal tersebut membuat mobil baru ini menarik. Terlebih tawaran harga yang cukup layak untuk diperhitungkan.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply