Home Auto News Kawasaki Z900RS Cafe Akan Sapa IIMS 2018

Kawasaki Z900RS Cafe Akan Sapa IIMS 2018

Kawasaki Z900RS Cafe, Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 akan digelar dalam waktu dekat. Kita juga sudah mendengar akan ada beberapa mobil baru dan motor baru di sana. Akan tetapi kali ini kita akan fokus pada roda dua.

Salah satu merek sepeda motor ternama asa Jepang, Kawasaki akan menghadirkan produk terbarunya di IIMS 2018. Motor tersebut adalah Kawasaki Z900RS Cafe bergaya retro.

“IIMS produk baru belum ada, warna baru juga belum ada. Tapi kita tunjukkan Kawasaki Z900RS Cafe untuk pertama kali ke masyarakat Indonesia,” ujar Michael C. Tanadhi, Deputy Head Sales & Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), dikutip dari laman Oto.

Motor Kawasaki terbaru ini memang baru akan dirilis di IIMS 2018. Akan tetapi pemesanan unit motor retro ini sudah dibuka sejak Kawasaki Bike Week 2017 yang digelar KMI tahun lalu. Harga motor Kawasaki ini Rp 288 juta on the road (OTR) Jakarta.

Michael mengklaim Kawasaki Z900R Cafe ini telah terpesan sebanyak 15 unit. Angka pemesanan ini sedikit lebih rendah dari Kawasaki Z900RS yang berhasil terpesan sebanyak 20 unit.

Sekilas informasi, motor Kawasaki ini tampak antik layaknya motor balap di tahun 60-an. Hal ini juga terlihat dari nama Cafe yang ada di belakang Z900RS.

Gaya motor balap era jadul terlihat dari hadirnya lampu depan dengan cover yang dikombinasikan windshield berukuran kecil yang akan memudahkan angin untuk mengalir. Untuk bagian jok penumpang dirancang lebih tinggi dari pengendara. Hal ini ditujukan untuk memperkuat kesan ala ekor tawon.

Baca juga: Detail dan Harga Kawasaki Z900RS

Kawasaki Z900RS Cafe mempunyai posisi berkendara yang lebih sporty dibanding saudaranya. Alasannya Kawasaki menyematkan stang rendah yang menekuk ke dalam. Hal ini membuat pengendara sedikit menunduk ketika menaikinya.

Selain itu Kawasaki Z900RS Cafe ini dibalut dengan warna eksklusif, yakni vintage lime green. Juga ada garis putih yang membelah motor dari depan ke belakang. Dengan begitu tampilan klasik dari motor Kawasaki ini akan semakin kuat.

Sekarang berpindah ke dapur pacunya. Walaupun motor ini mempunyai tampilan yang retro, untuk urusan mesin tidak boleh dianggap remeh. Kawasaki membenamkan mesin berkapasitas 948 cc.

Mesin ini mempunyai konfigurasi DOHC empat silinder yang diadaptasi dari Kawasaki Z900. Alhasil tenaganya bisa mencapai 109 PS pada putaran mesin 9.500 rpm dengan torsi puncak 95 Nm pada putaran 6.500 rpm.

Bila dilihat memang sedikit berbeda dari Z900. Namun hal tersebut sengaja dilakukan agar tercipta distribusi tenaga yang lebih halus sehingga pengalaman berkendara lebih rileks.

Kawasaki Z900RS Cafe juga dibekali dengan fitur-fitur modern. Salah satunya adalah lampu LED sebagai sistem pencahayaan. Lampu ini ada di lampu depan, belakang dan juga sein. Untuk panel instrumen kombinasi juga tampil menarik dengan berbagai informasi yang bermanfaat bagi pengendara selama perjalanan.

Lalu untuk sistem pengereman sudah mengandalkan rem cakram ganda di roda depan Kawasaki Z900RS Cafe. Kawasaki juga melengkapinya dengan fitur anti-lock braking system (ABS). Fungsinya adalah untuk mencegah roda terkunci ketika pengereman mendadak.

 

Untuk informasi tambahan, nantinya IIMS 2018 akan diselenggarakan pada 19-29 April 2018. Pameran otomotif nasional ini akan berlangsung di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Di sana akan ada 15 merek motor yang meramaikan jalannya pameran. Antara lain Honda, Suzuki, BMW Motorrad, Kawasaki, Kymco, Vespa, Piaggio, Royal Enfield, Aprilia, dan Moto Guzzi. Tidak hanya itu, juga ada 5 peserta baru yang siap menyemarakkan pameran IIMS 2018. Kelima merek tersebut adalah Harley Davidson, Triumph, Husqvarna, Benelli, dan KTM.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply