Home Auto News Motor Trail Yamaha Pesaing CRF150 dan KLX150 Disiapkan

Motor Trail Yamaha Pesaing CRF150 dan KLX150 Disiapkan

Motor Trail Yamaha, Belakangan ini pasar motor trail cukup diminati masyarakat, khususnya untuk segmen 150 cc. Apalagi ada pemain baru, yakni Honda CRF 150 yang ditujukan untuk bersaing dengan pemimpin pasar motor trail 150 cc, Kawasaki KLX 150.

Tidak berhenti sampai di situ, pasar ini tampaknya akan kembali kedatangan motor baru. Kali ini dari Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Hal tersebut diungkapkan oleh Eddy Ang yang menjabat sebagai Deputy GM Marketing PT YIMM.

Dilansir dari laman Otosia, ia mengatakan bahwa pihaknya mempunyai rencana untuk meluncurkan motor trail bermesin 150 cc. “Ada, tapi kita mengamati perkembangan demand-nya seperti apa. Development Yamaha (trail 150cc) memang lama, karena memikirkan berbagai aspek,” ungkapnya.

Eddy juga mengatakan bahwa pengembangan motor trail membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan motor perkotaan. Hal ini bukan tanpa alasan. Motor penggaruk tanah umumnya bekerja lebih keras lantaran sering dipakai di medan yang lebih berat.

Hal inilah berlaku untuk motor adventure, supermoto atau dual purpose. Lantaran beban mesin yang lebih berat maka pabrikan tidak boleh asal dalam merancangnya.

“Yamaha sampai memikirkan hingga level demikian, jangan pakai engine apa. Yamaha inginnya, desain dan mesin sesuai dengan penggunaan produk tersebut,” katanya.

Baca juga: Honda CRF150L 2018 vs Kawasaki KLX150BF

Yamaha Indonesia punya alasan tersendiri mengapa pada akhirnya tertarik untuk ikut meramaikan pasar trail 150 cc. Alasannya didasari oleh kondisi pasar yang sedang hangat. Untuk diketahui, motor trail ini tidak hanya sebagai transportasi, namun juga sebagai gaya hidup maupun hobi sebagian masyarakat.

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya. Sebelumnya pabrikan berlogo tiga garputala itu pernah meluncurkan motor trail Yamaha WR250R. motor ini mempunyai panjang 2.180 mm, lebar 810 mm dan tinggi 1.230 mm.

Ground clearance-nya mencapai 300 mm yang membuatnya mudah untuk melahap berbagai medan. Apalagi letak knalpot dibuat di bawah jok sehingga dapat melintasi medan berlumpur dengan mudah.

Ban depan motor ini berukuran 80/120-21 dan ban belakang 120/80-21. Hal ini membuat Yamaha WR250R sanggup menghadapi jalanan menanjak sekalipun.

Motor Yamaha ini dipersenjatai dengan mesin DOHC 4-tak, single cylinder, 4 valve. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga hingga 30,2 hp pada putaran 1.000 rpm dengan torsi 23,7 Nm pada 8.000 rpm.

Walaupun mempunyai pengalaman dalam membuat motor trail, bukan berarti Yamaha boleh meremehkan rivalnya. Untuk diketahui, Honda CRF150L mengandalkan mesin 4-tak satu silinder, SOHC, pendingin udara yang dikombinasikan dengan transmisi 5-percepatan. Tenaga maksimum Honda CRF150L ini 12,91 PS pada 8.000 rpm dan torsinya 12,43 Nm pada 6.500 rpm.

Sementara Kawasaki KLX 150 mempunyai mesin SOHC 2-valve, pendingin udara. Mesin ini masih mengandalkan sistem pembakaran karburator, bukan injeksi seperti milik motor trail Honda. Tenaganya diklaim bisa mencapai 12 PS pada 8.000 rpm dan torsi 11,3 Nm pada 6.500 rpm.

Harga motor trail ini sekitar Rp 31 jutaan sampai Rp 32 jutaan.

Jika ingin menghadirkan motor trail, maka tugas Yamaha adalah memastikan produknya nanti lebih menarik dari motor trail milik Kawasaki maupun Honda. Tertarik dengan motor trail Yamaha? Tunggu kabar selanjutnya.

Source: harga motor honda crf, trail yamaha, rival crf dan klx dari suzuki, pesaing honda crf dari yamaha, motor trail yamaha, motor crf 150 terbaru, klx supermoto, klx 150 harga, klx 150, honda crf 150, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply