Home Auto News Detail Lengkap Toyota Vios Facelift 2018 Indonesia

Detail Lengkap Toyota Vios Facelift 2018 Indonesia

Toyota Vios Facelift, PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merek Toyota di Tanah Air akhirnya meluncurkan Vios terbaru. Mobil ini mengusung pembaruan di sejumlah sisi, tak terkecuali sisi eksterior yang mirip Yaris facelift.

Sebenarnya kedua mobil Toyota ini sama, hanya model bodinya saja yang berbeda. Seperti yang diketahui, Toyota Yaris merupakan mobil hatchback sedang Vios adalah mobil sedan.

Toyota sudah mempersilakan calon konsumen yang berminat membeli Vios facelift ini. Selain itu mobil ini juga diagendakan hadir dalam perhelatan Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang akan dimulai 19 April mendatang. Lantas seperti apa pembaruan yang dilakukan pada mobil sedan ini?

Eksterior

Bagian luar Toyota Vios 2018 cukup menarik perhatian. Pasalnya wajah depan mobil sedan ini mirip dengan Yaris. Dari depan cukup sulit untk membedakan mana Yaris dan mana Vios. Kecuali untuk tipe TRD yang memakai body kit lebih sporty. Sebab Toyota Vios tak lagi mempunyai varian itu.

Menariknya lagi perubahan pada Toyota Vios terbaru ini membuatnya seakan benar-benar berbeda dari model sebelumnya. Bahkan bagian belakangnya juga terlihat berbeda. Jika sebelumnya terdapat lampu berbentuk trapesium tajam, kini berubah menjadi sipit dan melengkung. Kemiripan dengan model pendahulu terlihat pada siluet dan beberapa garis detil seperti ujung kap mesin dan lekukan atap.

Sedangkan bagian lainnya hampir seluruhnya mirip dengan Toyota Yaris tipe G. Seperti grille berdesain menganga atau yang dikatakan sebagian orang sebagai ‘senyum Joker’, rumah foglamp dengan bentuk tetesan mata maupun dua garis bodi dinamis.

Untuk Toyota Vios 2018 dilengkapi dengan lampu full LED, Daytime Running Light (DRL) dan sein yang menempel di spion. Lampu belakangnya pun juga full LED.

Lalu untuk sektor roda mengandalkan pelek berdiameter 16 inci yang persis dengan milik hatchback Toyota pesaing Honda Jazz. Bisa dikatakan Toyota Vios adalah versi sedan dari New Yaris dengan tambahan bagasi di belakangnya.

Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota Astra Motor mengatakan bahwa New Vios hadir dengan Advance and Emotional Design serta Top Class Safety terlengkap yang tersedia untuk seluruh grade New Toyota Vios.

Sisi dimensi juga mengalami perubahan. Panjang Toyota Vios terbaru ini bertambah 15 mm. Begitu juga dengan lebarnya yang bertambah 30 mm dan tinggi yang naik 25 mm. Sementara wheelbase atau jarak sumbu roda masih 2.550 mm lantaran masih mengusung konstruksi lama.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi New Toyota Vios

Untuk diketahui, sejak Yaris dan Vios generasi kedua hadir, tampilan depannya tidak pernah sama. Berbeda dengan versi facelift generasi ketiga. Padahal saat generasi ini meluncur di tahun 2014 tampilannya juga tak sama.

Yaris dikenal masyarakat mempunyai desain ala kumis ikan lele. Beda halnya dengan Toyota Vios yang lebih terlihat modern dan futuristik.

Interior

Perubahan juga terlihat jelas di sisi interior. Bahasa desain kabin Vios terbaru mirip dengan New Yaris. Hanya warnanya saja yang berbeda. Mobil Toyota ini mengusung two-tone hitam dan beige sehingga kental dengan kesan elegan.

Terdapat beberapa fitur baru di dalamnya. Salah satunya adalah Muli Information Display (MID) TFT yang mudah terlihat. Di samping itu juga ada Auto AC dengan tampilan digital, serta monitor 7 inci dengan banyak fitur meliputi DVD, koneksi iPhone/iPod, Miracast, Bluetooth, USB dan 6 speaker.

Juga terdapat internet connectivity yang memungkinkan pengguna mengakses Weblink, Multitasking Window dan Remote Apps melalui smartphone.

Kabin New Vios juga mempunyai high-quality ignition-activated welcome yang terdapat pada meter display. Kenyamanan juga bertambah berkat kualitas jok dari segi bahan ditingkatkan.

Letak head rest juga didesain condong ke belakang dan sandaran jok dibuat lebih tegak dengan memperlebar sudut torso melalui penambahan material pada sandaran. Tujuannya supaya lebih elastis dan dapat memeluk tubuh penumpang.

Fitur Keselamatan

Toyota Vios Facelift juga lebih aman dengan adanya fitur keselamatan yang melimpah. Toyota menyematkan fitur pengereman ABS+EBD+BA dan Vehicle Stability Control (VSC) untuk mencegah mobil melintir.

Mobil sedan ini juga dibekali dengan fitur Hill Start Assist (HAS) untuk menghindari mobil turun ketika berjalan di tanjakan. Vios facelift juga dilengkapi dengan 7 SRS airbag yang juga terdapat pada New Yaris. Ketujuh airbag itu adalah SRS Driver Passenger, SRS Side Airbags, SRS Curtain Shield Airbags (CSA) dan SRS Knee Airbags.

Mobil ini juga mempunyai 3 point seatbelt pada seluruh kursi penumpang. Baik tipe E maupun G mempunyai fitur keselamatan yang serupa dengan New Yaris.

Mesin

Berpindah ke dapur pacu, Toyota membenamkan mesin 2NR-FE berkapasitas 1.5 liter dual VVT-i. Mesin ini dipadukan dengan dua opsi transmisi, yaitu manual 5-percepatan atau CVT. Untuk diketahui, perubahan powertrain ini terjadi pada penyegaran pertama pada dua tahun lalu. Pengembangannya dengan menambahkan fitur paddle shift dan mode Eco/Sport di Vios G CVT.

Mesin Toyota Vios 2018 ini sanggup memuntahkan daya hingga 107 dk dengan torsi 140 Nm. Mesin ini diklaim lebih bertenaga dan mempunyai tingkat kebisingan yang rendah.

Harga dan Varian

Di Indonesia Toyota Vios terbaru dijual dalam 4 tipe. Yaitu tipe G dengan pilihan transmisi manual dan CVT serta tipe E bertransmisi manual dan CVT. Untuk pilihan warnanya ada 6 macam. Antara lain Silver Metallic, Attitude Black Mica, Dark Grey Metallic, Red Mica Metallic, Quartz Brown dan warna baru Dark Blue Mica Metallic.

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, harga New Toyota Vios mencapai Rp 291,1 juta untuk tipe paling rendah, E M/T. Lalu untuk versi transmisi CVT dipatok Rp 304,1 juta. Varian atas, G M/T dilepas dengan harga Rp 309,9 juta dan tipe CVT dijual Rp 326 juta. Perbedaannya mencapai Rp 15 juta dibandingkan dengan versi sebelumnya.

New Toyota Vios menawarkan banyak pembaruan meski statusnya adalah facelift. Yang berubah cukup signifikan adalah tampilan luarnya yang kini berubah layaknya New Yaris. Sisi interior juga tak luput dari revisi dengan penambahan fitur-fitur yang siap memanjakan penggunanya. New Vios juga dilengkapi dengan fitur keselamatan yang membuatnya lebih menarik untuk para pecinta sedan.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply