Home Mobil Gejala Stres Saat Mengemudi dan Tips Mengatasinya

Gejala Stres Saat Mengemudi dan Tips Mengatasinya

0 304

Stres Saat Mengemudi, Kemacetan sudah menjadi pemandangan biasa bagi sebagian masyarakat Indonesia, terutama mereka yang tinggal di daerah perkotaan. Akan tetapi tahukah Anda bahwa kemacetan tidak hanya soal waktu tempuh yang semakin lama saja, namun juga bisa mempengaruhi kondisi mental seseorang?

Mengutip dari DetikOto, Psikolog klinis dewasa, Christina Tedja, M. Psi, Psikolog mengatakan bahwa macet sangat berkaitan dengan stres. Sebab kondisi macet dapat membuat seseorang lelah secara fisik. Yang pada akhirnya mempengaruhi perilaku dan emosi orang tersebut.

Tina melanjutkan, stres sebenarnya mempunyai arti yang luas dan bervariasi. Akan tetapi secara singkat stres bisa diartikan sebagai sensasi yang menghambat konsentrasi dan kemampuan seseorang untuk bekerja secara efektif.

“Gejala stres dapat dilihat dari beberapa aspek seperti fisik, psikis, emosional. dan perilaku,” ungkapnya.

Untuk mengatasi stres yang menimpa kita, terlebih dahulu kita harus paham betul mengenai gejala stres dalam diri kita sendiri. Hal ini perlu dilakukan sebab setiap orang mempunyai gejala stres yang tidak sama.

Maka dari itu mengatasi stres tergantung dari jenis stres yang dialami. Contohnya gejala stres fisik. Untuk mengatasinya bisa dengan melakukan olahraga sehingga akan membuat otot lebih rileks, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Mengatasi Stres Saat Mengemudi

Ketika stres datang di saat kita terjebak macet juga ada tips-tips yang dapat Anda lakukan. Tina mengatakan tips dan trik yang sederhana adalah berpikir positif. Selain itu lakukan relaksasi dengan gerakan yang memungkinkan (stretching minim) atau mungkin menyanyi.

Tips tersebut dilakukan untuk stres yang murni berasal dari macet. Masalahnya tak jarang orang-orang justru menyalahkan macet. Padahal sebelum terjebak kemacetan orang tersebut sudah mengalami stres tersendiri. Seperti stres yang berasal dari kantor atau rumah. Hal ini lebih kompleks.

Oleh karena itu kuncinya adalah berpikir positif dan mampu memanajemen pikiran dan diri. “Makanya kuncinya lebih kepada positive thinking dan mampu me-manage diri dan pikiran, kapan waktunya mikirin urusan A, kapan waktunya mikirin urusan B,” pungkas Tina.

Itulah gejala stres saat menyetir yang perlu Anda ketahui beserta cara mengatasinya. Semoga bermanfaat untuk Anda sehingga Anda selalu bisa mengatasi stres yang datang.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply