Home Auto News Kenalan dengan Kymco Like 150i, Motor Matic ala Vespa

Kenalan dengan Kymco Like 150i, Motor Matic ala Vespa

0 442

Kymco Like 150i, Salah satu merek motor asal Taiwan, Kymco berniat untuk hadir pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Tidak hanya itu, dalam ajang pameran tersebut Kymco juga akan meluncurkan dua motor baru. Salah satunya adalah Kymco Like 150i.

“Coming soon Kymco New Like 150i hadir di IIMS tanggal 19-29 April di JIExpo Kemayoran,” kata Chandra dari PT Smart Motor Indonesia selaku agen pemegang merek (APM) Kymco di Indonesia, dikutip dari laman Otosia.

Jika melihat tampilannya, motor Kymco ini mirip dengan salah satu motor ikonik, Vespa Primavera. Terlihat dari desainnya yang berisi dan cenderung membulat. Selain itu tubuh gemuk dengan balutan warna monotone, ban berukuran 12 inci dan jok lebar juga menjadi hal yang membuat Kymco Like 150i semakin mirip dengan Vespa Primavera.

Kymco mengungkapkan bahwa bodi motor ini memakai rangka baja yang dikombinasikan dengan bodywork plastik. Tampilannya pun semakin menarik dengan sentuhan aksen krom di beberapa bagian.

Kendati demikian tetap ada perbedaan. Seperti pada bagian suspensinya. Motor Kymco ini mengandalkan peredam ganda preload-adjustable baik di depan dan juga di belakang. Lain halnya dengan Vespa yang lebih memilih menggunakan shockbreaker tunggal pada Primavera. Selain itu motor matic Kymco mempunyai desain yang lebih berlekuk dari Primavera.

Untuk bagian setang terdapat instrumen standar yang memuat beberapa informasi penting. Seperti jam, volt meter dan pengukur bahan bakar. Juga ada Noodoe yang merupakan sistem konektivitas yang mirip dengan versi sederhana dari Apple CarPlay.

Fitur ini akan terhubung ke WiFi, GPS dan smartphone yang tersambung melalui Bluetooth. Fungsinya untuk memberikan informasi terkini dari pesan teks, email maupun media sosial.

Berpindah ke dapur pacu, kedua motor ini mempunyai mesin yang mirip. Yakni mesin berkapasitas 150 cc SOHC dengan konfigurasi satu silinder dan mengusung pendingin udara.

Kendati begitu output dayanya berbeda. Menurut laman Kymco Amerika Serikat, untuk motor Like 150i mempunyai tenaga sebesar 13,68 PS pada putaran 9.000 rpm dengan torsi maksimum mencapai 11,79 Nm pada 6.500 rpm.

Sementara itu Vespa Primavera mempunyai tenaga sebesar 11,82 PS pada 7.500 rpm dengan torsi mencapai 12 Nm pada putaran mesin 5.000 rpm. Jika dibandingkan, tenaga Vespa Primavera memang lebih rendah. Namun untuk torsi lebih unggul dari Like 150i.

Menariknya Kymco Like 150i sudah mengandalkan cakram di kedua rodanya. Untuk bagian depan mempunyai ukuran 8,66 inci dan bagian belakang 7,87 inci. Selain itu juga disematkan fitur anti-lock braking system (ABS).

Fitur tersebut berfungsi untuk mencegah roda terkunci ketika pengendara melakukan pengereman mendadak. Sementara itu, Vespa Primavera mengusung rem cakram di roda depan saja. Untuk fitur ABS juga belum tersedia pada motor asal Italia itu.

Bobot kering Kymco Like 150i ini mencapai 264 kg. Untuk tinggi jok mencapai 31,1 inci dan wheelbase atau jarak sumbu roda mencapai 51,8 inci.

Hanya saja perlu dicatat bahwa spesifikasi tersebut adalah spesifikasi Kymco Like 150i untuk pasar Amerika Serikat atau Eropa. Belum diketahui pasti apakah ada perbedaan bila nanti dijual resmi di Indonesia.

Kendati demikian bukan berarti Kymco Like 150i tidak layak untuk dilirik. Dengan desain yang menarik dan sedikit sentuhan klasik layaknya motor Vespa, Kymco Like 150i layak untuk dipertimbangkan. Terutama bila ingin mempunyai motor bertampang Vespa Primavera namun belum mempunyai cukup dana.

Hanya saja untuk urusan harga motor baru ini belum terungkap pula. Menurut situs Motorcycle, harga motor ini di Eropa nyaris setengahnya dari motor Vespa. Motor Kymco itu dibanderol US$2.599 atau setara Rp 35,6 jutaan. Yang pasti motor ini akan hadir di IIMS 2018 yang akan berlangsung 19-29 April mendatang. Dan semoga harga Kymco Like 150i tidak terlalu mahal sehingga minat masyarakat terhadap motor baru ini tetap bisa terjaga.

Di sana tidak hanya Kymco Like 150i saja yang dirilis. Kymco juga akan memperkenalkan AK550 yang merupakan skuter matik khusus untuk touring. Motor ini dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 550 cc dan memiliki bodi yang bongsor. Kehadiran motor tersebut di Indonesia diyakini akan menyaingi Yamaha TMAX yang dijual di Indonesia.

Selain dua motor baru Kymco Indonesia juga akan memajang produk-produk lain yang sudah dipasarkan di Indonesia. Seperti Xciting 400i, K-XCT 200i, Downtown 250i dan Racing King 150i.

Bagaimana, tertarik untuk membeli Kymco Like 150i? Tunggu kehadirannya nanti di ajang pameran otomotif IIMS 2018 mendatang.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply