Home Auto News Kymco AK550, Motor Matic Touring Rival Yamaha TMAX

Kymco AK550, Motor Matic Touring Rival Yamaha TMAX

0 431

Kymco AK550, Saat ini setidaknya ada satu motor matic bongsor premium yang bisa dibeli oleh masyarakat Indonesia. Motor itu adalah Yamaha TMAX DX. Sebentar lagi motor Yamaha ini akan kedatangan rival baru. Kymco Indonesia berniat menghadirkan motor baru yang tidak lain adalah AK550.

Kymco AK550 dinilai akan menjadi rival tangguh dari TMAX DX. Seperti apa bekal yang dimiliki calon pesaing Yamaha TMAX DX ini?

Kymco AK550 diklaim merupakan maxi scooter andalan yang akan membuat pengendara tidak berkompromi antara kenyamanan sehari-hari. Motor ini mengintegrasikan inovasi dan terobosan, gaya hidup yang mewah serta kepraktisan dan kenyamanan sempurna untuk memberikan pengendara pengalaman bermotor yang tak tertandingi.

Konsep motor ini sendiri pernah dipamerkan di Tokyo, Munich, Milan dan Beijing. Lalu di tahun ini akan resmi dipasarkan, termasuk di Indonesia.

Melihat spesifikasinya, baik TMAX DX maupun AK550 terbilang mirip. Kymco Indonesia memang belum membeberkan spesifikasi AK550. Akan tetapi menurut laman Kymco Jepang motor ini mempunyai panjang 2.220 mm, dengan lebar 785 mm dan tnggi mencapai 1.450 mm.

Dimensinya sedikit lebih unggul dari Yamaha TMAX DX yang lebih pendek 20 mm, namun lebih ramping 20 mm. Sedangkan dimensi tinggi motor Yamaha ini mencapai 1.420 – 1.555 mm tergantung pengaturan windscreen.

Melirik mesinnya, Kymco AK550 mengandalkan kapasitas 550,4 cc. Mesin tersebut dilengkapi teknologi DOHC dengan konfigurasi dua silinder. Tenaga yang dihasilkan diklaim mencapai 53,3 PS pada putaran 7.500 rpm dengan torsi mencapai 55,64 Nm pada 5.500 rpm. Untuk menyalurkan tenaga ke roda belakang motor ini menggunakan sistem transmisi CVT.

Sebagai pembanding, Yamaha TMAX DX mempunyai mesin yang sedikit lebih kecil. Kapasitasnya 530 cc SOHC satu silinder. Begitu pula dengan tenaga dan torsi yang lebih kecil dari Kymco AK550. Tenaganya mencapai 45,95 PS pada 6.750 rpm dan torsinya 53 Nm pada 5.250 rpm. Lalu untuk sistem perpindahan gigi sama, yakni CVT.

Kymco AK550 yang dijual di Negeri Samurai juga dilengkapi dengan panel instrumen plus teknologi Noodoe yang dapat terhubung smartphone. Ada cukup banyak informasi yang ada di panel instrumen, termasuk di antaranya ramalan cuaca.

Motor matic Kymco juga mempunyai suspensi depan model upside down. Suspensi ini diklaim dapat memberikan stabilitas yang lebih baik ketika menikung dalam kecepatan tinggi. Tidak hanya itu, Kymco AK550 juga mempunyai fitur anti-lock braking system (ABS) dari Bosh yang menunjang sistem pengereman motor ini.

Juga tersedia dua opsi berkendara yang dapat dimanfaatkan pengendara, yaitu full power dan rain mode. Untuk sistem pencahayaan sudah memakai LED yang tidak hanya menghasilkan cahaya yang terang namun juga lebih irit daya.

Yamaha TMAX DX juga mempunyai fitur rem ABS. Begitu juga dengan lampunya yang juga sudah memakai LED. Juga tersedia mode berkendara (D Mode) yang bisa dipakai pengendara. Hanya saja suspensi depannya masih mengandalkan teleskopik.

Walaupun begitu ada beberapa keunggulan yang dimiliki motor matic Yamaha. Seperti pengaturan windscreen yang sudah elektrik. Cara mengoperasikannya cukup menekan tombol untuk menyesuaikan ketinggiannya.

Selain itu juga hadir fitur cruise control yang berguna ketika ingin berkendara dengan kecepatan konstan saat berada di jalan bebas hambatan. Juga ada fitur kendali traksi atau TCS yang mencegah roda selip ketika berakselerasi di permukaan jalan licin.

Belum diketahui berapa harga Kymco AK550. Kemungkinan harga motor baru ini terungkap di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Sementara itu harga Yamaha TMAX DX di Indonesia mencapai Rp 299,9 juta on the road (OTR) Jakarta.

Harapannya Kymco bisa menekan harga jual motor matic touring buatannya sehingga bisa lebih bersaing dengan motor Yamaha. Apalagi dari sisi desain motor ini mempunyai tampilan yang sudah cukup menarik.

Fitur yang ditawarkan juga tampak menjanjikan. Kendati demikian Kymco juga tak boleh menganggap remeh kehadiran Yamaha TMAX DX di Indonesia. Mengingat pamor Yamaha Maxi yang sudah baik di mata masyarakat. Di sisi lain Yamaha Indonesia juga tidak boleh memandang AK550 sebelah mata.

Jadi kira-kira mana pilihan Anda? Apakah Yamaha TMAX DX atau Kymco AK550?

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply