Home Auto News Akhirnya, Toyota C-HR Resmi Hadir! Ini Harganya

Akhirnya, Toyota C-HR Resmi Hadir! Ini Harganya

0 89

Toyota C-HR, Penantian masyarakat Indonesia mengenai kehadiran Toyota C-HR akhirnya terbayar lunas. Toyota Astra Motor (TAM) baru saja meluncurkan mobil terbarunya ini ke hadapan publik Tanah air. Sebagai informasi, C-HR menjadi mobil Toyota keempat yang meluncur di tahun 2018 ini.

Yoshihiro Nakata, President Direktur Toyota Astra Motor mengatakan bahwa Toyota C-HR mendapat respons baik seperti di Eropa, Jepang dan Amerika. Selain itu pihaknya juga banyak mendapat pertanyaan kapan mobil berdesain sporty itu hadir di Tanah Air. Dan sekarang waktunya bagi TAM untuk meluncurkannya.

“CH-R mendapat sentuhan baru dari Toyota, sangat berbeda dengan kendaraan yang ada saat ini,” jelasnya, dikutip dari laman Otomotifnet.

Di kesempatan yang sama, Bansar Maduma, Product General Manager CBU & Commercial TAM mengungkapkan bahwa C-HR adalah mobil dengan desain yang mempunyai ciri khas. C-HR artinya adalah Compact High Rider. Artinya desainnya sangat stylish dan memiliki pengalaman berkendara ikonik.

“Dengan desain yang berbeda, menegaskan C-HR sebagai mobil yang ikonik,” ungkapnya.

Toyota C-HR 2018 Indonesia (Img: otomotifnet.gridoto.com)

Toyota C-HR 2018 Indonesia membawa mesin berkapasitas 1.8 liter. Mesin ini mempunyai kode 2ZR-FBE dengan konfigurasi empat silinder segaris 16 katup DOHC dan dilengkapi teknologi VVT-i (intake).

Mesin berkapasitas 1.798 cc itu dapat menghembuskan daya hingga sebesar 139 dk pada putaran mesin 6.400 rpm dan torsi puncak 170 Nm pada 4.000 rpm. Untuk menyalurkan daya ke roda mobil Toyota terbaru ini memakai transmisi CVT 7-percepatan.

Untuk membuat perjalanan lebih aman, ada sejumlah fitur keselamatan yang disematkan. Seperti 7 SRS airbag, termasuk untuk pengemudi, airbag sisi penumpang depan, dua air bag sisi samping dan airbag untuk lutut pengemudi.

Toyota C-HR juga dilengkapi dengan sistem Blind Spot Monitoring System. Fungsinya untuk memberi peringatan kepada pengemudi bahwa ada obyek lain di sekitar mobil di titik yang tidak terlihat oleh pengemudi (blind spot).

Peringatan blind spot diletakkan di spion mobil. Indikator akan menyala otomatis bila ada objek lain di sekitar mobil yang tidak terlihat.

Toyota C-HR 2018 Indonesia (Img: oto.detik.com)

Di samping itu juga terdapat fitur Rear View Monitor System. Untuk menjaga keseimbangan mobil Toyota juga menyematkan Vehicle Stability Control (VSC) pada mobil ini.

Fitur penunjang keselamatan mobil Toyota terbaru ini semakin komplet dengan hadirnya tiga sistem keselamatan utama. Antara lain anti-lock braking system (ABS), Electronic brakeforce distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).

Toyota C-HR juga dilengkapi dengan fitur Hill Start Assist Control. Tak lupa hadir pula fitur Isofix Child Restraint System untuk anak.

Toyota juga sudah memasang harga mobil terbarunya ini. Menurut situs resminya, harga Toyota C-HR ini mulai Rp 488,5 juta sampai dengan Rp 490 juta on the road Jakarta.

Itu artinya harga tipe terendah mobil tersebut lebih tinggi dari harga tipe terendah Toyota Fortuner. Untuk diketahui, harga Fortuner 4×2 2.4 G M/T Diesel bermesin 2.400 cc yang merupakan tipe terendah dibanderol Rp 467,3 juta.

Lantas apa yang menyebabkan harga Toyota C-HR lebih tinggi dari Fortuner? Diperkirakan Toyota C-HR lebih mahal lantaran berstatus impor yang didatangkan utuh dari Thailand.

Selain Indonesia, Toyota C-HR juga sudah lebih dulu hadir di Malaysia. Di sana mobil ini juga didatangkan dari Thailand.

Toyota C-HR versi Malaysia dilengkapi dengan mesin 2ZR-FE, 1,8 liter, Naturally aspirated dengan dual VVT-i dan dijual dengan harga RM 145.500 atau mencapai Rp 489 jutaan.

Sementara tampilan eksteriornya tidak berbeda dengan C-HR yang dipasarkan di seluruh negara. Mobil ini mempunyai lampu depan proyektor halogen, dengan LED DRL. Di sektor roda memakai pelek berdiameter 17 inci.

Di sisi interior terdapat sentuhan plastik di beberapa bagian. Meliputi panel dasbor yang lebih pendek. Akan tetapi Toyota memberikan unsur jahitan di bagian atas dasbor sehingga kesan mewah terlihat lebih kental.

Di samping itu Toyota C-HR ini juga dilengkapi dengan fitur keyless entry. Fungsinya untuk menghidupkan mobil dengan lebih mudah. Juga tersedia jok lapis kursi yang bisa disesuaikan dengan posisi punggung. Hanya saja pengaturannya masih dilakukan secara manual.

Di Malaysia Toyota juga memamerkan C-HR dengan tambahan komponen TRD. Alhasil tampilannya lebih agresif dari versi standar.

Menariknya lagi mobil Toyota terbaru ini diklaim sudah melewati pengujian di berbagai kondisi. Juga pernah dilakukan pengujian di sirkuit Nurburgring. Hal ini dilakukan untuk menguji ketahanan C-HR yang diklaim mirip dengan mobil sport.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply