Home Auto News Detail Spesifikasi Toyota C-HR 2018, Crossover Rp 500 jutaan

Detail Spesifikasi Toyota C-HR 2018, Crossover Rp 500 jutaan

Toyota C-HR 2018, PT Toyota Astra Motor (TAM) menggoda masyarakat Tanah Air dengan meluncurkan mobil terbarunya. Mobil yang mempunyai nama Toyota C-HR ini merupakan sebuah crossover yang didatangkan langsung dari Thailand.

Konon mobil Toyota terbaru yang sudah cukup lama ditunggu kedatangannya oleh masyarakat Indonesia ini berhadapan dengan Honda HR-V, Nissan Juke dan juga Mazda CX-3. Hal ini didasari dari dimensi dan desain yang tampak seperti Honda HR-V dan crossover lainnya. Hanya saja melihat harga mobil Toyota ini yang nyaris menyentuh Rp 500 jutaan, tampaknya Toyota C-HR tidak dihadirkan untuk menyaingi crossover lain yang ada di Indonesia.

Lantas apa saja tawaran spesifikasi dan fitur dari mobil ini? Apakah sepadan dengan harganya tersebut? Berikut adalah detail dari Toyota C-HR 2018.

Eksterior

Toyota C-HR hadir dengan desain yang menarik. Pabrikan mobil asal Negeri Bunga Sakura itu menyebut tema ini dengan nama “Sexy Diamond”. Memang di sisi luar terdapat banyak desain layaknya berlian. Mobil ini tampak mengadopsi bahasa desain Keen Look yang menjadi ciri khas mobil Toyota. Hanya saja konsep yang diberikan lebih menarik dan tampak berani.

Sementara di bagian belakang tampak kokoh dengan Rear Combination Lamp. Alhasil tampilan mobil Toyota ini menjadi menarik untuk dipandang.

Di sampingi tu terdapat headlamp dengan lampu halogen biasa, Daytime Running Light (DRL) dan sein di sisi spion. Toyota juga menyematkan lampu LED yang sayangnya hanya untuk lampu belakang saja.

Mobil ini mempunyai dimensi panjang 4.360 mm, dengan lebar 1.795 mm dan tinggi 1.565 mm. Mobil ini memang cukup tinggi layaknya SUV. Hanya saja ground clearance-nya mencapai 154 mm, yang artinya terbilang rendah untuk sebuah crossover.

Untuk sektor roda didukung pelek alloy berukuran 17 inci yang dikombinasikan ban 215/60 R17. Menariknya mobil Toyota ini mengandalkan suspensi depan MacPherson Strut dan Double Wishbone di belakang. Berdasarkan dimensinya Toyota C-HR tampak memadukan konsep Coupe dan SUV.

Interior

Sisi kabin Toyota C-HR juga menawarkan daya tarik yang tak kalah menggoda. Kesan mewah dan futuristik tampak cukup kental. Toyota menghadirkan pola two-tone hitam dan coklat.

Fitur yang tersaji juga cukup melimpah. Ada tombol start/stop engine yang akan memudahkan pengemudi untuk menghidupkan mesin mobil dan Dual zone digital AC yang tampil lewat Digital Display dengan desain sporty. Juga tersedia Electric Parking Brake, Auto Brake Hold dan Multifunction Information Display (MID) TFT 4.2”.

Tidak cukup sampai di situ, di sisi tengah dashboard terdapat head unit AVX berukuran 7 inci. Head unit ini mendukung konektivitas Bluetooth, USB AUX, serta dilengkapi Weblink Application dengan Multi-tasking Window.

Khusus untuk pengemudi terdapat Lumbar Support pada kursi pengemudi yang sudah dapat dioperasikan secara elektrik. Selain itu Toyota C-HR juga dilengkapi dengan fitur G-Force Indicator dan Cruise Control. Masih ada tawaran fitur menarik lain seperti Driving Mode yang terbagi menjadi dua pilihan, yakni Eco dan Sport. Pengemudi dapat mengaturnya melalui TFT MID yang mempunyai ukuran 4.2 inci.

Fitur Keselamatan

Daya tarik lain yang tak kalah menggoda dari mobil baru Toyota ini adalah fitur keselamatannya. Untuk melindungi pengemudi dan penumpang, Toyota sudah menyematkan tujuh airbag yang tersebar di sejumlah bagian.

Selain itu Toyota C-HR 2018 juga dilengkapi dengan fitur pengereman ABS, EBD dan BA yang menjadi standar. Turut dibenamkan pula fitur keselamatan aktif seperti Vehicle Stability Control (VSC), Traction Control (TRC) dan Hill-start Assist Control (HAC).

Toyota juga melengkapinya dengan fitur pencegah terjadi kecelakaan seperti Blind Spot Monitor dan Rear Cross traffic Alert (RCTA). Toyota C-HR juga mempunyai fitur Cruise Control yang akan menambah kenyamanan selama berkendara.

Mesin

Berpindah ke dapur pacu, Toyota C-HR mengandalkan mesin berkode 2ZR-FBE 4 silinder yang mempunyai kapasitas sebesar 1.798 cc. Spesifikasinya mirip dengan yang dijual di Thailand.

Tenaga puncak mesin ini mencapai 141 PS pda putaran 6.400 rpm dengan torsi puncak 175 Nm pada 4.000 rpm.

Toyota C-HR Indonesia mengandalkan penggerak roda depan (FWD) dan transmisi CVT-i 7-percepatan. Hadirnya Sequential Shiftmatic dan mode berkendara Eco maupun Sport akan membuat pengemudi bisa lebih leluasa ketika berkendara.

Menariknya mobil ini tidak hanya bisa menggunakan bahan bakar jenis bensin saja, namun juga campuran ethanol dan methanol. Disebutkan bahwa mesin C-HR sudah canggih dengan standar Euro IV. Toyota mengklaim mesin mobil ini fleksibel untuk flex fuel yang mempunyai daya tahan atau anti korosif.

Varian dan Harga

Di Indonesia Toyota C-HR dijual dalam lima pilihan warna yang terbagi menjadi single tone dan two tone. Untuk Single tone ada tiga pilihan warna, yaitu Black Attitude, White Pearl, dan Metal Stream.

Lalu untuk Two Tone ada dua macam. Pertama adalah Youthful Metallic Color pada bagian Body dan Sporty pada bagian Roof, terdiri dari 2 warna, yaitu Red Mica Metallic + Black Roof dan Blue Metallic + Black Roof.

Untuk soal harga, Toyota C-HR dibanderol mulai Rp 488,5 juta untuk pilihan satu warna atau Single Tone. Sementara versi Two Tone dijual lebih tinggi, yakni Rp 490 juta on the road (OTR) Jakarta.

Spesifikasi

Dimension
Overall Panjang / Length4.360 mm
Overall Lebar / Width1.795 mm
Overall Tinggi / Height1.565 mm
Jarak Poros Roda / Wheelbase2.640 mm
Jarak Pijak / Tread (Depan/Front)1.550 mm
Jarak Pijak / Tread (Belakang / Rear)1.570 mm
Chassis
Transmisi / Transmission Type7-Speed CVT
Suspensi Depan / Front SuspensionMacPherson strut
Suspensi Belakang / Rear SuspensionDouble Wishbone
Rem Depan / Front BrakeVentilated disc
Rem Belakang / Rear BrakeSolid Disc
Ukuran Ban / Tires Size215/60 R17
Engine
Seri Mesin / Machine Serial2ZR-FBE
Tipe Mesin / Engine TypeIn-line 4 Cylinders, 16 valve DOHC with VVT-i (intake)
Isi Silinder / Displacement1.798 cc
Diameter X Langkah / Bore X Stroke80.5 x 88.3 mm
Daya Maksimum / Maximum Output (Ps/Rpm)141 / 6.400
Torsi Maksimum / Maximum Torque (Kgm/Rpm)17,4 / 4.000
Sistem Pemasukan Bahan Bakar / Fuel SystemFuel Injection
Bahan Bakar / FuelGasoline
Kapasitas Tangki / Fuel Capacity (Liter)50
Steering (Power Steering)Power Assisted Steering Rack & Pinion

Kesimpulan

Sejak kemunculan pertamanya mobil ini cukup banyak menyita masyarakat. Termasuk masyarakat di Tanah Air. Dan pada akhirnya TAM resmi memasarkan Toyota C-HR dengan harga mulai Rp 488 jutaan.

Desainnya menurut kami sangat menarik dan bahkan berani tampil beda dari kompetitor lain. Fitur yang ditawarkan juga lengkap dan di atas rata-rata crossover lain. Meski begitu bukan berarti tidak ada pertimbangan lain yang dipikirkan sebelum membeli mobil Toyota terbaru ini.

Seperti yang sudah disinggung, harga Toyota C-HR terbilang tinggi untuk sebuah crossover. Juga ada yang berpendapat tanggung jika membeli mobil ini dengan harga tersebut, sebab konsumen bisa mendapat mobil SUV dengan mesin 2.0 liter atau 2.5 liter yang mempunyai kabin lebih lapang.

Bisa disimpulkan sasaran Toyota C-HR adalah konsumen tertentu. Jika ingin mempunyai mobil dengan tampilan futuristik dan ikonik, dengan tawaran fitur yang melimpah dan mesin yang cukup canggih, maka C-HR bisa menjadi pilihannya.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply