Home Auto News Detail Spesifikasi Honda Vario 150 dan Vario 125 2018

Detail Spesifikasi Honda Vario 150 dan Vario 125 2018

Honda Vario, PT Astra Honda Motor (AHM) melakukan penyegaran terhadap salah satu motor matic kebanggaannya, Vario 125 dan Vario 150. Kedua skuter matik ini mendapat perubahan desain yang kini semakin modern dan sporty dengan fitur-fitur baru yang siap memikat masyarakat pecinta roda dua di Tanah Air.

Dengan penyegaran tersebut, AHM mengklaim motor Honda terbaru itu dapat menghasilkan pengalaman berkendara sehari-hari yang lebih menyenangkan.

Presiden Director AHM, Toshiyuki Inuma mengatakan sebagai bentuk komitmen memberikan produk terbaik di Indonesia, PT AHM terus mengembangkan berbagai teknologi dan fitur terbaru untuk para penggemar motor Honda. Untuk Honda Vario Series, AHM memperkuat citra produk tersebut sebagai skuter matik dengan fitur dan teknologi terbaik di kelasnya.

“Beragam penyematan fitur dan teknologi canggih kini melengkapi desain terbaru dari All New Honda Vario 150 dan All New Honda Vario 125. Kami yakin ini akan memberikan pengalaman berkendara sehari-hari yang lebih menyenangkan” jelasnya.
Sementara itu, Executive Vice President Director AHM, Johannes Loman menjelaskan pasar sepeda motor di Tanah Air terus berkembang setiap tahun. Hal tersebut terlihat dari peningkatan permintaan pengaplikasian teknologi terkini dan peningkatan layanan pendukungnya untuk menunjang mobilitas keseharian para penggemar motor Honda.

“Seiring berjalannya waktu dengan beragam keinginan serta harapan konsumen, kami konsisten untuk terus menghadirkan berbagai produk sepeda motor yang disesuaikan dengan bermacam gaya hidup masyarakat Indonesia serta layanan purna jual yang siap menjaga sepeda motor Honda kesayangannya tetap terjaga prima,” katanya.

Supaya tidak penasaran, berikut adalah detail spesifikasi All New Honda Vario 125 dan Vario 150.

All New Honda Vario 125

Motor matic Honda ini mengusung tampilan yang cukup berbeda dari model sebelumnya. Perubahan ini justru membuat Vario 125 2018 lebih sporty. Terlebih hadirnya rear fender dengan lampu sein terpisah dari lampu belakang yang semakin memperkuat sisi sporty dari motor ini.

Di samping itu motor Honda ini juga dilengkapi dengan fitur full digital panel meter dengan multi informasi dan lampu LED pada seluruh sistem pencahayaan. Di samping itu untuk varian CBS-ISS juga dilengkapi dengan fitur Anti Theft Alarm yang berfungsi sebagai keamanan kendaraan yang mencegah motor dicuri.

Motor matic bermesin 125 cc dengan dukungan teknologi eSP ini diklaim mampu menghasilkan keseimbangan antara performa yang optimal maupun konsumsi bahan bakar yang irit.

Dapur pacu Honda Vario 125 diklaim dapat berakselerasi lebih baik dari model pendahulunya dengan catatan waktu tempuh 12,5 detik untuk jarak 0-200 meter. Sementara kecepatan maksimum atau top speed-nya bisa menembus angka 98 km/jam.

Baca juga: Beda 3 Varian Honda Vario

Jika ingin mendapatkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik, pengguna bisa memanfaatkan fitur Idling Stop System (ISS). Dengan fitur tersebut konsumsi bahan bakar All New Honda Vario 125 dapat mencapai 51,7 km/liter dengan metode ECE R40.

Ada 5 pilihan warna yang ditawarkan pada Honda Vario 125 ini. Untuk varian CBS ditawarkan dalam pilihan Advance Black dan Advance White Blue. Lalu untuk tipe CBS ISS punya 3 varian warna, antara lain Advance Black, Advance White Red dan Advance Red.

Sedangkan harga motor Honda ini mulai Rp 19,1 juta on the road Jakarta untuk tipe CBS. Lalu untuk tipe CBS-ISS dilepas dengan banderol harga Rp 19,9 juta.

All New Honda Vario 150

Honda Vario 150 2018 tampil dengan ubahan serupa Vario 125. Tampilannya berubah signifikan dengan kesan sporty yang semakin kental.

Jika diperhatikan, desain cover stang dibuat lebih ramping dengan sentuhan sporty. Di samping itu bagian belakang juga terdapat rear fender dengan lampu sein yang terpisah dari lampu belakang.

Tampilannya juga semakin menarik dengan warna bodi monotone. Honda juga menyematkan fitur baru full digital panel meter berikut multi informasi. Tidak hanya itu, All New Vario 150 juga mengusung fitur New Honda Smart Key System yang terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti Theft Alarm.

Kesan eksklusif dari motor Honda ini muncul berkat hadirnya lampu LED. Menariknya lampu ini diterapkan pada seluruh sistem pencahayaan. Supaya lebih menarik, Honda juga menyematkan cover muffler dan pillion step yang dilapisi aluminium.

Melirik sektor roda, Honda Vario 150 2018 dilengkapi dengan ban depan berukuran 90/80 dan ban belakang 100/80. Kombinasi ukuran ban yang cukup besar dengan bodi yang pas membuat motor ini diklaim memberikan kemudahan ketika dipakai berkendara.

Selain itu velg motor matic ini juga tampil dengan desain yang sporty sehingga membuatnya lebih menarik. Honda juga menyertakan Wavy Disc Brake berukuran 190 mm sebagai sistem pengeremannya. Tidak hanya itu, juga tersedia fitur Combi Brake System (CBS) yang membantu menyeimbangkan pengereman roda depan dan belakang sehingga pengereman bisa dilakukan dengan lebih optimal.

Honda Vario 150 terbaru tetap mengandalkan Honda Smart Technology yang ada pada model sebelumnya. Selain itu juga tersedia teknologi eSP yang membuat mesin 150 cc yang dibawa motor ini lebih minim gesekan dan menghasilkan pembakaran yang efisien sehingga mencegah risiko terbuang percuma dan juga menghasilkan performa berkendara yang optimal.

Skutik Honda ini juga mempunyai fitur ACG Starter yang terintegrasi dengan teknologi eSP. Fungsinya adalah untuk menghidupkan mesin dengan suara yang lebih halus ketika pertama dihidupkan. Tidak berhenti sampai di situ, juga tersedia fitur Idling Stop System (ISS) yang akan mematikan mesin ketika mesin dalam kondisi diam lebih dari 3 detik. Untuk menghidupkannya kembali pengendara hanya perlu menarik tuas gas.

All New Honda Vario 150 juga mempunyai fitur standar otomatis (Side Stand Switch) yang membuat mesin tidak dapat hidup bila posisi standar dalam keadaan turun. Motor ini juga tetap mempunyai fitur Brake Lock System yang menghindari motor loncat ketika dihidupkan. Fitur ini juga dapat dimanfaatkan saat motor dalam keadaan diam di jalanan menanjak. Sedangkan tawaran fitur menarik lain adalah bagasi berkapasitas 8 liter yang dapat memuat helm standar.

Honda Vario 150 terbaru dijual dalam 4 pilihan warna. Antara lain Exclusive Matte Black, Exclusive Matte Red, Exclusive Matte Silver dan Exclusive White. Harga Honda Vario 150 2018 ini mencapai Rp 22,5 juta on the road Jakarta. Baik Honda Vario 125 maupun Vario 150 ditargetkan dapat terjual 1 juta uni per tahun.

Ragam Aksesoris

Tidak hanya menghadirkan Vario 125 dan Vario 150 terbaru, AHM juga menawarkan cukup banyak aksesoris dengan desain baru untuk motor ini. Pilihannya ada visor yang dipasang pada Cover Handle Front, Garnish Headlight pada sisi bagian atas lampu depan, Rubber Step Floor, Garnish Back Mirror, Garnish Cover Muffler untuk bagian penutup knalpot, Garnish Radiator dan Wheel List Sticker. Berikut daftar harganya.

AksesorisHarga (HET)
VisorRp 110.000,-
Garnish HeadlightRp 150.000,-
Rubber Step FloorRp 195.000,-
Garnish Back MirrorRp 63.000,-
Garnish Cover MufflerRp 115.000,-
Garnish RadiatorRp 140.000,-
Wheel List StickerRp 56.000,-

Spesifikasi Honda Vario 125 2018

MESIN
Tipe Mesin4-Langkah, SOHC, eSP, Pendinginan Cairan
Sistem Suplai Bahan BakarPGM-FI (Programmed Fuel Injection)
Diameter X Langkah52,4 x 57,9 mm
Tipe TranmisiOtomatic , V - Matic
Daya Maksimum8,2 kW (11,1 PS) / 8.500 rpm
Torsi Maksimum10,8 Nm (1,1 kgf.m) / 5.000 rpm
Tipe StarterElektrik
Tipe KoplingAutomatic Centrifugal Clutch Dry Type
RANGKA & KAKI-KAKI
Tipe RangkaUnderbone
Tipe Suspensi DepanTelescopic
Tipe Suspensi BelakangSwing Arm dengan suspensi Tunggal
Ukuran Ban Depan80/90 - 14M/C 40P Tubeless
Ukuran Ban Belakang90/90 - 14M/C 46P Tubeless
Rem DepanCakram Hidrolik, Piston Tunggal
Rem BelakangTromol
DIMENSI & BERAT
Panjang X Lebar X Tinggi1919 x 679 x 1062 mm
Tinggi Tempat Duduk769 mm
Jarak Sumbu Roda1.280 mm
Jarak Terendah Ke Tanah132 mm
Curb Weight111 kg
KAPASITAS
Kapasitas Tangki Bahan Bakar5,5 liter
Kapasitas Minyak Pelumas0,8 liter pada Penggantian Periodik
KELISTRIKAN
Tipe Baterai Atau AkiMF 12V-5 Ah
Sistem PengapianFull transisterized
Tipe BusiNGK CPR9EA-9 / Denso U27EPR9
Lampu DepanLED 2,2W x 2 (low), 4,4W x 2 (high)

Spesifikasi Honda Vario 150 2018

MESIN
Tipe Mesin4 langkah, SOHC dengan pendingin cairan
Sistem Suplai Bahan BakarPGM-FI (Programmed Fuel Injection)
Diameter X Langkah57,3 x 57,9 mm
Tipe TranmisiOtomatis, V-matic
Rasio Kompresi10,6 : 1
Daya Maksimum9.7 kW (13.1 PS) / 8500 rpm
Torsi Maksimum13.4 Nm (1.37 kgf.m) / 5000 rpm
Tipe StarterElektrik
Tipe KoplingAutomatic Centrifugal Clutch Dry Type
RANGKA & KAKI-KAKI
Tipe RangkaUnderbone
Tipe Suspensi DepanTelescopik
Tipe Suspensi BelakangSwing Arm dengan suspensi Tunggal
Ukuran Ban Depan90/80 - 14M/C 43P Tubeless
Ukuran Ban Belakang100/80 - 14M/C 48P Tubeless
Rem DepanCakram Hidrolik, Piston Tunggal
Rem BelakangTromol
Sistem PengeremanCombi Brake System
DIMENSI & BERAT
Panjang X Lebar X Tinggi1919 x 679 x 1062 mm
Tinggi Tempat Duduk769 mm
Jarak Sumbu Roda1.280 mm
Jarak Terendah Ke Tanah132 mm
Curb Weight112 kg
KAPASITAS
Kapasitas Tangki Bahan Bakar5,5 liter bahan bakar
Kapasitas Minyak Pelumas0,8 liter pada penggantian periodik
KELISTRIKAN
Tipe Baterai Atau AkiMF 12V-5 Ah
Sistem PengapianFull transisterized
Tipe BusiNGK CPR9EA-9 / Denso U27EPR9
Lampu DepanLED 2.6 W x 2 (low), 5,2 W x 2 (high)

Bagaimana, dengan sejumlah pembaruan yang dilakukan oleh Honda, apakah Honda Vario 125 dan Vario 150 terbaru ini layak untuk dipilih?

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply