Home Auto News Bocoran Suzuki Ertiga 2018, Fitur dan Desain Baru!

Bocoran Suzuki Ertiga 2018, Fitur dan Desain Baru!

0 353

Suzuki Ertiga 2018, Sudah diketahui banyak orang bahwa Suzuki Indomobil Sales (SIS) dalam waktu dekat meluncurkan Ertiga generasi terbaru. Lantaran belum resmi dirilis, maka banyak pihak yang penasaran seperti apa wujud mobil terbaru Suzuki ini.

Berbagai bocoran seputar mobil MPV ini sebenarnya sudah beredar di tengah masyarakat. Mulai dari dimensinya, spyshot hingga rekaan desain dari mobil ini. Akan tetapi yang paling menarik perhatian adalah bocoran tampilan utuh Suzuki Ertiga 2018 beserta fitur-fitur yang dibawanya. Informasi ini baru saja mencuat menjelang peluncuran perdananya di Indonesia.

Lantas seperti apa ubahan Suzuki Ertiga generasi baru ini? Apakah bisa menjawab kebutuhan masyarakat saat ini? Berikut adalah detail bocorannya yang bisa Anda simak.

Mobil pesaing Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander ini dirancang dengan memakai platform terbaru dengan nama Heartect. Platform ini diklaim lebih ringan namun tetap rigid.

Sementara untuk desainnya Suzuki Ertiga 2018 tampak lebih menarik dari generasi pendahulunya. Desainnya terlihat lebih mewah dan elegan. Tidak hanya itu, dimensi mobil ini juga berubah. Panjangnya bertambah 120 mm menjadi 4.395 mm, lebar bertambah 40 mm menjadi 1.735 mm. Sedangkan wheelbase atau jarak sumbu roda tetap 2.740 mm.

Dengan perubahan tersebut, pastinya mobil Suzuki ini mempunyai ruang yang lebih luas dari Ertiga lama. Akan tetapi tidak perlu terlalu khawatir soal pengalaman berkendaranya. Walaupun lebih panjang, radius putar mobil ini tetap 5,2 meter.

Yang tak kalah menarik tentu saja ada pada fiturnya. Suzuki Ertiga terbaru mendapat 18 perubahan yang tersebar di sisi eksterior hingga interior. Perubahan yang dilakukan Suzuki berupa penyegaran secara estetika maupun fungsional.

Pertama-tama mari kita lihat ubahan di sisi eksterior. Melihat tampilan depannya, Suzuki Ertiga 2018 sudah dilengkapi dengan projector headlamp dan LED tail light. Alhasil tampilannya jauh lebih menarik. Selain itu dari segi fungsi tentu saja lebih baik dari model sebelumnya.

Bentuk bumper depan kini juga berubah lebih segar. Tampilannya terlihat elegan dengan tambahan grill berbalut krom yang menambah kesan mewah.

Sisi samping juga tak luput dari revisi. Suzuki Ertiga terbaru sudah dibekali dengan electric and foldable mirror serta smart entry. Tawaran ini terdapat pada Ertiga tipe GX.

Lalu juga tersedia sensor parkir 2 titik pada mobil keluarga ini. Menariknya fitur tersebut menjadi kelengkapan standar yang tersedia untuk seluruh varian. Untuk menambah keamanan selama berkendara, Suzuki juga melengkapi Ertiga terbarunya dengan fitur High Mount Stop Lamp.

Sektor roda mengandalkan velg alloy berdesain elegan yang dipercaya menambah sisi premium dari Ertiga terbaru. Yang juga tak kalah menarik adalah hadirnya lampu belakang LED rear combination lamps with light guides untuk tipe GX. Desain lampu belakangnya berubah signifikan dan sekilas tampak mirip dengan Mitsubishi Xpander.

Mari pindah ke sisi interior. Suzuki Ertiga terbaru menawarkan kesan yang lebih mewah dan elegan di sisi dalam. Perubahan yang ditawarkan membuat interior Ertiga terbaru berubah total tanpa adanya sentuhan yang ada pada Ertiga lama.

Kemiripan antara model baru dan model lama Ertiga hanya ada pada sentuhan warna beige. Di samping itu juga terdapat sentuhan wood panel yang terdapat di bagian dashboard, door panel dan setir.

Selain adanya aksen wood ornament, pada setir kemudi juga terdapat fitur Switch Audio Control dan Bluetooth Connection. Dengan begitu pengemudi dapat mengakses head unit tanpa perlu melepas tangan dari kemudi.

Kini mobil Suzuki terbaru itu dilengkapi dengan MID yang lebih besar. Fitur ini hadir dengan sentuhan digital sehingga tampak lebih modern. Tidak hanya itu saja, Suzuki Ertiga generasi terbaru juga dilengkapi dengan Start/Stop Button dan keyless entry yang berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan mesin.

Untuk Suzuki Ertiga varian GX, terdapat head unit layar sentuh (touch screen) berukuran 6,8 inci yang mempunyai dukungan konektivitas Bluetooth. Selain itu juga terdapat power outlet untuk penumpang belakang yang terdapat di konsol tengah. Mobil Suzuki ini juga tetap dilengkapi dengan konektivitas AUX dan USB yang menjadi kelengkapan standar.

Ertiga juga mempunyai fitur tilt steering pada setir yang memungkinkan pengemudi menyesuaikan posisi kemudi. Juga terdapat fitur seat height adjuster khusus varian GX yang akan membuat pengemudi bisa menyesuaikan tinggi kursinya.

Soal keselamatan Suzuki Ertiga terbaru mempunyai fitur yang cukup menjanjikan. Terdapat dua buah airbag atau kantung udara untuk pengemudi dan penumpang depan. Juga tersedia Electronic Stability Programmee (ESP) yang ada untuk varian GX. Selain itu juga terdapat fitur pengereman ABS, EBD dan juga Brake Assist. Masih ada fitur ISOFIX yang berguna untuk mengaitkan kursi khusus anak ke kursi mobil.

Fitur ESP berfungsi untuk memberikan kestabilan yang lebih baik ketika berkendara sehingga lebih aman di jalan. Sementara untuk fitur ABS mencegah penguncian roda saat pengereman mendadak. Lalu untuk fitur Electronic Brake Force Distribution akan membagi besaran daya pengereman ke semua roda.

Untuk sektor dapur pacu, Suzuki Ertiga 2018 dilengkapi dengan mesin baru K15B, DOHC berkapasitas 1.462 cc. Mesin ini diklaim lebih bertenaga namun irit bahan bakar. Mesin ini juga sudah memenuhi standar Euro4. Sayangnya belum ada detail informasi seputar mesin ini.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply