Home Auto News All New Suzuki Ertiga Resmi Hadir, Harga Mulai Rp 228 Jutaan

All New Suzuki Ertiga Resmi Hadir, Harga Mulai Rp 228 Jutaan

0 254

Suzuki Ertiga, Akhirnya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menghadirkan All New Ertiga di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Mobil baru yang sempat membuat banyak orang penasaran ini hadir dengan serangkaian perubahan yang cukup banyak. Mulai dari eksterior, interior hingga mesin tak luput dari penyegaran.

Hanya saja belum diketahui harga Suzuki Ertiga 2018 resmi ini. Akan tetapi menurut salah satu wiraniaga Suzuki di IIMS mengatakan bahwa harga Suzuki Ertiga tipe GX terbaru dilepas mulai Rp 228 juta. Sementara tipe lain naik Rp 10 jutaan dari model pendahulunya.

Calon pembeli sudah bisa melakukan pemesanan dengan menyetorkan booking fee Rp 5 juta. Sedangkan untuk pengiriman akan dimulai 12 Mei mendatang. Di ajang IIMS 2018 ini Suzuki menargetkan bisa menjual 1.110 unit All New Ertiga.

“Ertiga memegang posisi penting dalam strategi global Suzuki. Kami terus mengeskpor Ertiga dari Indonesia dan India ke 70 negara di seluruh dunia. New ertiga akan dirakit di pabrik Cikarang, Jawa Barat dan akan diekspor ke negara-negara ASEAN dan benua Amerika,” jelas Shiju Oishi, Managing Officer and Division General Manager Automobile Asia Division Suzuki Motor Corporation.

Kini mari kita lihat tampilan Suzuki Ertiga terbaru ini. Dari sisi eksterior perubahan sudah jelas terlihat. Beberapa bagian memang tetap mempertahankan karakter khas Ertiga. Akan tetapi bagian muka tampil lebih elegan dan stylish. Begitu juga dengan bagian buritan yang desainnya lebih tegas dari model sebelumnya.

Di Indonesia Suzuki Ertiga 2018 ditawarkan dalam tiga varian, yaitu GA, GL dan GX. Sama seperti model lama. Akan tetapi Suzuki Indonesia menambahkan varian tertinggi, GX ESP yang dilengkapi dengan tambahan fitur keselamatan Electronic Stability Program (ESP).

Perlu diketahui, sistem ini bertugas untuk mencegah mobil melintir. Fitur ESP ini lazim dijumpai pada mobil keluaran terbaru. Hal ini juga menjadi upaya Suzuki untuk Ertiga yang ingin mengejar ketertinggalannya.

Untuk dicatat, rival Suzuki Ertiga kebanyakan sudah dilengkapi kontrol stabilitas. Seperti pada Mitsubishi Xpander dan Honda Mobilio RS.

Akan tetapi mobil MPV Suzuki ini belum dilengkapi dengan fitur Hill Start Assist (HAS). Sebagai gantinya All New Suzuki Ertiga sudah dilengkapi dengan SRS airbag, ABS+EBD dan ISOFIX yang menjadi kelengkapan standar untuk seluruh tipe.

Tidak hanya itu, mobil Suzuki terbaru ini juga dirancang dengan menggunakan platform HEARTECT. Sasis terbaru ini dibuat lebih ringan namun tetap kaku. Sebelum Ertiga, platform ini juga sudah diaplikasikan pada Suzuki Swift terbaru, Baleno dan juga Ignis.

Berpindah ke urusan dapur pacu, Suzuki Ertiga terbaru mengandalkan mesin K15B yang merupakan pengembangan dari K14B. Mesin ini mempunyai kapasitas sebesar 1.5 liter DOHC dengan dukungan teknologi VVT.

Tenaga yang dihasilkan mesin ini mencapai 104,7 PS dengan torsi 138 Nm. Lalu untuk transmisi tetap mengandalkan manual 5-percepatan atau otomatis konvensional 4-percepatan.

Source: All new ertiga 2018, interior all new ertiga varian tertinggi 2018, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply