Home Auto News Kymco AK550 2018 Melantai di IIMS

Kymco AK550 2018 Melantai di IIMS

0 194

Kymco AK550, Seusai dengan janjinya, Kymco memamerkan motor barunya, Kymco AK 550 di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Motor matic super touring ini adalah salah satu dari beberapa motor besar yang menyapa publik di IIMS 2018. Motor Kymco ini hadir sekaligus sebagai perayaan 50 tahun Kymco di dunia.

Tawaran fitur dan spesifikasi dari Kymco AK550 tidak boleh dipandang sebelah mata. Skuter matik ini menawarkan kenyamanan turing dengan mesin berkapasitas besar yang mempunyai kekuatan layaknya moge bermesin 500 cc serta desain yang modern.

Perlu diketahui, AK550 mengandalkan mesin dua silinder, DOHC 8-valve dengan pendingin cairan. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 38,9 kW pada putaran mesin 7.500 rpm dengan torsi puncak 54 Nm pada 8.000 rpm. Motor ini memakai sistem cross plane crank shaft dimana kedua piston akan bergerak secara berlawanan untuk mengurangi getaran mesin dan pumping loss.

Supaya piston dapat bergerak dengan mulus dan tanpa hambatan, Kymco menyematkan sistem pelumasan dry sump. Sistem ini dapat menyeimbangkan suhu sehingga dapat meningkatkan efisiensi mesin.

Di samping itu Kymco AK550 mengandalkan sistem kopling basah sentrifugal. Fungsinya untuk meminimalkan gesekan dan penyaluran daya dari mesin ke roda.

Tidak berhenti sampai di situ, motor yang digadang-gadang akan menjadi pesaing Yamaha TMAX DX ini juga dilengkapi dengan dua power mode, yaitu Power dan Rain. Jika yang dipilih adalah mode Rain, maka tenaga akan diturunkan menjadi 28,6 kW. Selain itu suara mesin motor ini akan terdengar menarik seperti moge dua silinder.

Melihat tampangnya, Kymco AK550 mempunyai jok yang dirancang rendah. Hal ini akan memberikan ergonomis yang baik bagi pengendara di Indonesia. Di samping itu dengan jok yang tidak tinggi membuat titik tengah gravitasi menjadi lebih baik. Kymco AK550 juga dirancang sedemikian rupa sehingga mempunyai kekuatan maksimal dengan bobot yang minimal.

Bobot yang ringan diperoleh berkat penggunaan rangka yang terbuat dari aluminium. Bahan ini memang dikenal ringan namun tetap rigid. Sedangkan untuk sektor roda mengandalkan ban radial yang berfungsi mengurangi beban unsprung (beban yang tidak ditopang oleh pegas).

Motor ini juga mengandalkan suspensi depan upside-down dan suspensi belakang yang dilengkapi teknologi peredam horizontal trailing arm. Teknologi ini diklaim dapat memisahkan berat mesin dari transmisi, mengurangi beban unsprung dan menjaga roda belakang tetap menapak ke jalan.

Sudut posisi setang Kymco AK550 dibuat menjorok ke arah pengemudi atau sekitar 30 derajat kemiringan dari poros roda. Dengan begitu rasa pegal ketika menempuh perjalanan jauh dapat dikurangi.

Di samping itu sudut posisi seperti ini akan memudahkan pengendara untuk melakukan manuver ketika dibutuhkan. Melihat sistem pengeremannya, AK550 dibekali rem dual kaliper buatan Brembo di depan plus ABS buatan Bosch 9.1.

Tidak hanya itu, daya tarik lain terdapat pada speedometer dan takometer yang hadir dengan layar berwarna. Di bagian tengah dashboard terdapat layar bundar yang memuat informasi seperti cuaca, kompas, jam  dan kecepatan. Juga terdapat fitur noodoe yang disematkan di motor sehingga memungkinkan pengendara dapat terhubung dengan ponsel pintar.

Sayangnya Kymco AK550 ini belum dijual secara umum.

Dengan fitur yang dibawa, motor baru Kymco ini bisa menjadi ancaman bagi rivalnya tak terkecuali Yamaha TMAX DX. Desainnya pun juga tergolong modern dan sporty. Daya tarik lain juga terdapat pada hadirnya dua pilihan power mode yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengendara ketika melakukan perjalanan

Hanya saja belum dapat diketahui berapa harga motor resmi ini lantaran belum dijual secara umum. Akan tetapi menurut bocoran Kymco AK550 akan dijual dengan harga Rp 300 jutaan. Semoga saja harga Kymco AK550 ini memang tidak lebih mahal dari motor MAXI Yamaha. Berminat untuk memiliki Kymco AK550 ini?

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply