Home Auto News Spesifikasi Honda X-ADV, Paduan Skutik dan Motor Adventure

Spesifikasi Honda X-ADV, Paduan Skutik dan Motor Adventure

0 137

Honda X-ADV, PT Astra Honda Motor (AHM) kembali meramaikan ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Ada kejutan menarik yang diberikan oleh agen pemegang merek Honda ini. Di pameran otomotif tersebut Honda memajang X-ADV.

Perlu diketahui, motor Honda ini merupakan skuter matik bergenre adventure yang tampil dengan desain futuristik dan menarik. Hanya saja Honda X-ADV saat ini belum dijual di Indonesia.

Sebenarnya motor matic Honda bermesin besar ini cukup menarik. Mulai dari sisi tampilan yang terlihat menarik hingga fitur-fitur yang dibawa. Berikut ini adalah spesifikasi singkat dari Honda X-ADV.

Kombinasi Desain Skutik dan Motor Petualang

Melirik bagian desain, bisa dikatakan motor Honda ini mengombinasikan desain skuter matik dengan motor petualang. Honda X-ADV mengusung gaya crossover yang unik.

Kesan motor matic tampak pada kepraktisan motor ini. Desainnya tergolong kompak, namun menariknya kapasitas bagasinya cukup luas. Bagasi yang berada di bawah jok ini dapat memuat helm.

Sedangkan untuk sektor roda tidak terlalu besar, namun lebar dan tebal. Di bagian depan mengusung ban berukuran 120/70-17 inci dan bagian belakang 160/60-15.

Lalu untuk kesan adventure tampak dari penggunaan pelek jari-jari dan suspensi upside down di bagian depan. Motor Honda ini juga dilengkapi dengan windshield untuk melindungi pengendara dari angin. Tidak hanya itu saja, Honda X-ADV juga mempunyai ground clearance yang cukup tinggi, yakni mencapai 162 mm.

Transmisi Otomatis DCT

Berpindah ke dapur pacu, Honda X-ADV mengandalkan mesin berkapasitas 745 cc dua silinder DOHC yang dilengkapi dengan pendingin cairan. Mesin ini dapat menyemburkan tenaga hingga 54,79 PS pada putaran mesin 6.250 rpm dengan torsi 68 Nm pada 4.750 rpm.

Baca juga: Detail Honda Vario 150 dan Vario 125 2018

Yang menarik adalah transmisinya. Sebab Honda menyematkan transmisi 6-percepatan dual clutch (DCT). Fitur ini akan memudahkan pengendara untuk melintasi berbagai jenis jalan sebab tidak perlu melakukan perpindahan gigi transmisi.  Pengendara hanya perlu memutar pedal gas saja, maka fitur DCT akan mengatur distribusi tenaga ke roda belakang secara otomatis.

Fitur Menarik

Honda X-ADV juga dilengkapi dengan sejumlah fitur yang siap menemani perjalanan pengendara untuk melahap berbagai medan. Motor ini dilengkapi dengan handguard, windshield yang dapat diatur ketinggiannya hingga sistem pencahayaan yang sudah LED.

Hadirnya lampu LED membuat sorotan cahaya lebih terang, mendongkrak tampilan motor ini sehingga terlihat lebih modern serta dinilai lebih hemat daya. Honda X-ADV juga dilengkapi panel instrumen LCD dengan layar besar. Ada cukup banyak informasi yang disajikan, seperti konsumsi BBM, temperatur, tanggal dan lain sebagainya.

Masih ada fitur menarik lain pada motor matic adventure ini. Seperti Honda Selectable Torque Control (HSTC). Fitur ini tersedia dalam dua level. Level pertama dapat membuat roda belakang lebih agresif sehingga cocok untuk menerjang jalur off-road.

Lain halnya dengan level dua yang mempunyai torsi melimpah dan tenaga yang bisa diatur sehingga roda dapat berjalan dengan baik di lintasan jalan yang licin.

Honda X-ADV juga dilengkapi dengan fitur G Switch. Jika ditekan cengkeraman ban langsung meningkat dan tenaga yang dihasilkan sesuai dengan medan jalan. Fitur tersebut akan memudahkan pengendara untuk melewati berbagai permukaan jalan. Fitur ini sebelumnya juga tersedia pada Honda Africa Twin.

Sebagai tambahan informasi, Honda X-ADV pertama kali muncul di Sardinia, Italia. Lantaran motor matic ini mengusung beragam fitur canggih, maka jangan heran bila harganya cukup mahal. Di Benua Biru, Eropa harga motor Honda ini mencapai Rp 160 jutaan.

Terlepas dari banderol harganya itu, Honda X-ADV tetap berhasil memikat pengunjung pameran IIMS 2018. Hanya saja untuk saat ini PT AHM belum berniat untuk menjualnya di Indonesia. Meski begitu PT AHM mengaku akan tetap mempertimbangkan keinginan pasar.

“Untuk IIMS kali ini kami baru display saja dulu. Namun tidak tertutup kemungkinan suatu saat nanti kami pasarkan juga. Namun hingga saat ini kami belum punya rencana itu (menjualnya),” jelas Ahmad Muhibbuddin, Deputy Head of Corporate Communication AHM, sebagaimana dilansir dari laman Otosia.

Honda X-ADV ini memiliki setidaknya memiliki modal utama untuk mencuri perhatian masyarakat. Yaitu dengan desainnya yang terbilang tak lazim namun menarik. Di sisi lain penggemar motor petualang di Indonesia mengalami peningkatan belakangan ini.

Bisa jadi suatu saat nanti Honda memasarkan motor matic premium ini di Tanah Air. Akan tetapi tentu saja masalah harga juga patut dipertimbangkan sebelum resmi masuk di Indonesia.

Sebab berkaca pada jajaran big bike Honda, seluruh unit didatangkan secara impor (Completely Built Up/CBU) dari luar negeri. Hal ini mau tidak mau mendongkrak harga jual motor gede Honda. Dan hal tersebut juga bisa saja berlaku pada Honda X-ADV jika memang dihadirkan di Indonesia dengan skema CBU.

Kita tunggu saja informasi selanjutnya dari Astra Honda Motor. Berminat kah Anda membeli motor premium ini? Jika dijual di Indonesia, kira-kira berapa harga yang cocok untuk Honda X-ADV ini?

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply