Home Auto News Klasemen F1 2018 Azerbaijan, Kemenangan Hamilton yang Tak Terduga

Klasemen F1 2018 Azerbaijan, Kemenangan Hamilton yang Tak Terduga

0 98

F1 2018, Jalannya pertandingan Formula 1 di Azerbaijan bisa dibilang penuh dengan kejutan. Balapan diakhiri dengan kemenangan Lewis Hamilton yang keluar sebagai juara pertama. Sementara rekan satu timnya, Valtteri Bottas gugur di tengah pertandingan lantaran mobil yang ia gunakan mengalami ban kempes.

Kemenangan pembalap asal Inggris ini sebenarnya tidak terduga sebelumnya. Hal ini lantaran performa Hamilton kurang bagus sepanjang pertandingan. Ia tertinggal jauh dari Bottas hingga memasuki lap 40.

Beruntung safety car muncul di penghujung laga setelah adanya insiden tabrakan antara dua pembalap Red Bull. Hal ini pun menjadi kesempatan bagi Hamilton untuk memperbaiki kedudukan dan merebut kemenangan.

Podium kedua diraih oleh pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen. Disusul oleh Sergio Perez dari Force India yang menempati urutan ketiga. Sementara Sebastian Vettel hanya berhasil menuntaskan pertandingan dengan merebut posisi keempat.

Bagi Hamilton kehadiran safety car di tengah pertandingan adalah keberuntungannya. Sebab selama musim ini Hamilton tampak kesulitan untuk memperoleh performa terbaik dari mobil balap yang ia pakai. Tidak hanya itu, dalam sesi latihan bebas, kualifikasi hingga balapan mobil Mercedes selalu kesulitan untuk mengejar Ferrari lantaran cengkeraman ban yang kurang maksimal.

Kemenangan ini membuat Hamilton berhasil mengalahkan Vettel dan membuatnya berada di puncak klasemen sementara dengan selisih empat poin. Lain halnya dengan yang dialami oleh Bottas. Ia sebelumnya memimpin pertandingan hingga lap 40. Lalu keadaannya berubah setelah adanya tabrakan yang melibatkan Max Verstappen dan Daniel Ricciardo.

Masuknya safety car di lintasan balap mengubah nasib Bottas. Hal serupa juga dialami oleh Vettel. Padahal sebelumnya ia berhasil mengawali pertandingan dengan mulus dan melesat meninggalkan Hamilton yang start di posisi kedua.

Kejadian yang tak disangka-sangka terjadi di lap 48. Tepatnya setelah proses pembersihan lintasan dari serpihan dua mobil Red Bull tuntas.

Saat safety car keluar lintasan Bottas mengambil posisi terdepan dan diikuti oleh Vettel. Akan tetapi kondisi ban mobil Ferrari Vettel tampak terlalu panas sehingga mengurangi daya cengkeramnya. Hal ini membuat Vettel berhasil didahului oleh Hamilton. Vettel juga kembali didahului oleh rekan setimnya sendiri, Raikkonen dan juga pembalap Force India, Perez.

Saat balapan tampaknya akan dimenangi Bottas, di lap berikutnya ia mengalami masalah. Ban mobil yang ia gunakan menerjang serpihan yang tersisa di lintasan balap. Alhasil ia mundur dari pertandingan.

Klasemen Sementara F1 2018

POSDRIVERCARPTS
1Lewis HamiltonMERCEDES70
2Sebastian VettelFERRARI66
3Kimi RäikkönenFERRARI48
4Valtteri BottasMERCEDES40
5Daniel RicciardoRED BULL RACING TAG HEUER37
6Fernando AlonsoMCLAREN RENAULT28
7Nico HulkenbergRENAULT22
8Max VerstappenRED BULL RACING TAG HEUER18
9Sergio PerezFORCE INDIA MERCEDES15
10Carlos SainzRENAULT13
11Pierre GaslySCUDERIA TORO ROSSO HONDA12
12Kevin MagnussenHAAS FERRARI11
13Charles LeclercSAUBER FERRARI8
14Stoffel VandoorneMCLAREN RENAULT8
15Lance StrollWILLIAMS MERCEDES4
16Marcus EricssonSAUBER FERRARI2
17Esteban OconFORCE INDIA MERCEDES1
18Brendon HartleySCUDERIA TORO ROSSO HONDA1
19Romain GrosjeanHAAS FERRARI0
20Sergey SirotkinWILLIAMS MERCEDES0

Hasil pertandingan F1 2018 Azerbaijan merupakan kejutan bagi Hamilton. Lantas seperti apa pertandingan berikutnya?

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply