Home Auto News All New Honda Vario 125 vs Yamaha Lexi, Siapa yang Menang?

All New Honda Vario 125 vs Yamaha Lexi, Siapa yang Menang?

Honda Vario 125 vs Yamaha Lexi, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menambah amunisinya di segmen motor matic dengan menghadirkan Yamaha Lexi. Seperti yang diketahui bersama, motor matic ini ditujukan untuk berhadapan langsung dengan Honda Vario 125 yang menjadi salah satu motor terlaris di Indonesia.

Tidak berhenti sampai di situ, beberapa waktu yang lalu PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan All New Honda Vario 125 dan Vario 150. Motor matic Honda ini tampil dengan beberapa sentuhan pembaruan, mulai dari desain yang lebih memikat hingga adanya fitur baru.

Tentu saja hal ini bisa membuat para penggemar motor matic kebingungan. Terlebih kedua motor ini bersaing di kelas yang sama dan mempunyai tawaran fitur yang sama-sama menggoda.

Yamaha Lexi mengusung tampilan layaknya Yamaha MAXI lain seperti NMAX yang saat ini digandrungi masyarakat Indonesia. Sementara Honda Vario 125 mempunyai tampilan baru yang lebih modern dan futuristik khas motor Honda. Supaya tidak bingung, mari kita bandingkan spesifikasi kedua motor baru ini.

All New Honda Vario 125

Sama seperti model sebelumnya, tampilan Honda Vario 125 dan Vario 150 terbaru cukup identik. Keduanya mendapat penyegaran yang menarik dipandang mata. Honda menyematkan lampu depan LED yang didesain lebih elegan dan dibuat bertingkat.

Meski ada tampilan yang mirip model sebelumnya, hadirnya desain bertingkat pada lampu depan Vario 125 membuat tampilannya tampak lebih segar. Apalagi Honda juga membekalinya dengan panel instrumen baru yang sudah full digital. Informasi yang termuat di dalamnya juga beragam.

Baca juga: Yamaha Lexi 125 vs Honda Vario 125

Selain itu Honda Vario 125 mempunyai bagasi yang lebih lega dibanding model sebelumnya. Kini kapasitasnya naik menjadi 18 liter.

Honda juga membekali skuter matik ini dengan fitur anti theft alarm. Fitur ini sudah lebih dulu hadir di Honda Scoopy dan PCX 150. Bila fitur anti maling ini dihidupkan, alarm akan berbunyi ketika motor berguncang.

All New Honda Vario 125 juga dibekali dengan fitur Idling Stop System (ISS). Fitur ini akan membuat mesin mati secara otomatis ketika berhenti sejenak atau berhenti di lampu merah.

Tidak hanya itu, motor berlogo sayap mengepak ini juga mempunyai fitur Combi Brake System (CBS) yang menjadi ciri khas dari motor matic buatan Honda. Dengan fitur ini, ketika pengendara menarik tuas rem belakang maka secara otomatis rem depan juga ikut bekerja. Tujuannya untuk mengoptimalkan kinerja sistem pengereman.

Yamaha Lexi

Setelah membahas Honda Vario 125 2018, kini saatnya mengupas Yamaha Lexi 125. Motor Yamaha ini diposisikan untuk terjun di segmen entry level. Cocok untuk konsumen yang ingin mendapat motor Yamaha MAXI namun mempunyai dana yang terbatas.

Lexi merupakan adik dari Yamaha NMAX. Hal ini juga terlihat pada bagian desain yang sedikit mirip dengan sang kakak. Terlebih bodi motor ini tampak berisi.

Motor matic Yamaha ini dilengkapi dengan fitur modern yang lazim ditemui pada motor keluaran terbaru. Seperti LED headlight dan lampu hazard. Tidak hanya itu saja, juga terdapat electric power socket pada motor ini.

Hadirnya fitur ini akan membuat pengendara bisa mengisi daya gadget selama perjalanan. Cocok untuk generasi muda ataupun konsumen yang berprofesi sebagai pengendara ojek online.

Sama seperti rivalnya, Yamaha Lexi 125 juga dibekali dengan speedometer digital. alhasil kesan modern tampak jelas pada motor ini. Speedometer ini juga memiliki informasi yang cukup lengkap dan berguna bagi pengendara.

Menariknya Yamaha Lexi 2018 mempunyai fitur smart key system. Dengan begitu konsumen tidak perlu memakai anak kunci alias keyless.

Yamaha juga menyematkan fitur immobilizer dan answer back system pada motor ini. Fitur answer back system akan memudahkan pengendara ketika mencari motornya di parkiran.

Tidak berhenti sampai di situ, Yamaha Lexi juga mempunyai fitur Stop and Start System. Fitur ini mempunyai cara kerja yang serupa dengan fitur ISS, yakni dapat mematikan mesin secara otomatis ketika kendaraan dalam posisi diam selama beberapa detik.

Harga

Persaingan dua motor matic ini juga tampak jelas pada banderol harganya. Harga Honda Vario 125 terbaru mencapai Rp 19,1 juta untuk tipe CBS. Sementara tipe CBS ISS dilepas dengan harga Rp 19,9 juta dengan status on the road Jakarta.

Lalu Yamaha Lexi sendiri juga ditawarkan dalam dua varian. Untuk varian standar dibanderol Rp 19,95 juta. Dan harga Yamaha Lexi S yang merupakan varian tertinggi dipatok Rp 22,8 juta on the road Jakarta.

Kesimpulan

Melihat harga yang ditawarkan, memang Yamaha Lexi sedikit lebih mahal dari Honda Vario 125. Meski begitu masing-masing motor mempunyai keunggulan tersendiri.

Seperti Yamaha Lexi yang sudah memiliki fitur LED headlight dengan lampu hazard, electric power socket hingga fitur immobilizer, smart key system dan answer back system. Di sisi lain motor ini juga menawarkan desain layaknya Yamaha NMAX sehingga bisa menjadi alternatif bagi konsumen yang ingin mendapat motor matic bongsor dengan harga lebih terjangkau namun fitur tak kalah lengkap.

Sementara Honda Vario 125 mempunyai desain yang lebih modern dibanding model sebelumnya. Hadirnya bagasi berkapasitas 18 liter membuat pengguna bisa membawa cukup banyak barang. Sebagai keamanan dan keselamatan motor matic ini juga sudah dilengkapi anti theft alarm, idling stop system hingga combi brake system.

Source: matic yamaha lexi 125, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply