Home Auto News Harga Toyota C-HR dan Fortuner Mirip, Pilih Mana?

Harga Toyota C-HR dan Fortuner Mirip, Pilih Mana?

Toyota C-HR, Setelah mencuri perhatian masyarakat sejak cukup lama, akhirnya PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan C-HR di Indonesia. Kehadiran mobil ini sudah dinanti sejak lama lantaran mempunyai tampilan yang menawan dan fitur yang melimpah.

Tidak heran bila masyarakat pada akhirnya tertarik dengan mobil Toyota terbaru ini. Hanya saja jika melihat jajaran mobil Toyota yang ada di Indonesia, harga Toyota C-HR bersinggungan dengan Fortuner. Padahal kedua mobil ini berbeda kelas.

Toyota C-HR merupakan mobil compact crossover SUV. Sedangkan Toyota Fortuner murni SUV.

Melihat harganya, Toyota C-HR dibanderol Rp 490 juta. Dengan dana tersebut konsumen juga sudah bisa mendapatkan Toyota Fortuner tipe G Diesel 4×2. Lantas mana yang lebih menarik untuk dipinang? Berikut adalah komparasi kedua SUV ini yang bisa dijadikan bahan pertimbangan sebelum mengambil keputusan.

Seperti yang sudah disinggung di atas, kedua mobil ini mempunyai karakter yang berbeda. Fortuner dirancang untuk mempunyai daya jelajah yang mumpuni. Mobil ini mengandalkan ladder frame dengan konfigurasi 7-penumpang plus ground clearance yang tinggi. Dengan konstruksi tersebut Toyota Fortuner lebih bisa diandalkan untuk menerjang jalanan rusak maupun banjir.

Berbeda halnya dengan Toyota C-HR. Mobil ini diposisikan sebagai kendaraan perkotaan dengan jalanan mulus. Kendati demikian mobil ini tetap mempunyai kemampuan jelajah yang sedikit lebih unggul dari mobil sedan.

Mobil baru Toyota ini bisa dibilang menyerupai hatchback dengan karakter SUV. Ground clearance-nya tidak terlalu tinggi, yakni hanya 154 mm sehingga sedikit rawan bila dipakai berkendara di jalan yang kurang rata.

Baca juga: Detail Spesifikasi Toyota C-HR 2018

Akan tetapi mobil ini lebih menyenangkan untuk dikendarai. Sehingga Toyota C-HR lebih menarik dibanding Fortuner untuk konsumen yang mengutamakan kenyamanan dalam berkendara. Hal ini didukung sasis monokok dengan platform TNGA terbaru dan ditopang suspensi independen double wishbone di bagian belakang.

Berbeda dengan Toyota Fortuner yang mengandalkan konstruksi sasis tangga layaknya truk. Kekurangan lainnya adalah kaki jenjangnya penyebab roll besar dan pergerakan bodi yang tidak lincah.

Yang menarik untuk dibahas adalah dapur pacunya. Lantaran mengadopsi mesin diesel, maka Toyota Fortuner lebih unggul dari C-HR.

Melihat data teknisnya, Toyota Fortuner memakai mesin 2GD-FTV 2,4 liter diesel common trail VNT. Tenaganya bisa menembus angka 149,6 PS dengan torsi mencapai 400 Nm yang membuatnya mudah menerabas berbagai kontur jalan.

Sementara itu Toyota C-HR memakai mesin 2ZR-FBE, sama dengan yang dipakai Corolla Altis. Tenaganya tidak berbeda jauh dari Fortuner Diesel, yakni 141 PS. Sementara torsi maksimumnya hanya 171 Nm. Toyota memadukannya dengan transmisi CVT.

Toyota C-HR boleh kalah di sektor performa. Akan tetapi untuk urusan fitur C-HR menjadi jawaranya. Walaupun yang dijual di Indonesia bukan merupakan trim tertinggi dari Thailand, fitur keselamatan yang ada pada Toyota C-HR lebih lengkap dari Fortuner tipe G.

Mobil ini dilengkapi dengan fitur 7 airbag. Toyota juga melengkapinya dengan rem cakram di keempat roda plus fitur ABS, EBD dan BA. Toyota C-HR juga mempunyai fitur Vehicle Stability Control dan Traction Control System (VSC+TCS), Hill Start Assist Control, Rear View Monitor System, Blind Spot Monitoring System dan lain-lain.

Berbeda dengan Toyota Fortuner G yang mempunyai 3 kantung udara. Selain fitur itu juga ada ABS dan EBD. Kekurangan lainnya adalah rem belakang yang masih tromol.

Perbedaan lain dari kedua mobil ini ada pada desainnya. Toyota Fortuner mengusung desain yang elegan dan cenderung mewah. Maka dari itu banyak yang beranggapan bahwa mobil SUV Toyota itu merupakan kendaraan kaum mapan.

Sementara Toyota C-HR juga mempunyai tampilan yang cukup unik. Desainnya beda dari yang lain namun ini menjadi ciri khasnya. Dengan banderol harga Rp 490 juta, C-HR mungkin hanya cocok untuk kaum tertentu. Misalnya mereka yang hobi mengoleksi mobil atau mereka yang mengutamakan fitur keselamatan dalam mobil incarannya.

Sementara Fortuner sanggup memenuhi banyak kebutuhan pembelinya. Entah dipakai sebagai mobil keluarga, mobil operasional hingga diajak berpetualang ke luar kota.

 

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply