Home Auto News Detail Singkat Husqvarna Svartpilen 401 2018

Detail Singkat Husqvarna Svartpilen 401 2018

Husqvarna Svartpilen 401, Dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 yang berlangsung beberapa waktu lalu, Husqvarna menghadirkan motor terbarunya. Salah satu di antaranya adalah Svartpilen 401. Motor ini menjadi motor scrambler satu-satunya milik Husqvarna yang dipasarkan di Tanah Air.

Melihat tampilannya, motor baru ini mempunyai tampilan yang cukup unik namun menarik. Desainnya terlihat modern dan minim lekukan. Sedangkan di beberapa bagian desainnya tampak terlihat kaku yang membuatnya lebih berkarakter.

Secara keseluruhan motor ini mempunyai bodi yang cukup mungil. Seakan hanya ada ekor pendek yang tampak seperti dipotong dan tangki bensin.

Bagian rangka teralis juga cukup jelas terlihat. Demikian pula dengan sektor mesin, radiator, monoshock belakang dan beberapa komponen motor lainnya. Menariknya rangka motor Husqvarna ini dibuat dari bahan material yang berkualitas. Yakni baja chromium molybdenum (chrome moly). Bahan ini diklaim tahan korosi.

Karena mempunyai bodi yang mungil, bobotnya menjadi lebih ringan. Husqvarna Svartpilen 401 hanya berbobot 150 kg. sedangkan ground clearance atau jarak rendah ke tanah mencapai 170 mm yang membuat bodi bawah tidak mudah bersinggungan dengan aspal.

Hanya saja posisi duduk tampak tinggi sehingga membuat telapak kaki sulit menapak ke aspal. Hanya saja jok yang tinggi ini membuat visibilitas pengendara menjadi lebih baik.

Husqvarna Svartpilen 401 juga mempunyai sentuhan modern yang tampak dari lampu depan berdesain bulat yang diisi LED. Panel instrumennya tampak sederhana, namun sudah full digital sehingga memperkuat kesan modern

Sedangkan roda depan dibalut ban berukuran 110/70-17 inci dan belakang 150/60-17 inci. Ban ini dikombinasikan dengan pelek jari-jari yang lentur namun kokoh. Tidak hanya itu, pelek jari-jari juga membuat motor lebih andal dalam menerjang medan tanah. Sebagai pelengkap, motor ini dibekali suspensi depan upside down berdiameter 43 mm buatan WP.

Lalu bagian stang dibuat tinggi dan lebar. Tujuannya supaya pengendara lebih rileks ketika berkendara dengan motor ini. Svartpilen 401 tetap mempunyai aura sport yang hadir berkat posisi pijakan kaki yang ada di belakang mesin sehingga membuat posisi tubuh sedikit menunduk.

Melirik dapur pacunya, motor baru ini mengandalkan mesin berkapasitas 373,2 cc, satu silinder dengan pendingin cairan. Tenaga yang bisa dihembuskan mesin ini mencapai 44 PS dengan torsi puncak 37 Nm.

Daya tersebut disalurkan ke roda belakang melalui transmisi 6-percepatan manual. Mesin motor ini juga sudah dilengkapi dengan sistem injeksi yang dioperasikan dengan ride by wire. Dengan begitu distribusi tenaga menjadi lebih presisi dan terkontrol serta hemat bahan bakar.

Fitur keselamatan motor ini juga tak kalah menarik. Husqvarna membekalinya dengan rem cakram ByBre di kedua roda. Untuk cakram depan berukuran 320 mm dan bagian belakang 230 mm. Selain itu juga terdapat fitur anti-lock braking system (ABS) dual channel yang menjadi kelengkapan standar.

Hadirnya fitur ABS membuat motor sanggup mengurangi risiko roda terkunci ketika dilakukan pengereman mendadak. Dengan begitu pengendara mendapat waktu dan ruang untuk menghindari potensi kecelakaan.

Jika ingin mendapat motor bergaya scrambler dengan desain unik, maka Husqvarna Svartpilen 401 bisa menjadi salah satu pilihannya. Terlebih motor ini mempunyai tawaran fitur yang cukup lengkap.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply