Home Auto News Toyota C-HR vs Honda HR-V, Harga Beda Fitur Bersaing

Toyota C-HR vs Honda HR-V, Harga Beda Fitur Bersaing

Toyota C-HR, Di Indonesia ada mobil baru yang cukup menyita perhatian. Mobil itu adalah Toyota C-HR. Toyota Astra Motor (TAM) mengklaim mobil ini tidak mempunyai pesaing di Indonesia.

Akan tetapi bila diperhatikan mobil ini masuk dalam segmen compact crossover. Di segmen tersebut ada Honda HR-V yang secara dimensi dan tampang mempunyai kemiripan. Walaupun serupa keduanya berbeda dalam urusan harga.

Lantas mana yang lebih menggoda? Apakah Toyota C-HR atau Honda HR-V? Berikut adalah komparasi selengkapnya.

Harga

Di Indonesia Toyota C-HR hanya dijual dalam satu pilihan. Sedangkan varian warnanya ada two-tone dengan atap berwarna hitam dan single tone. Harga Toyota C-HR single tone color mencapai Rp 488,5 juta. Sedangkan versi two tone color dipatok Rp 490 juta.

Harga tersebut terbilang tinggi dibandingkan dengan Honda HR-V. Perlu diketahui, Honda HR-V saat ini ditawarkan dalam beberapa varian yang secara garis besar dibagi menjadi dua versi mesin, yakni 1.5 literdan 1.8 liter.

 

Lalu juga ada pilihan transmisi manual ataupun otomatis CVT (Contiuous Variable Transmission). Mobil Honda ini mempunyai tiga tipe, yakni S, E dan Mugen. Harga mobil ini mulai Rp 273,5 juta hingga Rp 404,5 juta untuk tipe 1.8L E CVT Mugen.

Dimensi

Dimensi HR-V maupun C-HR tergolong mirip. Hanya saja crossover Toyota itu sedikit lebih unggul. Menurut spesifikasinya, mobil ini mempunyai panjang 4.360 mm, lebar 1.795 mm, tinggi 1.565 mm dan jarak sumbu roda alias wheelbase 2.640 mm.

Baca juga: Toyota C-HR vs Fortuner, Pilih Mana?

Sementara Honda HR-V mempunyai panjang 4.294 mm, lebar 1.772 mm, tinggi 1.580 mm dan wheelbase 2.610 mm. Bila dibandingkan dimensi Toyota C-HR lebih panjang 66 mm dan lebih lebar 23 mm dari HR-V. Selain itu jarak sumbu rodanya lebih panjang 30 mm, namun lebih pendek 15 mm dari HR-V.

Berdasarkan data teknis tersebut Toyota C-HR semestinya memiliki kabin yang lebih luas dibandingkan HR-V. Hanya saja ground clearance-nya 31 mm lebih rendah dari HR-V. Sehingga mobil crossover Honda itu lebih unggul dalam melahap medan yang tidak mulus.

Fitur

Mobil Toyota yang dibawa langsung dari Thailand itu mempunyai fitur yang meilmpah. Salah satu tawarannya adalah penggunaan Toyota New Global Architecture (TNGA).

Selain itu mobil ini juga mempunyai fitur start/stop, kunci pintar, AC digital dual zone dengan fitur dual zone otomatis, manual head light leveling, spion elektrik yang dapat melipat otomatis dan lain-lain. Toyota C-HR juga dibekali dengan powered lumbar support, tombol audio di lingkar kemudi, rem parkir elektrik, cruise control dan sebagainya.

Fitur penunjang keselamtan yang dibenamkan pada mobil ini juga beragam. Seperti 7 airbag, kamera parkir, rear cross traffic alert, blind monitoring system, vehicle stability control, hill start assist, rem ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake Force Distribution) dan BA (Brake Assist). Untuk sistem pengereman Toyota menyematkan double disc brake, cakram berventilasi di bagian depan dan solid disc di bagian belakang.

Lalu bagaimana dengan Honda HR-V?

Mobil Honda ini mempunyai fitur yang juga tak kalah lengkap. Varian tertingginya mempunyai cruise control, tombol start/stop, AC digital otomatis dengan smart touch hingga rem parkir elektrik. Hanya saja pendingin kabin mobil ini belum mengusung dual zone. Sebagai gantinya HR-V dilengkapi panoramic sunroof elektrik yang tidak ada pada Toyota C-HR.

Akan tetapi untuk fitur keselamatannya harus diakui kalah lengkap. Mobili ini hanya mempunyai enam airbag, ABS, EBD, BA, hill start assist hingga vehicle stability assist. Hanya saja belum terdapat fitur rear cross traffic alert dan blind spot monitoring system di dalamnya.

Performa

Berikutnya mari kita bahas soal dapur pacu keduanya. Khusus pasar Indonesia Toyota C-HR mengandalkan mesin berkapasitas 1.8 liter. Mesin dengan kote 2ZR-FBE ini juga dipakai pada Corolla Altis. Tenaganya diklaim bisa menembus angka 141 PS pada putaran mesin 6.400 rpm dengan torsi maksimum 170 Nm pada 4.000 rpm.

Mobil ini mengandalkan sistem penggerak roda depan (Front Wheel Drive). Sedangkan transmisinya hanya ada satu macam, yaitu otomatis CVT 7-percepatan yang bisa dioperasikan secara manual lewat tuas transmisi.

Sementara itu Honda HR-V versi 1.8 liter mempunyai tenaga yang sedikit lebih kecil dari kompetitornya. Catatan output dayanya 139 PS pada putaran mesin 6.500 rpm dengan torsi 169 Nm pada 4.300 rpm. Mobil ini juga ditawarkan dalam pilihan transmisi CVT. Hanya saja Honda sudah melengkapinya dengan paddle shift sehingga perpindahan giginya menjadi lebih mudah.

Kesimpulan

Melihat harganya, Toyota C-HR memang terasa terlalu mahal. Ini wajar mengingat C-HR merupakan mobil CBU (Completely Built Up) yang didatangkan utuh dari negara lain. Maka dari itu harga jual mobil menjadi membengkak.

Di sisi lain Honda HR-V varian tertinggi yang dibanderol Rp 110 juta lebih murah dari C-HR sudah mempunyai fitur yang bisa diandalkan. Bahkan beberapa diantaranya lebih unggul dari Toyota C-HR. Seperti fitur panoramic sunroof dan paddle shift.

Kendati begitu fitur Toyota C-HR juga melimpah dan beberapa fitur tidak ada pada HR-V. Selain itu desainnya juga lebih menarik dari HR-V yang kini terasa sedikit membosankan.

Jika Anda ingin crossover terjangkau dengan fitur cukup lengkap, maka Honda HR-V bisa menjadi pilihannya. Sementara jika suka mobil yang tampil unik dan membawa fitur beragam, Toyota C-HR adalah solusinya.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply