Home Auto News Duel Suzuki Ertiga 2018 vs Wuling Cortez 1.5, Pilih Mana?

Duel Suzuki Ertiga 2018 vs Wuling Cortez 1.5, Pilih Mana?

Suzuki Ertiga 2018, Sekarang ada banyak pilihan Low MPV jika Anda ingin membeli mobil berkabin lapang. Suzuki baru saja memperkenalkan All New Ertiga yang tampil lebih menggoda. Sedangkan Wuling menghadirkan Cortez 1.5 yang mengusung harga lebih terjangkau.

Memang sebelumnya Wuling Cortez lebih diposisikan untuk berhadapan dengan Toyota Kijang Innova dan kawan-kawan. Akan tetapi setelah Cortez versi mesin 1.5 liter hadir, maka mobil ini lebih cocok untuk disandingkan dengan mobil Low MPV lainnya. Selain itu harganya juga terjangkau, yakni Rp 203,8 juta untuk Cortez 1.5C dan Rp 193,8 juta untuk Cortez 1.5S.

Di sisi lain Suzuki Ertiga generasi terbaru membawa sejumlah penyegaran yang membuatnya lebih menarik dibanding model sebelumnya. Hanya saja belum diketahui harga resmi mobil ini.

Lantas bagaimana bila mobil baru Suzuki ini diadu dengan Wuling Cortez 1.5? Mana yang akan menjadi pemenang? Berikut komparasi kedua mobil MPV ini.

Desain

Berbicara soal desain, tampilan Suzuki Ertiga 2018 lebih segar dibandingkan model pendahulunya. Wuling Cortez 1.5 pun juga mempunyai desain yang juga menarik.

Hanya saja ada komentar miring yang dilontarkan kepada mobil Suzuki terbaru itu. Mobil ini dinilai meniru desain mobil lain. Terlihat dari beberapa bagian yang tampak menyerupai Toyota Kijang Innova, Mitsubishi Xpander hingga Honda CR-V.

Baca juga: Wuling Cortez 1.5 vs Mitsubishi Xpander GLS

Wuling Cortez 1.5 juga demikian. Tampilannya tampak terinspirasi dari mobil Eropa. Seperti Volkswagen Touran dan Audi Q5.

Dimensi

Soal dimensi, keduanya tidak bisa disamakan. Wuling Cortez mempunyai dimensi yang menyerupai Kijang Innova. Sementara Ertiga terbaru sama seperti mobil Low MPV lainnya.

Dimensi panjang Cortez mencapai 4.780 mm, lebar 1.816 mm, tinggi 1.755 mm, jarak sumbu roda 2.750 mm dan ground clearance 170 mm. Sementara panjang All New Ertiga 4.395 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.690 mm, wheelbase mencapai 2.740 dan ground clearance 180 mm.

 

Dimensi mobil Suzuki itu lebih panjang dan lebar dari generasi sebelumnya. Kendati begitu masih kalah besar dari Cortez. Dengan begitu bila sering bepergian dengan 8 orang, maka Wuling Cortez adalah pilihan yang tepat. Sedangkan jika sering keluar sendiri atau dipakai 5-6 orang Ertiga menjadi yang cocok untuk Anda.

Fitur

Untuk soal fitur, mari membandingkan Wuling Cortez 1.5C dengan Suzuki Ertiga GX yang lebih sepadan. Walaupun dibanderol murah, rupanya Wuling Cortez mempunyai fitur yang lebih melimpah dibandingkan Suzuki Ertiga.

Mobil Wuling ini mempunyai fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS) yang berfungsi memantau tekanan angin ban. Selain itu juga terdapat head unit monitor berukuran lebih besar, fog lamp belakang dan power outlet hingga baris ketiga.

Sementara itu Suzuki Ertiga 2018 mengandalkan tombol Start/Stop Engine untuk menghidupkan dan mematikan mesin. Untuk fitur keselamatan sama-sama bersaing. Ada dual SRS airbag dan ABS+EBD. Hanya saja Wuling Cortez sudah memakai rem cakram di bagian belakang, berbeda dengan All New Ertiga yang masih mengandalkan rem tromol.

Di samping itu Suzuki Ertiga terbaru ini mempunyai fitur Electronic Stability Program (ESP). pada Wuling Cortez fitur tersebut hanya tersedia pada varian bermesin 1.8 liter.

Performa

Lagi-lagi Wuling Cortez bermesin 1.5 liter lebih unggul dari Suzuki Ertiga yang mengandalkan mesin K15B. Hal ini tampak pada tenaga dan torsi yang dihasilkan.

Mesin Wuling Cortez dapat menghasilkan daya hingga 110 hp dengan torsi 142 Nm. Sedangkan mesin Ertiga mempunyai tenaga maksimum 104,7 hp dan torsi 138 Nm.

Meski begitu bukan berarti Cortez lebih kencang. Sebab bodi dan bobot yang berat juga patut dipertimbangkan.

Wuling Cortez 1.5 ditawarkan dalam transmisi 6-percepatan manual. Suzuki Ertiga 2018 lebih unggul lantaran tipe GL dan GX mempunyai opsi transmisi manual 5-percepatan dan matik 4-percepatan. Transmisi otomatis cocok bila Anda sering mengemudi di jalanan yang padat atau Anda yang tidak ingin capek-capek menginjak pedal kopling.

Untuk pengalaman berkendara, Wuling Cortez mempunyai sensasi pengendalian yang bagus dan nyaman. Sementara Suzuki Ertiga selama ini dikenal sebagai LMPV paling nyaman, lebih baik dari Avanza dan Mobilio. Dengan begitu semestinya All New Ertiga juga menawarkan kenyamanan yang baik, atau bahkan lebih baik dari sebelumnya.

Kesimpulan

Secara keseluruhan Wuling Cortez bisa dikatakan unggul. Fitur yang ditawarkan melimpah, tenaga dan torsi mesinnya pun juga cukup besar. Kabin mobil ini bahkan juga lega dibanding sebagian mobil keluarga lainnya. Dan yang tak kalah penting adalah harga jual yang lebih terjangkau.

Beberapa hal di atas bisa menjadi daya tarik dari Cortez. Meski begitu durabilitas, reliabilitas dan resale value belum teruji.

Sedangkan Suzuki Ertiga sudah dijual di Indonesia sejak lama. Kualitasnya pun juga telah teruji, dengan jaringan purna penjualan yang beredar luas di Indonesia.

Jadi keputusan kembali ke tangan konsumen. Jika Anda ingin memiliki mobil dengan fitur melimpah kabin lega, performa dan sensasi berkendara yang baik serta harga terjangkau, maka Wuling Cortez 1.5 menjadi pilihan yang tepat. Sedangkan jika Anda ingin memiliki mobil yang terbukti kualitasnya, dengan kenyamanan yang paling bagus dan layanan aftersales yang tersebar di seluruh Tanah Air, Suzuki Ertiga 2018 bisa dipertimbangkan.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply