Home Auto News Glory 580 vs Honda CR-V, Mana yang Memikat?

Glory 580 vs Honda CR-V, Mana yang Memikat?

0 93

Glory 580, PT Sokonindo Automobile akhirnya menghadirkan mobil pertamanya di Indonesia. Mobil itu tidak lain adalah Glory 580 yang resmi hadir di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Mobil ini menawarkan beberapa keunggulan dan daya tarik.

Salah satu yang cukup disorot banyak orang adalah tampilannya yang menyerupai dengan SUV yang dijual di Indonesia, Honda CR-V. Kendati begitu keduanya tidak tampil sama persis. Ada perbedaan yang membuat Glory 580 mempunyai ciri khas. Termasuk fitur dan harga yang ditawarkan.

Alexander Barus, CO-CEO PT Sokonindo Automobile mengatakan bahwa Glory 580 dibuat berdasar pada nilai ‘Semua Untuk Pelanggan’.

“Dengan keunggulan teknologi berplatform global milik kami, Glory 580 tersedia bagi kaum elit perkotaan di Indonesia. Di masa depan, DFSK akan menjadikan teknologi cerdas sebagai arah pengembangan Glory 580, menjadikannya model SUV baru yang lebih berkualitas dan dapat diandalkan,” jelasnya, mengutip dari laman Liputan6.

Lalu seperti apa jika Glory 580 dibandingkan dengan Honda CR-V?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut adalah komparasi keduanya. Sehingga bisa Anda jadikan pertimbangan bila tertarik untuk membeli mobil baru SUV. Kita mulai dari detail Glory 580 terlebih dahulu.

Glory 580

Mobil asal China belakangan ini sukses mencuri perhatian publik di Tanah Air. Hal itu dimulai ketika Wuling menghadirkan Confero yang dibanderol dengan harga terjangkau namun kualitas dan fitur yang ditawarkan mumpuni. Dan kini DSFK menghadirkan Glory 580.

Menariknya mobil SUV terbaru ini diklaim menggunakan teknologi terkini. Glory 580 memang dibuat di Industri Modern Cikande, Serang, Banten. Kendati begitu mobil ini diklaim mengandalkan platform R&D multinasional, seperti di Amerika Serikat, Jerman, Jepang dan China. Maka dari itu pengembangannya dianggap dapat memuaskan kebutuhan konsumen di Indonesia.

Melihat tampilannya, Glory 580 mengusung desain yang stylish lantaran untuk memenuhi selera global. Bagian grille depan diklaim dibuat impresif seperti matahari yang terbit dari garis lautan.

Sedangkan lampu utama eagle eye merefleksikan desain yang modern. Bagian samping tampak minim lekukan. Sementara bagian belakang terdapat lampu yang mengadopsi teknologi LED yang membuatnya tampak menarik dan modern.

Baca juga: 5 Fakta Honda CR-V Indonesia

Glory 580 dilengkapi dengan bagasi yang diklaim ekstra besar. Selain itu juga terdapat 30 ruang penyimpanan individual. DFSK juga membekali mobil ini dengan fitur terkini. Meliputi smartkey, electric sunroof hingga tire pressure monitoring.

Tidak hanya itu saja, mobil SUV ini juga mempunyai fitur penunjang keselamatan yang tak kalah menggoda. Belum lagi hadirnya 200 titik kendali kebisingan dan getaran (NVH) yang membuatnya lebih nyaman untuk dikendarai.

Glory 580 mempunyai Lin OS system. Fungsinya untuk memberikan respon cepat dalam mengenali suara dan semantic serta teknologi kontrol. Teknologi tersebut diklaim dapat memberikan 40 fungsi. Di antaranya remote control, entertainment, voice control dan lain sebagainya.

Melirik dapur pacunya, Glory 580 mengandalkan mesin berkapasitas 1.8 liter dan 1.5 liter. Untuk transmisi tersedia dalam dua macam, yakni manual dan otomatis CVT.

Versi mesin 1.8 liter dapat mengeluarkan tenaga sebesar 137 hp dan torsi puncak 187 Nm. Sementara mesin 1.5 liter mempunyai tenaga maksimum hingga 148 hp. Tenaga yang lebih besar ini diperoleh berkat hadirnya piranti turbo.

Harga Glory 580 bisa dikatakan murah di kelasnya. Mobil ini dibanderol dengan rentang harga Rp 220 jutaan sampai dengan Rp 350 jutaan.

Honda CR-V

Kini saatnya kita membahas detail mobil Honda ini. Perlu diketahui, mobil ini sudah cukup lama hadir di Indonesia. Model yang hadir saat ini merupakan generasi kelima. Boleh dibilang Honda berpengalaman dalam membaca kebutuhan masyarakat Indonesia akan mobil SUV.

Lewat Honda CR-V, pabrikan asal Jepang itu menawarkan beragam fitur yang tak kalah menarik dari Glory 580. Di bagian eksterior terdapat full LED headlight dengan LED dRIL, foglamp LED, Wide Fender, tailgate spoiler, shark fin antenna, rear wiper, dan lampu belakang LED light bar. Tidak hanya itu saja, di bagian roda terdapat pelek alloy berdiameter 18 inci.

Berpindah ke sektor interior, Honda CR-V menawarkan fitur yang juga cukup melimpah. Ada dual zone auto AC, leather wrapped shift knob, wood panel di bagian dashboard, hands free telephone switch, audio steering switch, cruise control, one push ignition system, setir dengan tilt dan telescopic hingga delapan speaker. Selain itu juga terdapat modern meter cluster dengan multi information LCD dan konsol tengah yang berbalut kayu.

Fitur keselamatannya juga bisa diandalkan. Terdapat enam airbags untuk tipe 1.5L Prestige. Sementara khusus tipe 1.5L dan 2.0L mempunyai fitur dual SRS airbags, emergency stop signal, hill start assist, ABS, EBD, BA dan VSA.

Berpindah ke sektor performa, Honda CR-V memakai mesin berkapasitas 1.5L Turbo. Mesin ini memiliki konfigurasi DOHC, VTEC turbo, empat silinder segaris, 16 katup dan DBW. Tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 188 hp dengan torsi puncak 240 Nm.

Sementara mesin berkapasitas 2.0L SOHC, i-VTEC, empat silinder segaris, 16 katup sanggup meletuskan tenaga hingga 151 hp pada putaran 6.500 rpm dengan torsi 189 Nm pada 4.300 rpm.

Di Indonesia Honda CR-V generasi kelima mempunyai tiga varian. Yakni 2.0L, 1.5L Turbo dan 1.5L Turbo Prestige. Harga mobil Honda ini mulai Rp 434 juta hingga Rp 508 juta.

Agar pilihan konsumen semakin beragam, Honda CR-V dijual dalam tujuh varian warna. Antara lain crystal black pearl, modern steel metalic, lunar silver metallic, white orchid pearl, passion red pearl, dan deep ocean blue, serta dark olive metallic.

Source: SUV Glory 580, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply