Home Auto News Beda Datsun Go Terbaru dan Versi Lama

Beda Datsun Go Terbaru dan Versi Lama

0 279

Datsun Go, belum lama ini Datsun menghadirkan Go dan Go+ terbaru. Ada beberapa perubahan yang bisa ditemui pada mobil Datsun terbaru ini. Salah satunya adalah tersedianya opsi transmisi X-Tronic CVT.

Selain itu desain dan fitur juga turut mendapat penyegaran supaya dapat meningkatkan pengalaman berkendara. Dilansir dari laman Oto, Masato Nakamura, Head of Datsun Indonesia menjelaskan perubahan pada mobil baru ini tergolong banyak walaupun pada dasarnya masih sama dengan Go versi lama.

“Pada dasarnya model ini, GO dan GO+ kami sebut major change. Seperti kalian bisa lihat basisnya masih sama. Tapi desainnya baru, khususnya di interior, banyak yang berubah,” jelasnya.

Lantas apa saja perbedaan Datsun Go 2018 dengan versi pendahulunya?

Eksterior

Dibandingkan dengan model sebelumnya, Datsun Go terbaru mempunyai desain wajah yang lebih segar dan modern. Grille dan bemper mendapat sentuhan revisi, termasuk penambahan lampu LED strip vertikal.

Sedangkan bagian buritan juga mendapat sedikit sentuhan penyegaran. Kini Datsun Go dilengkapi dengan tailgate atau pintu bagasi yang bisa dibuka kuncinya dengan memakai anak kunci. Di bagian belakang juga tersedia wiper yang akan memudahkan pengemudi memperoleh visibilitas yang jelas ketika berkendara di tengah hujan.

Tidak berhenti sampai di situ saja, Datsun Go 2018 juga dilengkapi dengan spion elektrik dengan lampu sein terintegrasi. Datsun juga menyematkan aero kit baru, side body moulding hingga exhaust finisher. Hanya saja kebanyakan fitur yang kami sebutkan di atas terdapat pada varian tertinggi saja, yakni T dan T Active.

Interior

Sisi interior juga turut mendapat penyegaran. Perubahan signifikan terlihat di bagian depan. Dasbor Datsun Go mempunyai tampilan yang baru dan tampak sedikit lebih mewah dari dasbor Datsun Go lama. Begitu juga dengan ventilasi AC di tengah dashboard yang berubah lebih segar.

Datsun juga melengkapi mobil andalannya ini dengan layar sentuh berukuran 6,75 inci. Layar ini dapat dihubungkan ke smartphone serta mempunyai fitur Bluetooth, USB, MP3, radio AM/FM (khusus untuk tipe T dan T Active).

Menariknya jok bagian depan tidak menyambung seperti dulu. Kini Datsun membuatnya terpisah lantaran di sisi tengah terdapat rem tangan dan konsol tengah. Layout interior Datsun Go juga mendapat perubahan. Alhasil mobil ini mempunyai lebih banyak penyimpanan sehingga memberikan kepraktisan yang lebih baik bagi pengguna.

Terdapat glove box berkapasitas 9,5 liter, bottle holder berukuran lebih besar pada trim pintu hingga ruang penyimpanan kecil di kedua sisi pengemudi. Selain itu juga terdapat power window untuk jendela pintu belakang. Hanya saja tawaran tersebut bisa ditemui pada varian T dan T Active saja.

Baca juga: Harga Datsun Go dan Go+ 2018

Datsun Go terbaru varian paling tinggi juga dilengkapi dengan lampu depan otomatis. Fitur ini sebelumnya sudah diadopsi pada Datsun Go Cross. Lalu untuk sistem penunjang keselamatan hanya ada satu kantong udara untuk pengemudi saja.

Mesin, Transmisi dan Suspensi

Beralih ke dapur pacu, Datsun Go masih mengandalkan mesin yang dengan model sebelumnya. Mesin tersebut adalah mesin 3 silinder yang mempunyai kapasitas sebesar 1,2 liter.

Hanya saja khusus varian CVT disebut-sebut ada komponen mesin yang berbeda. Di samping itu setelannya juga berbeda lantaran menyesuaikan dengan karakter X-Tronic CVT.

Datsun Go terbaru yang memakai transmisi CVT diklaim mempunyai tenaga yang lebih besar. Menurut data teknis mesinnya sanggup mengeluarkan tenaga hingga 78 PS pada putaran 6.000 rpm. Sedangkan torsi puncaknya mampu mencapai 104 Nm pada putaran mesin 4.400 rpm.

Sebagai perbandingan, Datsun Go bertransmisi manual memilki tenaga maksimum 68 PS pada 5.000 rpm dan torsi 104 Nm pada 4.000 rpm. Dengan kata lain terdapat selisih 10 PS dari versi CVT.

Tidak hanya transmisi dan mesin saja yang mendapat ubahan. Sisi suspensi juga mendapatkan peningkatan. Datsun mengatakan bahwa struktur Datsun Go terbaru ditingkatkan kekakuannya serta dilengkapi dengan suspensi hasil setel ulang.

Hal ini dilakukan untuk menciptakan pengalaman berkendara yang lebih nyaman. Suspensinya juga diklaim dapat meredam banyak guncangan ketika melewati jalanan yang tidak mulus.

“Saya rekomendasikan untuk melihat interiornya. Kalian bisa merasakan banyak poin yang sudah berubah dibanding sebelumnya. Jadi lebih mudah untuk dimengerti dari poin-poin (yang berubah) itu. Saya juga sarankan untuk test drive jadi bisa dirasakan ketenangannya dan pengendaraannya di jalanan kasar. Meski tidak bisa dilihat platformnya, tapi kami mengubah struktur bodi, jadi kalian bisa rasakan perbedaannya saat dikendarai,” ungkap Masayuki Ohsugi, GM R&D Nissan Motor Indonesia (NMI).

Varian dan Harga

Di Indonesia Datsun Go dijual dalam 4 pilihan tipe manual, yakni D, A, T dan T Active. Lalu untuk Datsun Go CVT dibagi menjadi 3 varian, antara lain A, T dan T Active.

Dengan fitur dan sektor performa yang mendapat peningkatan, harga Datsun Go terbaru juga ikut terdongkrak. Meski begitu harga mobil ini tetap bisa diterima. Datsun Go terbaru dibanderol mulai Rp 102,99 juta hingga Rp 142,19 juta untuk varian termahal, Go T Active CVT.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply