Home Auto News Atasi Idle Up Mitsubishi Xpander, Bawa ke Diler

Atasi Idle Up Mitsubishi Xpander, Bawa ke Diler

0 212

Mitsubishi Xpander, Masyarakat Tanah Air memiliki idola baru di kelas low MPV. Mobil tersebut adalah Mitsubishi Xpander yang menawarkan beragam keunggulan. Kehadiran mobil Mitsubishi terbaru ini juga sukses mendapat sambutan hangat dari konsumen. Meski begitu bukan berarti Xpander hadir tanpa kekurangan.

Ada beberapa konsumen yang mengeluhkan permasalahan pada mobil MPV ini. Bagi Anda penggemar low MPV mungkin pernah mendengar kabar putaran mesin Xpander tiba-tiba meninggi padahal pedal gas tidak diinjak dan mobil dalam keadaan diam. Permasalahan ini disebut dengan istilah idle up.

Osamu Iwaba, Direktur Marketing dan Penjualan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pernah mengatakan bahwa permasalahan mesin Mitsubishi Xpander itu sebenarnya normal dan tidak mempunyai pengaruh negatif pada mesin. Idle up menjadi bagian dari kinerja mesin.

Ia menerangkan bahwa pihaknya telah melakukan observasi dan melaporkan permasalahan tersebut ke Mitsubishi Motors Corp, Jepang. Berdasarkan hasil observasi disimpulkan bahwa idle up tersebut tidak berpengaruh pada performa mesin.

Senada dengan Iwaba, Rifat Sungkar yang merupakan brand ambassador Mitsubishi mengatakan bahwa idle up tidak berpengaruh terhadap performa mesin. Ia mengatakan idle up sebetulnya umum terjadi pada mobil lain selain Xpander.

“Saya menduga yang dimaksud idle up itu ketika mesin mobil menyala, cuaca panas, AC bekerja. Di sini ada kompresor yang juga bekerja untuk menjaga udara tetap sejuk. Kadang-kadang kalibrasi antara mesin dan AC yang tidak sinkron. Tapi ini hanya sepersekian detik saja. Tidak ada masalah,” ujarnya, melansir dari laman Tempo.

Meski begitu bukan berarti Mitsubishi angkat tangan. Pabrikan mobil berlogo tiga berlian itu berjanji untuk menghadirkan software yang bisa mengatur idle up sesuai dengan keinginan konsumen. Dan saat ini software tersebut sudah tersedia. Jika ada konsumen yang terganggu dengan idle up mesin Mitsubishi Xpander bisa langsung membawanya ke diler untuk dilakukan penyesuaian.

Imam Choeru Cahya, Head of Sales and Marketing PT MMKSI mengatakan tidak ada komponen yang diganti. Pihaknya hanya melakukan penyesuaian (tuning) saja.

Baca juga: Mitsubishi Xpander Ultimate vs Honda Mobilio RS

“Terus terang ini bukan mass produk. Jadi ini tinggal bahwa ini cocok nggak dengan habit (pengemudi). Apabila nggak cocok dengan tuning seperti itu ya datang, tapi kalo cocok AC atau on off seperti itu ya tidak apa-apa. Makanya kita serahkan ke konsumen kalau memang mau maping lagi ya silahkan,” jelasnya, mengutip dari DetikOto.

Ia mengatakan tidak semua konsumen diberi tahu untuk mengatur idle up. Sebab tidak semua konsumen mengalami hal yang sama. Oleh karena hal tersebut tidak bisa dikatakan silent recall atau kampanye.

“Pokoknya ini silahkan kepada konsumen saja. Kalau ada kesalahan baru kita wajib menginformasikan,” kata Imam.

Ia menjelaskan masalah idle up tidak membahayakan konsumen. Imam juga menegaskan tidak ada konsumen yang mengalami musibah akibat idle up tersebut.

Keputusan pihak Mitsubishi Indonesia menawarkan layanan tuning ini merupakan keputusan yang tepat. Di tengah popularitas Mitsubishi Xpander yang meroket tentu merek mobil asal Jepang itu tidak ingin kehilangan momen tersebut hanya karena masalah idle up.

Bagaimana, Anda yang memiliki Mitsubishi Xpander juga mengalami idle up? Jika terganggu dengan hal tersebut silakan membawanya ke diler Mitsubishi terdekat.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply