Home Auto News Mitsubishi Eclipse Cross Hadir di Indonesia?

Mitsubishi Eclipse Cross Hadir di Indonesia?

0 167

Mitsubishi Eclipse Cross, Ada kabar cukup menarik yang berhembus dari Mitsubishi. Pabrikan mobil asal Negeri Samurai, Jepang ini mempunyai satu model yang belum hadir di Indonesia. Mobil itu adalah Mitsubishi Eclipse Cross.

Mungkin ada sebagian pembaca yang asing dengan mobil ini. Wajar, mobil SUV Ini memang belum pernah hadir dalam pameran yang pernah diselenggarakan di Tanah Air. Akan tetapi Eclipse Cross ini sudah mulai merambah pasar Asia Tenggara. Kabar baiknya pihak prinsipal Tanah Air juga melihat potensinya untuk pasar domestik.

Hal ini diungkapkan oleh Imam Choeru Cahya, Head of Sales & Marketing Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

“Masyarakat pasti sudah mempertanyakan dan menunggu (Eclipse Cross. Apalagi dengan penyebaran informasi, sejak di Tokyo, Geneva, isunya sudah merebak, tapi semua mobil kami pelajari. Apakah cocok dengan demandnya di Indonesia. Sebelumnya, sejak era Ishimaki (Presdir Mitsubishi sebelumnya), Eclipse Cross itu salah satu model yang kami pelajari (MMKSI),” ungkapnya, dilansir dari Oto.

Hal yang disampaikan Imam memang benar. Sejak era Ishimaki Mitsubishi Indoensia tertarik untuk menghadirkan mobil baru tersebut. SUV medium ini mempunyai kabin yang akomodatif untuk mengangkut penumpang. Selain itu juga unggul dalam hal fleksibilitas ruang sehingga potensinya untuk dijual di Indonesia ada.

Dengan menghadirkan model baru di Tanah Air Mitsubishi bisa memperkuat posisinya di pasar domestik dan meneruskan kesuksesan Xpander yang mendapat respon positif dari masyarakat. Hanya saja saat ini soal kehadiran Eclipse Cross masih terus jadi pembicaraan antara MMKSI dan MMC selaku prinsipal Jepang.

Sementara itu, Irwan Kuncoro, Director of Sales and Marketing Division PT MMKSI mengungkapkan proses studi Eclipse Cross melibatkan perbandingan dengan kompetitor yang ada. Untuk diketahui, jika masuk di Indonesia Mitsubishi Eclipse Cross akan berhadapan dengan Honda CR-V. Maka model inilah yang dipelajari oleh Mitsubishi Indonesia.

Baca juga: Berkenalan dengan Mitsubishi Pajero Sport Rockford Fosgate Edition

“Saingannya dengan CRV. Ya itu yang kami pelajari, seberapa kesesuaiannya dengan pasar Indonesia. Dan tentunya visibilitas bisnis yang kami teliti,” ungkap Irwan.

Membandingkan dengan kompetitor yang ada itu penting untuk memetakan persaingannya dan juga kondisi pasar yang sudah ada. Honda CR-V sendiri sudah dirakit di Indonesia. Oleh karenanya pihak Mitsubishi tidak boleh memandang remeh terhadap SUV medium Honda itu.

Melihat spesifikasinya, Mitsubishi Eclipse Cross mengusung bodi Medium SUV. Di sisi kabin dapat memuat hingga lima orang penumpang plus fitur-fitur yang modern.

2018 Eclipse Cross

Mobil ini juga dirancang sebagai SUV sejati, terlihat dari sistem geraknya yang terbagi menjadi dua macam, yakni gerak empat atau dua roda. Untuk dapur pacunya mengandalkan mesin berkapasitas 1.5 liter dengan dukungan turbocharger. Serupa dengan yang ditawarkan pada Honda CR-V.

Mesin berkode 4B40 4-silinder itu dapat mengeluarkan tenaga sebesar 163 PS. Di Singapura harga mobil ini menembus SGD 133.999 atau Rp 1,33 miliar. Memang banderol harga yang sangat mahal.

Akan tetap juga harus diketahui bahwa harga tersebut dipengaruhi spesifikasi dan pajak di negara tersebut. Jika masuk di Indonesia bisa jadi harga Mitsubishi Eclipse Cross lebih terjangkau.

Jika nantinya mobil ini hadir di Indonesia, maka hal itu menjadi langkah yang tepat. Sebab di Indonesia tren SUV memang sedang naik daun. Terlebih kondisi medan yang beragam sehingga mengharuskan mobil mempunyai kemampuan tangguh.

Selain ketangguhan tampilan SUV memang terlihat lebih menggoda. Hal inilah yang membuat Mitsubishi menghadirkan Xpander dengan desain ala SUV yang dikemas pada sebuah Low MPV. Dan benar saja, mobil tersebut terbilang laris di pasaran.

Menurut Irwan tren SUV itulah yang menjadi salah satu faktor penting yang menentukan keberanian Mitsubishi untuk meluncurkan Eclipse Cross di Indonesia. Kita tunggu saja kabar selanjutnya dari Mitsubishi.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply