Home Auto News Kelebihan-Kekurangan Datsun Go 2018 yang Perlu Diketahui

Kelebihan-Kekurangan Datsun Go 2018 yang Perlu Diketahui

0 70

Datsun Go 2018, Berbeda dengan tahun sebelumnya, di tahun 2018 ini Datsun mulai gencar menghadirkan produk terbarunya di Indonesia. Setelah sebelumnya pabrikan mobil asal Jepang ini meluncurkan Datsun Cross, kini giliran Datsun Go terbaru yang meluncur.

Perubahan yang dibawa mobil baru Datsun ini tidak begitu banyak di sisi eksterior. Secara keseluruhan desain luarnya masih mirip dengan model pendahulunya. Kendati begitu Datsun Go dan Go+ diklaim mendapat peningkatan kualitas yang cukup besar dibandingkan model sebelumnya.

Jika tertarik untuk membeli mobil ini namun masih ragu, kami akan memberikan informasi seputar kelebihan dan kekurangan Datsun Go 2018 yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan. Sehingga Anda mempunyai gambaran apakah mobil ini sesuai dengan kebutuhan Anda.

Di sisi eksterior, tidak banyak perubahan yang dilakukan oleh Datsun. Yang baru adalah hadirnya aerokit di bagian depan, berikut lampu Daytime Running Light (DRL) LED. Lalu untuk bagian grille dan desain lampu utama tidak mendapat perubahan. Walaupun ubahannya minimalis, tampilan mobil ini cukup segar berkat hadirnya beberapa pembaruan tersebut.

Untuk bagian samping pun tidak berbeda jauh dengan model sebelumnya. Hanya saja untuk varian T-Active terdapat pemanis berupa side body molding yang membuatnya berbeda. Di samping itu mobil Datsun ini juga dilengkapi pelek berukuran 14 inci yang mendapat sentuhan desain baru.

Berpindah ke bagian buritan, Datsun Go mendapatkan ubahan yang cukup terasa. Mobil ini mendapat aerokit dan bumper belakang yang kini terlihat lebih segar. Selain itu bumper belakang yang terinspirasi dari desain diffuser itu membuat tampilan mobil menjadi sedikit lebih berkelas.

Tidak hanya itu saja, ada faktor lain yang membuat Datsun Go lebih berkelas dari sebelumnya. Terlihat dari varian bertransmisi otomatis. Datsun mempercayakan transmisi CVT (Continuous Variable Transmission). Hal ini sekaligus membuatnya keluar dari kelas Low Cost Green Car (LCGC).

Baca juga: Beda Datsun Go Terbaru dan Versi Lama

Alasannya mobil tersebut sudah tidak memenuhi syarat kandungan lokal yang ditetapkan oleh pemerintah untuk bisa memperoleh insentif. Kendati bukan lagi menjadi mobil LCGC, harga Datsun Go CVT 2018 tetap terjangkau.

Di Indonesia harga mobil ini Rp 142 jutaan. Lebih murah dari kompetitornya, Honda Brio E CVT yang dipatok Rp 152 jutaan.

Selain sisi eksterior dan transmisi, pembaruan juga merambah ke sektor interior. Datsun Go mengusung material dashboard yang lebih baik dibandingkan model sebelumnya. Sebagai pemanis juga terdapat motif serat karbon di beberapa bagian yang membuatnya semakin stylish.

Hanya saja catatan dari mobil ini terdapat pada pengaturan AC-nya. Datsun Go masih mengusung model putar, sama seperti milik Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Berbeda dengan Honda Brio yang sudah mengandalkan tombol dan layar digital untuk pengaturan AC.

Untuk tawaran menarik lainnya terdapat pada konsol tengah yang dilengkapi dengan sistem multimedia layar sentuh. Head unit audio mobil baru ini mempunyai dukungan konektivitas USB, AUX hingga kemampuan untuk terhubung dengan smartphone via fitur miracast. Dengan begitu layar multimedia Datsun Go bisa menampilkan navigasi dari smartphone.

Kelebihan lain dari mobil ini terdapat pada bagian struktur rangkanya. Datsun Go 2018 diklaim dirancang dengan struktur rangka yang lebih kuat. Selain itu juga banyak peredam yang disematkan pada mobil ini guna meningkatkan kesenyapan kabin.

Lalu bagian kursi depan kini dibuat terpisah oleh tuas rem tangan, tidak lagi menyatu seperti model sebelumnya. Pembaruan lain ada pada suspensi yang kini dapat meredam guncangan lebih baik lagi. Alhasil kenyamanan Datsun Go 2018 menjadi lebih baik.

Berpindah ke sektor dapur pacu, Datsun GO 2018 masih mengusung mesin lama berkapasitas 1,2 liter, 3 silinder. Tenaganya mencapai 68 PS dengan torsi maksimum 104 Nm. Jika ingin yang sedikit lebih bertenaga pilihannya adalah yang transmisi CVT. Model ini bisa mengeluarkan tenaga 78 PS sehingga bisa lebih diandalkan untuk melewati jalanan menanjak.

Terlepas dari beragam keunggulan tersebut, Datsun Go terbaru tetap saja mempunyai beberapa kekurangan. Salah satunya terlihat dari ketersediaan fitur yang tidak terlalu banyak.

Mobil ini belum dilengkapi dengan fitur kamera parkir. Tombol audio di setir kemudi juga belum tersedia.

Kendati demikian seluruh pintu mobil sudah dilengkapi dengan power window. Mobil ini juga mempunyai fitur kaca spion dengan pengaturan elektrik serta fitur wiper belakang. Tidak hanya itu, mobil ini juga mempunyai fitur lampu utama otomatis yang dapat menyala sendiri ketika cahaya di luar gelap.

Poin minus lain dari mobil ini adalah handle pintu model lama yang kurang menarik. Di bagian pintu bagasi juga tidak terdapat handle. Tidak hadirnya defogger juga perlu menjadi catatan bila Anda menganggapnya sebagai salah satu prioritas.

Kesimpulan

Dengan banderol harga mulai Rp 102,9 sampai Rp 142,1 juta, Datsun Go 2018 menawarkan beragam pembaruan yang tidak begitu terlihat dari sisi luar. Datsun tampaknya lebih fokus pada peningkatan kualitas dan kenyamanan berkendara dari mobil ini. Terlihat dari sisi interior yang cukup banyak berubah.

Menurut kami Datsun GO CVT menjadi pilihan yang menarik, terutama bila Anda tinggal di daerah perkotaan dengan lalu lintas yang padat. Sehingga Anda tidak terlalu lelah karena terlalu sering menginjak pedal kopling.

Apalagi varian transmisi CVT lebih bertenaga dibandingkan versi transmisi manual. Sehingga untuk diajak bepergian jauh pun tidak akan menjadi masalah untuk Anda.

Memang fitur yang ditawarkan belum terlalu lengkap. Hal inilah yang perlu Anda cermati dan cocokkan dengan kebutuhan.

Itulah kelebihan dan kekurangan Datsun Go 2018 yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply