Home Auto News Viar E-Cross Segera Hadir, Motor Offroad Bertenaga Listrik

Viar E-Cross Segera Hadir, Motor Offroad Bertenaga Listrik

Viar E-Cross, Saat ini era motor listrik telah dimulai. Tidak mengherankan bila beberapa produsen motor mulai memperkenalkan motor listrik buatannya. Salah satunya adalah Viar. Setelah cukup sukses menarik perhatian dengan menghadirkan skutik listrik berdesain unik, kini Viar berencana untuk memasarkan motor listrik terbaru yang diberi nama Viar E-Cross.

Berbeda dengan model sebelumnya, motor baru ini berjenis offroad. Jika melihat desainnya motor listrik ini mempunyai bodi yang sangat ramping. Bahkan saking rampingnya motor ini tampak seperti sepeda gunung.

Melihat spesifikasinya, Viar E-Cross dirancang dengan memanfaatkan rangka berbahan aluminium. Hal ini membuat motor tersebut lebih ringan. Total bobotnya hanya berkisar 50 kg saja.

Selain itu bobot yang ringan juga didukung dengan minimnya komponen yang menempel di bodi. Motor ini juga dibekali dengan jok single seater. Di bagian depan terdapat lampu utama seperti komponen tambahan berbentuk bulat. Motor offroad ini juga tidak dilengkapi dengan lampu sein.

“Hadirnya Viar E-Cross merupakan jawaban dari komitnen kami mengembangkan kendaraan listrik guna memenuhi keinginan penyuka offroad, sekaligus menjawab keraguan bahwa sepeda motor listrik trail memiliki kemampuan seperti sepeda motor trail konvensional. Kami berharap masyarakat semakin terbuka wawasannya,” terang Haryadi, Area Marketing Manager PT Triangle Motorindo, sebagaimana dilansir dari laman Oto.

Mengenai fitur, Viar E-Cross membawa beberapa fitur yang siap menemani petualangan penggunanya. Seperti hadirnya suspensi belakang model multi-link central tipe Intersect TR. Motor ini juga dilengkapi dengan rem cakram di kedua rodanya. Untuk sektor ban memakai jenis offroad berukuran 70/100-19 inci.

Melihat dimensinya, motor offroad listrik ini mempunyai panjang 1.870 mm, lebar 780 mm dan tinggi mencapai 1.040 mm. Untuk ground clearance-nya mencapai 270 mm yang cukup mumpuni untuk dipakai melalui jalanan yang tidak rata. Meski berbodi ramping, motor ini diklaim dapat menahan bobot pengendara hingga 130 kg.

Baca juga: Plus-Minus Motor Listrik Viar Q1

Tidak hanya itu, Viar E-Cross ternyata juga dilengkapi dengan sistem penggerak yang unik. Viar menyematkan generator model Axial Flux yang mempunyai Multi Stage Coaxial Transmission. Ada dua penerus daya, yakni sabuk atau belt dan rantai. Sabuk dimanfaatkan untuk mengakomodir putaran tinggi generator elektrik, lalu diteruskan oleh rantai ke roda belakang.

Viar E-Cross terbagi menjadi dua tipe, yakni Lite dan Advance. Kedua varian ini sama-sama dilengkapi dengan baterai lithium sebagai penyedia tenaganya. Hanya saja spesifikasinya saja yang berbeda.

Untuk Viar E-Cross Lite mempunyai spesifikasi 48 Volt / 25 Ampere. Lalu untuk Viar E-Cross Advance mencapai 60 Volt / 25 Ampere. Menariknya baterai varian Advance ini dapat diisi ulang lebih cepat. Waktu yang dibutuhkan hanya 3 jam.

Sedangkan untuk tipe Lite membutuhkan waktu pengisian daya selama 6 jam. Haryadi mengatakan Viar E-Cross dapat dipakai dalam kondisi medan dengan kemiringan 35 derajat, bahkan bisa sampai 45 derajat.

Menariknya motor baru ini akan dipasarkan pada akhir 2018 ini. Sayangnya harga motor baru ini masih rahasia. Hanya saja disebutkan bahwa komponen Viar E-Cross mayoritas berasal dari China. Sedangkan proses perakitan dilakukan di pabrik Viar yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply