Home Auto News Melihat Nissan Serena S-Hybrid yang Rilis di Malaysia

Melihat Nissan Serena S-Hybrid yang Rilis di Malaysia

0 130

Nissan Serena, Kabar baru datang dari Negeri Jiran, Malaysia. Di sana Nissan barus aja meluncurkan Serena S-Hybrid. Edaran Tan Chong Motor (ETCM) selaku distributor resmi Nissan menghadirkan mobil baru ini dalam dua varian, yakni Higway Star dan Premium Highway.

Lantas seperti apa detail dari mobil MPV hybrid ini? Berikut detail selengkapnya.

Pertama-tama mari kita lihat spesifikasi mesinnya. Nissan Serena S-Hybrid mengandalkan mesin MR20DD 4-silinder berkapasitas 2,0 liter. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga hingga 150 PS pada putaran 6.000 rpm dengan torsi puncak 200 Nm pada putaran mesin 4.400 rpm.

Mesin tersebut dikombinasikan dengan penggerak roda depan dan transmisi CVT. Di samping itu Nissan juga menambahkan motor elektrik berdaya 2,6 PS dengan torsi 48 Nm yang nantinya membantu dorongan awal saat Serena S-Hybrid ini berakselerasi dari posisi diam.

Tidak hanya itu, sistem hibrida ini juga berfungsi mengatur Idling Stop System dan regenerasi energi yang terbuang. Nissan mengklaim konsumsi bahan bakar Serena S-Hybrid ini bisa mencapai 14,2 km/liter menurut situs European NEDC. Menariknya dengan perolehan tersebut mobil Nissan ini mendapat insentif dari pemerintah sebagai EEV (energy efficient vehicle).

Berpindah ke interior, Nissan Serena S-Hybrid mempunyai tampilan yang lebih modern. Di bagian dashboard mendapat sentuhan tekstur halus yang dijahit. Juga terdapat layar berukuran 7 inci yang berfungsi sebagai multi information display.

Layar ini mendukung Apple CarPlay dan Android Auto. Lalu juga ada speedometer dan tachometer yang tampil futuristik.

Nissan juga menyematkan fitur AC otomatis dengan climate control. Menghidupkan mesin juga lebih mudah dengan hadirnya tombol untuk menghidupkannya. Juga tersedia fitur Keyless entry dan AC yang bisa dirasakan oleh penumpang belakang.

Tidak berhenti sampai di situ, tingkat keheningan kabin diklaim meningkat lantaran Nissan memberi immaterial peredam suara di sekitar rumah roda. Selain itu juga terdapat fitur tujuh port USB yang tersebar di seluruh kabin. Colokan ini bisa dimanfaatkan untuk mengisi daya smartphone pengguna.

Untuk fitur keselamatan, Nissan Serena S-Hybrid mempunyai fitur 6 airbag, rem dengan ABS, EBD, BA dan kontrol stabilitas.

Kabin mobil MPV Nissan ini mepunyai tampilan yang sedikit berbeda dari varian standar. Kursinya kini menjadi tujuh buah, dari yang sebelumnya mencapai 8-seater. Yang berbeda ada di baris kedua. Jok kecil di tengah yang bisa dilipat hilang sehingga di baris tengah terdapat dua captain seat.

Pilihan warnanya ada beberapa macam. Yang pertama warna hitam yang dominan, lalu berikutnya adalah opsi kombinasi dua warna dengan pembungkus jok berwarna terang.

Di sisi eksterior Nissan Serena S-Hybrid mempunyai lampu LED dan lampu kabut atau fog lamp. Sedangkan di bagian belakang desain kabin tampak mengambang berkat warna pilar hitam. Juga tersemat pelek alloy berukuran 15 inci.

Khusus varian atas Premium Highway Star route menggunakan pelek berukuran 16 inci, dengan kabin dua warna plus pembungkus jok berbeda, layar 10,1 inci yang terpasang di atap untuk penumpang bagian belakang dan fitur lain yang tidak ada pada varian bawahnya.

Di Malaysia harga Nissan Serena S-Hybrid varian Highway Star mencapai RM 135.500 atau mencapai Rp 480 jutaan. Sedangkan tipe Premium Highway Star dibanderol RM 147.500 atau setara Rp 523 jutaan.

Mengingat Nissan Serena S-Hybrid sudah rilis di dekat Indonesia bukan tidak mungkin mobil ini juga akan hadir di Tanah Air nantinya. Saat ini tren mobil listrik mulai berkembang di Indonesia. Infrastruktur pun juga mulai dibenahi untuk menyambut era kendaraan tanpa polusi itu.

Maka dari itu kendaraan hybrid menjadi langkah awal yang tepat bagi pabrikan mobil untuk memperkenalkan teknologi terkini kepada masyarakat. Hanya saja yang menjadi permasalahan adalah harga mobil itu sendiri. Sebab harga mobil hybrid umumnya tinggi. Kita lihat saja nanti.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply