Home Motor Motor Bebek Motor Bebek 2-Tak Favorit Anak Muda 90-an, Pernah Punya?

Motor Bebek 2-Tak Favorit Anak Muda 90-an, Pernah Punya?

0 342

Motor Bebek, Saat ini motor matic menjadi idola sejuta umat. Akan tetapi bila menengok beberapa tahun silam motor bebek banyak diminati oleh masyarakat, termasuk motor bebek 2-tak. Motor ini biasanya diidolakan oleh generasi muda di tahun 1990-an.

Bukan tanpa alasan, motor bebek 2-tak difavoritkan banyak orang lantaran performanya. Motor ini memiliki performa yang tergolong mumpuni seperti motor balap.

Tidak hanya itu, desain motor bebek ini juga bernuansa balap jalanan alias road race. Itulah yang membuat motor bebek 2-tak banyak digemari oleh anak muda pada zamannya.

Berbicara soal motor bebek 90-an, setidaknya ada 3 motor yang sangat laris pada zaman dulu. Berikut adalah ketiga motor bebek 2-tak itu.

Yamaha F1ZR

Mungkin Anda tidak asing dengan motor Yamaha yang satu ini. Motor ini memang tidak hanya tenar pada zamannya, namun juga sampai detik ini.

Bukan tanpa alasan, Yamaha F1ZR mempunyai tenaga yang bisa dibanggakan. Motor Yamaha F1ZR ini mengandalkan mesin 1-silinder 2-tak berkapasitas 110cc.

Hanya saja lantaran regulasi emisi EURO-3 motor ini berhenti produksi di tahun 2000-an. Kendati begitu sampai sekarang masih banyak pemilik yang menjaga F1ZR ini. Bahkan juga ada yang membuatnya terlihat seperti baru.

Yamaha 125Z

Selain F1ZR, Yamaha 125Z juga tak cukup digandrungi kaum muda era 90-an. Memang motor ini tidak begitu populer dibanding saudaranya. Alasannya motor ini didatangkan utuh alias completely built-up (CBU) dari Negeri Jiran, Malaysia. Alhasil harga motor Yamaha ini menjadi cukup mahal.

Baca juga: Motor Jadul Honda, Yamaha dan Suzuki Pertama di Indonesia

Walaupun begitu segelintir orang tetap mengidolakan motor ini. Terlebih Yamaha 125Z berhasil mendominasi berbagai ajang road race di tahun 1990-an sampai 200-an. Sayangnya popularitas 125Z hanya sebentar. Motor ini juga menjadi korban dari diberlakukannya emisi EURO-3.

Suzuki Satria 120

Sebelum mempunyai Satria 150, Suzuki lebih dulu memasarkan Satria 120 atau yang juga disebut dengan nama Satria Hiu. Motor bebek 2-tak berlogo “S” ini mendapat julukan tersebut lantaran dek tengahnya yang terlihat mirip dengan insang hiu.

Prestasi motor bebek ini salah satunya sempat menjadi pesaing Yamaha F1ZR di ajang road race nasional. Hanya saja lantaran kapasitas mesinnya yang tanggung membuat motor Suzuki ini harus bore-down menjadi 110 cc atau ditingkatkan menjadi 125 cc.

Itulah 3 motor bebek 2-tak yang banyak dilirik kaum muda di tahun 1990-an. Memang masa keemasan motor 2-tak sudah berlalu. Akan tetapi tetap ada masyarakat yang mempertahankan motor ini sebagai koleksi ataupun penyimpan kenangan.

Memiliki motor jadul bisa dikatakan menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya. Apalagi jika motor tersebut menyimpan hal atau kenangan yang tak ternilai oleh materi. Bagaimana, apakah Anda menjadi salah satu pemilik dari motor bebek 2-tak di atas?

Source: motor jadul, harga satria 2 tak hiu, motor satria 2 tak, satria 2 tak, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply