Home Auto News Inikah Suzuki GSX-R300, Rival Ninja 250 dan CBR250RR Sesungguhnya?

Inikah Suzuki GSX-R300, Rival Ninja 250 dan CBR250RR Sesungguhnya?

0 102

Suzuki GSX-R300, Saat ini Suzuki Indonesia boleh bangga dengan hadirnya GSX-R150 yang berhasil mencuri perhatian pecinta motor sport Tanah Air. Akan tetapi saat ini pabrikan motor berlogo “S” itu belum punya cukup nyali untuk terjun di pasar sportbike bermesin 250 cc.

Padahal sebenarnya Suzuki mempunyai GSX-250R jika ingin berhadapan dengan Kawasaki Ninja 250 dan Honda CBR250RR. Akan tetapi hal ini tentu saja bukan tanpa alasan.

GSX-250R tidak hadir di Indonesia lantaran performanya yang kalah saing dari rivalnya di segmen sport 250 cc. Oleh karena itu PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) belum juga menghadirkan motor baru itu di Indonesia.

Kendati begitu ada kabar baik jika Anda tengah menanti kehadiran motor sport Suzuki bermesin lebih besar dari GSX-R150. Suzuki diketahui tengah menyiapkan motor sport full fairing baru. Motor itu konon adalah Suzuki GSX-R300. Jika benar maka bisa jadi motor ini menjadi rival yang pantas bagi Ninja 250 dan CBR250RR.

Bahkan bocoran sketsa dari motor Suzuki terbaru ini juga sudah beredar di internet. Menurut gambar tersebut dapat dilihat bahwa GSX-R300 mengandalkan mesin berkonfigurasi dua silinder generasi terbaru. Mesin motor ini juga sudah mengadopsi teknologi DOHC dan pendingin cairan.

Menurut Bennetts.co.uk yang dilansir dari laman Oto, kemungkinan mesinnya berbagi dimensi internal GSX-R150. Dengan menggandakannya menjadi dua silinder, maka Suzuki bisa menciptakan motor dengan performa yang kompetitif.

Sayangnya belum ada bocoran seputar performa dari mesin motor baru Suzuki ini. Akan tetapi bila ingin bisa bersaing dengan Kawasaki Ninja 250 maupun Honda CBR250RR maka harus bisa menghasilkan performa di atas 39 PS dan torsi lebih dari 23 Nm.

Baca juga: Detail Spesifikasi Suzuki GSX-250R

Sebagai informasi, Suzuki GSX-250R mengusung mesin yang sama dengan Inazuma 250. Yakni mesin dua silinder SOHC dengan karakter long stroke. Tenaganya bisa menembus 24,5 dk dengan torsi 23,4 Nm. Mesin ini dikombinasikan dengan transmisi 6-percepatan.

Menariknya Suzuki GSX-R300 ini sudah mengadopsi rangka bergaya teralis, mirip dengan yang digunakan CBR250RR. Selain itu suspensi depannya sudah memakai jenis upside down yang dikenal sanggup memberikan kestabilan yang baik dan dapat diajak bermanuver dalam kecepatan tinggi. Lalu untuk bagian belakang memakai lengan ayun aluminium yang diprediksi dikombinasikan dengan suspensi belakang monoshock.

Lantas bagaimana dengan desain motor sport Suzuki ini?

Menurut gambar yang beredar, tampilan motor ini tidak berbeda jauh dengan GSX-R150. Ada beberapa kemiripan seperti hadirnya stang jepit, jok terpisah antara penumpang dan pengendara hingga pelek 10 palang khas motor sport Suzuki. Begitu juga dengan lampu depan yang mengusung model tunggal.

Menurut informasi Suzuki GSX-R300 ini diprediksi akan meluncur pada penghujung 2018 nanti. Kemungkinan motor ini diperkenalkan di EICMA tahun ini dan baru resmi dijual tahun berikutnya. Hanya saja belum dapat diketahui apakah motor ini akan diproduksi di Indonesia atau tidak.

Jika dijual di indonesia, bukan tidak mungkin Suzuki GSX-R300 ini berubah memakai mesin 250 cc. tujuannya supaya tidak terkena pajak yang lebih besar. Dengan demikian harga Suzuki GSX-R300 ini bisa kompetitif dengan rivalnya.

Tidak hanya menyiapkan versi full fairing-nya saja, Suzuki juga menyiapkan versi naked bike yang diberi nama GSX-S300. Nantinya motor ini akan berhadapan dengan Yamaha MT-25 dan juga Kawasaki Z250 jika dipasarkan di Indonesia.

Terjun di segmen sportbike 250 cc memang bukan perkara gampang, terlebih saat ini ada Kawasaki Ninja 250 yang tidak hanya baik dalam hal penjualan namun juga spesifikasinya yang menggoda. Selain itu juga ada Honda CBR250RR dan Yamaha R25 yang juga tak kalah menarik. Maka dari itu perlu perhitungan tepat supaya motor sport Suzuki nantinya laris manis di kelasnya.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply