Home Mobil Tips Servis Mobil Untuk Mudik, Cek 4 Komponen Ini

Tips Servis Mobil Untuk Mudik, Cek 4 Komponen Ini

0 118

Servis Mobil, Tidak terasa kita kembali berjumpa dengan bulan Ramadhan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pastinya sebagian masyarakat bersiap-siap untuk mudik atau pulang ke kampung halaman. Hal ini sudah menjadi tradisi di Indonesia.

Tidak hanya itu, sebagian besar masyarakat biasanya memilih kendaraan pribadi untuk dipakai mudik. Beberapa pertimbangan seperti kenyamanan, kemudahan dan privasi membuat masyarakat masih suka memakai mobil sendiri untuk pulang kampung.

Biasanya mudik identik dengan perjalanan jauh yang tak jarang berhadapan dengan kemacetan panjang. Hal semacam ini menuntut kondisi kendaraan harus selalu prima. Maka dari itu persiapkan jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan.

Baik mobil baru maupun bekas perlu dicek sebelum dipakai mudik. Indah Yuliana, Kepala Bengkel Auto2000 mengatakan bagi pemilik mobil baru ataupun seken wajib memperhatikan sejumlah hal. Meliputi mesin, oli mesin, pendinginan, sistem rem hingga aki.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda cermati sebelum mudik:

Lakukan Servis Berkala

Servis berkala adalah hal yang tidak boleh Anda lewatkan, terutama bila mobil akan dipakai untuk bepergian jauh. Cermati capaian kilometer mobil Anda. Jika kilometernya masuk periode servis berkala, maka lakukan servis berkala.

Dalam servis berkala akan dilakukan pengecekan mesin. Hal ini penting untuk persiapan perjalanan jarak jauh. Di samping itu jangan lupa untuk mengecek dan mengganti oli mesin, baik dalam segi kualitas ataupun kuantitas.

Baca juga: Ciri-Ciri Mobil Butuh Servis

“Apakah cukup dan kondisinya bagaimana. Kalau olinya kurang, apa kurangnya normal atau tidak. Ada bocor gak, kualitasnya bagaimana. Komponen lain juga dilakukan penyetelan, pembersihan, dan lainnya,” jelas Indah, dikutip dari Liputan6.

Sistem Pengereman

Bagian berikutnya yang tak boleh dilewatkan adalah mengecek sistem pengereman. Komponen ini sangat penting karena berpengaruh terhadap keamanan selama perjalanan.

Untuk perjalanan jauh, maka akan diperiksa ketebalan kampas remnya, apakah masih memadai untuk perjalanan jarak jauh atau tidak. Selain itu juga perlu dilakukan pembersihan dan penyetelan ulang. Dengan demikian sistem rem mobil Anda dapat bekerja dengan baik.

Radiator dan Kaki-Kaki

Mesin, radiator atau air pendingin menjadi komponen berikutnya yang harus diperiksa. Cooling system perlu dicek, begitu juga dengan kaki-kaki kendaraan. Tujuannya supaya perjalanan tetap nyaman.

Baca juga: 10 Bagian Mesin Mobil yang Perlu Diperiksa Sebelum Mudik

Indah menyarankan kepada pemilik mobil untuk melakukan penyetelan pengencangan di bawah kendaraan. Lalu jika kilometer sudah masuk lebih baik dilakukan servis berkala supaya lebih menghemat biaya, ketimbang melakukan servis terpisah-pisah.

Aki

Komponen pertama yang perlu diperiksa adalah aki atau baterai. Untuk komponen ini bisa dicek dengan menggunakan battery checker untuk mengetahui kondisi baterainya sudah berapa persen.

“Dalam pengecekan ini ada tiga hal yang dilihat apakah status baterai itu reboot, replace, atau recharge. Bagaimana kondisinya harus dipastikan,” kata Indah.

Ia menambahkan jika statusnya harus di-recharge atau diisi ulang, maka pemilik harus charge dulu. Sebab mobil akan dipakai untuk perjalanan jauh. Jika tidak mobil bisa mogok di tengah jalan saat sedang terjebak macet atau berhenti.

Itulah beberapa tips cek mobil sebelum mobil. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply