Home Mobil Tips Sewa Mobil untuk Mudik Lebaran Beserta Kisaran Harga

Tips Sewa Mobil untuk Mudik Lebaran Beserta Kisaran Harga

0 147

Sewa Mobil, Sudah merupakan tradisi masyarakat Indonesia untuk mudik atau pulang ke kampung halaman saat libur lebaran tiba. Hal ini dilakukan sebab sebagian masyarakat merantau ke kota untuk mencari penghasilan.

Mudik biasanya identik dengan perjalanan yang jauh dan melelahkan. Maka dari itu persiapan untuk mudik perlu disusun sejak jauh-jauh hari. Seperti akan naik apa nantinya.

Saat ini pemerintah dan beberapa perusahaan swasta sudah menawarkan mudik gratis kepada masyarakat. Anda sendiri juga bisa memanfaatkan kendaraan umum seperti bus, kereta, pesawat terbang ataupun kapal laut untuk pulang ke kampung halaman tercinta. Jika dirasa kurang nyaman, maka bisa dengan menggunakan mobil pribadi.

Jika tidak mempunyai mobil pribadi, maka bisa memilih rental mobil sebagai alternatifnya. Banyak orang yang menyewa mobil untuk mudik. Maka dari itu ada hal-hal dan persiapan yang perlu Anda ketahui.

Menyewa kendaraan perlu memperhatikan beberapa faktor, seperti jenis kendaraan dan waktu sewa. Perlu diketahui, di saat seperti sekarang ada lebih banyak orang yang menyewa mobil dibanding bulan-bulan biasanya.

Maka dari itu Agus Riyadi, COO Trac Astra Rent a Car menganjurkan calon konsumen untuk melakukan pemesanan sewa sejak jauh hari. Dengan demikian calon konsumen bisa memperoleh mobil yang diinginkan.

“Misal satu bulan sebelumnya sudah booking karena semakin dekat hari H semakin sulit mendapatkan unit,” ujarnya, dikutip dari laman Beritagar.

Agus menjelaskan sampai awal Mei 2018 perusahaannya masih mempunyai sekitar 1.200 unit mobil penumpang di seluruh jaringannya di Indonesia. Bahkan juga tersedia 184 bus yang dapat disewa korporasi untuk kebutuhan mudik karyawannya.

Ia menambahkan peningkatan biasanya terjadi menjelang lebaran. Kenaikannya sekitar 20-30 persen dari bulan biasanya. “Kami sudah punya konsumen loyal sehingga sejak jauh-jauh hari sudah pesan untuk mudik nanti,” ungkap Agus.

Persiapan

Mempersiapkan dana untuk menyewa mobil menjadi keharusan yang tak boleh dilewatkan. Di samping itu waktu sewa dan jenis mobil yang akan disewa juga tak kalah penting. untuk jenis mobil Anda perlu mencermati jumlah penumpang yang nantinya ikut serta.

Jika tidak terlalu banyak maka mobil berukuran kecil seperti city car bisa menjadi pilihan jika memang muat. Atau Anda juga bisa memilih mobil MPV yang bisa memuat hingga 7 penumpang dan juga membawa banyak barang bawaan. Intinya jangan sampai salah menyewa jenis mobil.

Selain itu jangan lupa untuk mencermati kondisi jalur yang akan dilewati. Hal ini dijadikan sebagai pertimbangan juga dalam memilih jenis mobil. Apakah nantinya Anda akan melalui daerah perbukitan atau melewati jalur semi permanen.

Baca juga: Tips Pintar Saat Melakukan Sewa Mobil

Menanyakan seputar syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi konsumen juga perlu Anda tanyakan kepada pihak rental. Dengan begitu Anda benar-benar paham apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan sehingga tidak merugikan Anda sendiri di kemudian hari. Asuransi kendaraan juga perlu ditanyakan kepada perusahaan rental.

Anda juga wajib menanyakan kondisi mobil yang akan disewa. Meliputi servis, kondisi kabin, ban, lampu dan bagian-bagian lainnya. Apabila anda cukup paham soal teknis kendaraan Anda bisa meminta informasi lengkap dari tempat sewa kendaraan.

Paket dan Harga

 

Selain persiapan di atas, durasi peminjaman mobil juga perlu dipikirkan. Sebab perusahan rental biasanya memberikan paket periode tertentu. Seperti 1 hari, 3 hari, 7 hari, 10 hari atau bahkan bisa sampai 2 pekan. Selain itu pastikan pula apakah perusahaan rental menawarkan layanan lepas kunci atau menyertakan sopir.

Bambang H Winarto, Marketing salah satu perusahan rental mobil di Kalibata, Pancoran Jakarta Selatan mengatakan saat ini sudah banyak masyarakat yang masuk dalam daftar penyewaan kendaraan untuk keperluan mudik. Permintaan terbesar datang dari mobil keluarga alias MPV.

Lebih lanjut Bambang mengatakan mobil keluarga yang banyak diewa adalah Toyota Kijang Innova. Setelah itu ada model SUV seperti Mitsubishi Pajero Sport atau Toyota Fortuner.

Pihaknya memberlakukan sistem paket bagi para konsumen yang ingin mudik dengan memakai mobil rental. Syaratnya, konsumen harus melunasi pembayaran tiga haris sebelum tanggal sewa. Pemesanan dinyatakan sah bila pembayaran uang muka sudah masuk sebesar 50 persen.

Sebagai referensi berikut adalah harga sewa mobil yang ditawarkan oleh salah satu perusahaan rental mobil, sebagaimana diinformasikan dari Beritagar:

Berikut sopir:

Sewa 10 hari

  • Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga M/T = Rp 5,5 juta,
  • All New Toyota Innova G M/T= Rp 8 juta,
  • Honda Mobilio E CVT A/T = Rp 6,5 juta,
  • Mitsubishi Pajero Sport A/T Diesel= Rp 13 juta,
  • Toyota Fortuner VNT TRD A/T Diesel = Rp 13 juta.

Sewa 13 hari

  • Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga M/T = Rp 6,5 juta,
  • All New Toyota Innova G M/T= Rp 9,5 juta,
  • Honda Mobilio E CVT A/T = Rp 7,7 juta,
  • Mitsubishi Pajero Sport A/T Diesel= Rp 16 juta,
  • Toyota Fortuner VNT TRD A/T Diesel = Rp 16 juta.

Lepas kunci:

Sewa 1 hari

  • Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga M/T = Rp 350 ribu,
  • All New Toyota Innova G M/T = Rp 500 ribu,
  • Honda Mobilio E CVT A/T = Rp 450 ribu,
  • Mitsubishi Pajero Sport A/T Diesel= Rp 7 juta.

Sewa 7 hari

  • Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga M/T = Rp 2,1 juta,
  • All New Toyota Innova G M/T = Rp 3,5 juta,
  • Honda Mobilio E CVT A/T = Rp 2,8 juta.

Perlu diingat, harga sewa mobil di atas merupakan tawaran dari salah satu perusahaan rental mobil. Dengan kata lain harga sewa mobil di tempat lain bisa saja berbeda. Meski begitu Anda bisa menjadikan informasi di atas sebagai gambaran.

Untuk informasi selengkapnya Anda bisa bertanya soal harga kepada beberapa perusahaan rental mobil terdekat di kota Anda. Lalu Anda bisa membandingkannya mana yang lebih terjangkau dan mempunyai layanan paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan seputar tips sewa mobil untuk mudik lebaran. Semoga bermanfaat dan semoga perjalanan mudik Anda nyaman serta selamat sampai tujuan.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply