Home Auto News 3 Fakta Honda PCX Hybrid 2018, Simak Sebelum Beli

3 Fakta Honda PCX Hybrid 2018, Simak Sebelum Beli

0 131

Honda PCX Hybrid, Pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan beberapa motor baru. Salah satunya yang cukup banyak dilirik pengunjung adalah Honda PCX Hybrid. Kabar baiknya motor Honda terbaru ini akan diproduksi dan dipasarkan pada semester dua tahun ini.

Daya tarik pada motor matic bongsor ini terletak pada dapur pacunya. Sesuai namanya, Honda PCX dilengkapi dengan baterai lithium-ion yang bersanding dengan mesin konvensional. Baterai ini diklaim bisa meningkatkan torsi dan juga akselerasi sehingga menjadi lebih responsif.

Selain itu ada beberapa fakta menarik seputar Honda PCX Hybrid ini. Berikut adalah beberapa fakta tersebut.

Usia Baterai 8 Tahun

Baterai lithium yang disematkan pada Honda PCX Hybrid ternyata mempunyai masa pakai. Endro Sutarno, Technical Service Training Instructor PT Astra Honda Motor mengatakan baterai motor matic Honda itu berumur hingga 8 tahun. Sedangkan masuk 5 tahun sudah mengalami penurunan performa.

“Lithium normalnya 8 tahun (umurnya), biasanya masuk 5 tahun itu sudah mengalami penurunan (performa). Ibaratnya baterai penuh 80 persen setelah 4 tahun bisa jadi 60 persen,” ujarnya, mengutip dari laman Otosia.

Ia menambahkan baterai lithium-ion pada Honda PCX Hybrid terbilang awet dan tidak mudah rusak. Dengan catatan jangan terlalu lama untuk tidak menghidupkan motor.

Hanya saja harga baterai ini sendiri rupanya cukup mahal, bisa sampai Rp 10 jutaan. “Sekitar Rp 9-10 juta, kira-kira segitu ya,” jelasnya.

Untuk mengetahui baterai sudah lemah atau belum caranya tidaklah sulit. Anda tidak perlu membongkar jok lalu memeriksanya sendiri. Sebab Honda memberikan indikator baterai yang dapat dilihat di speedometer PCX Hybrid.

Baca juga: Yamaha NMAX vs Honda PCX 2018

“Indikator lampu lithium-ion-nya untuk yang tipe hybrid di sebelah kanan panel meternya, bila itu menyala berarti tandanya baterai sudah soak atau lemah. Kemudian liat bar status pengisian baterai kalau status pengisiannya kosong ya harus di-charge,” kata Endro.

Menariknya pengisian daya baterai motor Honda ini dilakukan dengan menghidupkan mesin. Akan tetapi Endro mengatakan bahwa jika daya baterai tidak bertambah, maka artinya komponen tersebut harus diganti.

Endro menjelaskan, baterai yang sudah tidak dapat digunakan lagi akan didaur ulang. Sehingga tidak akan menimbulkan pencemaran yang berbahaya. Pihaknya telah bekerja sama dengan perusahaan daur ulang untuk masalah baterai Honda PCX Hybrid ini. Hanya saja Endro tidak bersedia untuk menyebutkan nama perusahaan tersebut.

“Nanti baterai yang sudah tak terpakai akan dikirim dari Diler ke pusat dan disini akan kita packing dan kirim ke perusahaan pengelola limbah,” jelasnya, dilansir dari Okezone.

Boleh Dicuci, Asal …

Karena berjenis motor hybrid, Honda PCX mempunyai komponen kelistrikan yang lebih banyak dibanding motor konvensional. Kendati begitu motor ini tetap boleh untuk dicuci, hanya saja tidak boleh sembarangan. Ada satu syarat bila ingin mencuci motor Honda ini, termasuk pada bagian mesin.

“Cuci motor pada prinsipnya jangan menggunakan tekanan berlebihan. Memang semua (kelistrikan) terlindungi,” jelas Endro.

Penyimpanan baterai Honda PCX Hybrid sendiri dilindungi oleh seal yang memastikan komponen terlindung dengan baik dari air. Jika ingin membersihkan area mesin cukup menyiram air dengan memakai selang. Anda boleh menyiramnya asal tidak memakai tekanan.

Bisa Menerjang Banjir

Banyak orang yang penasaran apakah motor listrik atau motor hybrid bisa dipakai melewati jalanan yang banjir. Untuk Honda PCX Hybrid sendiri masih aman dipakai melewati jalanan banjir selama genangan air sekitar 30-40 cm.

Endro menjelaskan bahwa dek menjadi batas aman dari motor ini. Selama genangan tidak melebihi ketinggian 30-40 cm, tidak ada komponen yang mengalami kerusakan.

Saat ini Honda PCX Hybrid belum resmi dipasarkan. Akan tetapi harga motor Honda terbaru ini mencapai Rp 40 juta. Berminat untuk membeli motor matic bongsor ini?

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply