Home Motor Penyebab Ban Motor atau Mobil Cepat Kempes

Penyebab Ban Motor atau Mobil Cepat Kempes

0 103

Ban Motor, Ban merupakan salah satu komponen penting pada sebuah kendaraan, baik mobil maupun motor. Oleh karenanya wajib bagi pemilik untuk selalu memperhatikan kondisi ban kendaraannya, termasuk memastikan tekanan angin sesuai dengan rekomendasi pabrik.

Hanya saja ada saja masalah yang menimpa ban motor maupun ban mobil. Seperti kurang angin atau kempes. Biasanya hal ini disebabkan oleh adanya kebocoran pada ban itu sendiri. Akan tetapi saat diperhatikan tidak ada paku atau benda lain yang menancap.

Ban kempes ini memang membahayakan, bahkan menjadi salah satu penyebab utama kecelakaan. Lantas bagaimana bila ketika diperiksa tidak terjadi kebocoran?

Perlu diketahui, selain karena kebocoran ada faktor-faktor lain yang membuat ban kendaraan cepat kempes. Berikut adalah beberapa penyebab ban motor atau mobil cepat kempes.

Terkena Benda Tajam

Benda tajam menjadi penyebab ban motor atau mobil bocor. Benda tajam ini bisa berupa pecahan kaca, paku ataupun kerikil yang bisa melubangi ban kendaraan.

Jika memang terdapat benda tajam pada ban, maka solusinya adalah segera memperbaiki kebocoran tersebut. Jika selesai jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan di permukaan ban untuk memastikan masih ada atau tidaknya benda tajam yang menancap.

Kurang Tekanan Angin

Ban mobil ataupun motor yang sudah kempes perlu segera diisi angin. Selain bisa berbahaya, ban yang dibiarkan kempes bisa menimbulkan kerusakan pada ban itu sendiri.

Baca juga: 4 Penyebab Ban Mobil Pecah

Ban yang kempes akan memicu lipatan di dinding samping ban lantaran udara di dalamnya tidak dapat menahan beban sepeda motor. Hal ini juga akan bertambah buruk bila pengendara melalui jalanan yang tidak rata, berlubang atau memiliki polisi tidur.

Maka dari itu penting bagi pengendara untuk melakukan pengecekan pada sepeda motor sebelum bepergian, termasuk bepergian jauh. Dengan begitu Anda bisa mengetahui permasalahan motor lebih awal sebelum berangkat dan terhindar dari permasalahan di kemudian hari.

Memakai Ban Tipis

Ban yang sudah menipis atau gundul permukaannya perlu segera diganti. Sebab hal ini menjadi salah satu penyebab ban motor cepat kempes maupun kebocoran. Maka dari itu Anda perlu melakukan pengecekan dan perawatan rutin agar terhindar dari kebocoran ban.

Pasir di Antara Pelek dan Ban

Permasalahan lain yang dapat membuat ban cepat kempis atau bocor adalah adanya butiran pasir yang menumpuk pada ban sepeda motor. Mungkin permasalahan ini tidak terduga, namun bisa terjadi pada ban motor Anda. Untuk menghindarinya lakukan pengecekan dan pembersihan untuk mencegah permasalahan ini.

Itulah penyebab ban motor atau mobil cepat kempes. Intinya jangan pernah mengabaikan kondisi ban kendaraan Anda. Sebelum bepergian, jangan lupa untuk memastikan bahwa kondisi ban motor atau mobil Anda sedang prima. Segera ganti jika kondisi ban sudah tidak layak pakai atau sudah waktunya ganti.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply