Home Auto News Plus-Minus Datsun GO+ Panca 2018 Indonesia

Plus-Minus Datsun GO+ Panca 2018 Indonesia

0 210

Datsun GO+ Panca, Guna memikat konsumen mobil LCGC, Datsun menghadirkan penyegaran untuk dua mobil andalannya, yakni Datsun GO dan GO+ Panca. Kedua mobil ini tampil dengan beberapa sentuhan penyegaran.

Pada pembahasan kali ini kami akan memberikan informasi lebih dalam seputar kelebihan dan kekurangan Datsun GO+ Panca terbaru. Seperti yang diketahui, mobil dengan format MPV 7-penumpang ini bertarung dengan Daihatsu Sigra dan Toyota Calya. Jika bingung hendak pilih yang mana, poin plus dan minus dari Datsun GO+ 2018 bisa dijadikan pertimbangan.

Kita mulai dari sisi kekurangannya terlebih dahulu. Salah satu yang patut menjadi perhatian adalah tidak adanya pilihan transmisi otomatis pada Datsun GO+. Memang Datsun mempunyai opsi transmisi otomatis X-Tronic CVT. Hanya saja tawaran ini diberikan pada Datsun GO Panca saja.

Datsun Indonesia berdalih keduanya mempunyai target pasar yang berbeda. Akan tetapi ada pula yang berpandangan Datsun melakukan hal tersebut supaya Datsun GO+ tidak berebut konsumen dengan Datsun Cross. Untuk informasi, mobil yang juga baru dirilis beberapa waktu lalu itu juga menawarkan 5+2 seater dengan transmisi CVT. Hanya saja harga dan segmennya berbeda.

Setidaknya keputusan Datsun itu membuat GO+ Panca tetap berada di kelas LCGC. Tidak seperti Datsun GO Panca yang sudah bukan lagi LCGC lantaran tidak memenuhi syarat kandungan komponen dalam negeri.

Tampilan eksterior Datsun GO+ Panca dikatakan mendapat peningkatan. Hanya saja ubahannya tidak terlalu signifikan. Kendati begitu tampilannya lebih segar dari model sebelumnya.

Penyegaran terdapat pada bagian bumper yang tampilannya berubah, dengan lampu siang yang sudah LED. Juga terdapat spion elektrik dengan sein terintegrasi. Lalu Datsun juga mengubah desain bumper belakang. Menariknya kini pintu bagasi Datsun GO+ Panca sudah bisa dibuka dari luar dengan memakai kunci.

Baca juga: Datsun GO vs Honda Brio Satya

Supaya tampil lebih segar, terdapat sentuhan aksen krom di beberapa sisi di eksterior. Alhasil tampilannya menjadi lebih menarik dibanding model lamanya.

Tidak hanya sisi luar, interior Datsun GO+ 2018 juga turut mendapat penyegaran. Pembaruan terlihat di bagian dasbor, panel instrumen dan konsol tengah. Jok depan juga sudah dibuat terpisah dan rem tangan memisahkan kedua jok depan.

Tidak hanya itu, peredam kabin disebut-sebut juga sudah ditambah. Dengan begitu tingkat kesenyapan kabin lebih baik dari sebelumnya. Lalu Datsun juga menyematkan head unit layar sentuh dan power window untuk seluruh jendela pada varian atas. Beberapa poin ini menjadi keunggulan dari Datsun GO+ Panca.

Kendati begitu tetap ada beberapa catatan dari mobil ini. Seperti pada bagian jok yang terasa kurang nyaman dan empuk. Padahal bagian ini diklaim sudah mendapat perubahan. Selain itu kelapangan kabin masih sama seperti sebelumnya. Meski terdapat tiga baris kursi, kursi paling belakang lebih cocok untuk anak-anak atau barang.

Berpindah ke urusan fitur, Datsun GO+ Panca terbaru menawarkan fitur baru lampu otomatis yang akan menyala ketika gelap. Selain itu juga terdapat fitur sensor parkir, central door lock, keyless alarm plus shock sensor hingga touch screen 6,75 inci dengan berbagai dukungan konektivitas.

Sayangnya sektor keselamatan ada yang kurang. Datsun masih menyematkan satu kantong udara alias airbag untuk pengemudi. Selain itu tidak terdapat tombol pengatur audio pada palang kemudi. Datsun GO+ Panca 2018 juga belum dilengkapi dengan kamera parkir mundur.

Untung saja mobil LCGC Datsun ini mengusung rangka bodi yang diklaim sudah diperkuat. Sisi suspensi disebutkan juga diatur ulang sehingga menghasilkan pengalaman berkendara yang nyaman dan pengendalian yang lebih baik serta lebih lincah.

Jika berminat untuk membelinya, harga Datsun GO+ Panca 2018 mulai Rp 112 jutaan sampai dengan Rp 144 jutaan. Bagaimana, apakah menurut Anda harga yang ditawarkan sepadan dengan fitur dan spesifikasi yang didapat?

Kehadiran Datsun GO+ Panca 2018 merupakan upaya Datsun untuk mempertahankan posisinya di Indonesia. Meski sekilas tampak sama seperti model sebelumnya, GO+ Panca ternyata membawa sejumlah pembaruan yang layak untuk dilirik. Apalagi tawaran harganya yang masih tergolong kompetitif dibanding rival sekelasnya.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply