Home Motor Tips Pilih Helm Motor untuk Mudik Lebaran

Tips Pilih Helm Motor untuk Mudik Lebaran

0 181

Helm Motor, Jika ingin pulang kampung tahun ini, maka persiapan mudik harus disiapkan sejak sekarang. Persiapan tersebut meliputi kondisi motor, barang bawaan hingga aksesoris dan perlengkapan berkendara. Di saat seperti ini permintaan aksesoris ataupun perlengkapan berkendara memang merangkak naik, termasuk helm motor.

Tidak mengherankan memang, pasalnya saat ini pemudik yang mengandalkan sepeda motor untuk pulang kampung masih tinggi. Oleh karenanya membeli helm baru seakan menjadi kebiasaan yang perlu dilakukan setiap menjelang musim mudik lebaran tiba.

Hanya saja kebanyakan orang memilih helm hanya dengan melihat model dan motif warnanya saja. Padahal ada hal yang lebih penting lagi, yakni faktor aman dan nyaman. karena berfungsi untuk melindungi kepala selama perjalanan, maka wajib bagi Anda untuk memilih helm yang memberikan keamanan dan kenyamanan maksimal. Terlebih biasanya pemudik melalui perjalanan panjang yang melelahkan.

Untuk itu penting bagi calon pembeli untuk memilih helm yang sudah SNI. Dani dari salah satu toko helm menyarankan kepada calon pembeli untuk memilih helm yang menawarkan ukuran yang sesuai dengan kepala orang Asia atau fitting-nya sudah di Asia.

“Desain yang tidak pas, berkendera bisa cenderung kurang nyaman. Bukan soal aman saja, tetapi kepala jadi sakit,” ujarnya, dikutip dari Otosia.

Pada intinya selain kualitas calon konsumen juga perlu memilih helm motor yang ukurannya sesuai dengan kepala pemilik. Tidak boleh terlalu longgar maupun terlalu sempit.

Sementara untuk kaca alias visor sebisa mungkin pilih yang bening atau tidak terlalu gelap. Kaca helm yang terlalu gelap dapat mempengaruhi pandangan Anda selama perjalanan, terlebih bila berkendara di malam hari.

Selain itu Anda juga bisa memilih helm motor yang sudah dilengkapi dengan sun visor untuk melindungi pengendara dari silau akibat matahari. Hal ini untuk mengakali visor luar yang bening.

Baca juga: Ternyata Helm Motor Punya “Masa Pakai”

Tidak hanya itu, masih ada bagian-bagian lain yang perlu dicermati. Seperti busa hingga ukurannya. Dani mengungkapkan kenyamanan liner harus diperhatikan. Oleh karena itu saat mencoba helm jangan terburu-buru.

Supaya helm yang dipakai tidak pengap atau panas, pilih helm dengan ventilasi udara yang baik. “Yang benar-benar ventilasi ya, bukan ventilasi yang hanya variasi,” saran Dani.

Selain itu ia menyarankan pemudik untuk memilih helm full face mengingat perjalanan mudik umumnya memakan waktu yang cukup lama dan mempunyai risiko yang tinggi. “Perjalanan mudik pasti jauh, lebih baik utamakan pilih yang model full face, yang tentu saja kualitasnya bagus dan cocok ukurannya,” pungkasnya.

Jadi memilih helm tidak boleh hanya dengan melihat model dan warnanya saja. Apalagi jika helm dipakai untuk mudik. Keselamatan adalah yang utama, juga kenyamanan saat dipakai. Maka dari itu memperhatikan kualitas dari helm yang hendak dibeli harus dilakukan. Termasuk nyaman atau tidaknya ketika dipakai berkendara.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply