Home Mobil Tips Mudik dengan Mobil, Sebelum Hingga Sesudah

Tips Mudik dengan Mobil, Sebelum Hingga Sesudah

0 96

Tips Mudik, Agar mudik tahun ini lancar, persiapan yang matang perlu dipikirkan sejak awal. Selain menyiapkan barang-barang bawaan, jangan lupa untuk memperhatikan mobil juga jika Anda berniat mudik dengan mobil pribadi.

Jika masih belum mendapat gambaran, berikut akan kami bahas seputar tips mudik dengan mobil sebelum, selama dan sesudah perjalanan. Berikut tips selengkapnya dari Auto2000.

Sebelum Perjalanan

Sebelum melakukan perjalanan mudik atau pulang kampung, jangan lupa untuk melakukan servis mobil. Hal ini menjadi penentu kelancaran dalam perjalanan nanti. Tidak ada salahnya untuk melakukan tune up mobil untuk memastikan komponen mobil, termasuk mesin dalam kondisi baik.

Di samping itu periksa pula cairan pendukung kinerja mobil. Contohnya oli mesin dan transmisi, freon AC, air radiator, minyak rem, minyak power steering hingga washer kaca depan.

Perawatan serupa juga berlaku untuk mobil matic, baik yang memakai transmisi konvensional maupun yang sudah memakai transmisi CVT. Cek beberapa bagian seperti kondisi ban, tak terkecuali ban serep. Pastikan seluruh perangkat darurat, seperti dongkrak ada pada tempatnya dan dapat digunakan dengan baik.

Selama Perjalanan

Jika seluruh komponen mobil bekerja dengan baik, maka tips berikutnya adalah ketika dalam perjalanan. Pegang teguh prinsip safety driving. Usahakan untuk berkendara dengan tetap mengutamakan keselamatan. Hindari berkendara secara agresif karena dapat merugikan diri Anda sendiri dan juga orang lain.

Saat ini jalan tol baru sudah banyak beroperasi. Di samping itu jalan arteri baru juga banyak yang telah difungsikan. Dengan begitu Anda mempunyai rute perjalanan yang lebih beragam. Maka dari itu manfaatkan peta navigasi digital yang up to date atau terbaru sehingga Anda bisa mencari rute perjalanan yang sesuai.

Aplikasi tersebut juga dapat diandalkan saat terjebak macet dan ingin mencari rute alternatif. Akan tetapi jangan lupa untuk selalu membawa kartu e-toll dengan saldo yang mencukupi. Disarankan untuk membawa 2 kartu e-toll untuk antisipasi ketika salah satu kartu bermasalah, hilang ataupun saldonya telah habis.

Baca juga: Tips Sewa Mobil untuk Mudik

Agar tidak jenuh selama perjalanan, jangan lupa untuk menyiapkan berbagai aplikasi hiburan. Baik aplikasi games, pemutar lagu ataupun streaming video.

Sebelum bepergian pastikan kondisi tangki BBM mobil Anda sudah penuh. Terlebih bila Anda akan melalui rute tol yang panjang. Selama perjalanan biasanya ada posko mudik yang telah disiapkan oleh beberapa pihak. Anda bisa memanfaatkannya untuk beristirahat jika sedang lelah.

Sesudah Perjalanan

Bila sudah menuntaskan mudik, jangan lupakan kondisi mobil. Pasca mudik kondisi mobil tetap perlu diperhatikan. Biasanya kotoran banyak menempel pada mobil sehingga perlu segera dibersihkan.

Mulai dari bagian luar hingga dalam perlu dibersihkan secara merata. Tak terkecuali bagian kolong mobil.

Di samping itu coba periksa perangkat teknis mobil. Contohnya roda, lampu, kaki-kaki dan juga raung mesin. Pastikan bodi mobil tidak ada yang penyok. Bila ada yang bermasalah segara perbaiki.

Untuk bagian dalam kebersihan harus diperhatikan betul-betul. Terlebih bila Anda membawa anak kecil dan sering makan di dalam mobil. Remah sisa makanan bisa mengundang binatang yang tidak diharapkan seperti tikus. Belum lagi aroma yang tidak sedap.

Itulah beberapa tips mudik dengan mobil sebelum, selama dan sesudah perjalanan. Ada banyak sekali tips seputar mudik yang bisa Anda simak bila tahun ini berencana untuk mudik. Jika Anda sedang senggang Anda bisa mencari informasi atau tips mudik supaya perbekalan dan persiapan Anda untuk pulang kampung lebih matang dan terhindar dari permasalahan.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply