Home Auto News Nissan Terra Diperkenalkan, Rival Fortuner dan Pajero Sport

Nissan Terra Diperkenalkan, Rival Fortuner dan Pajero Sport

0 188

Nissan Terra, Akhirnya Nissan memperkenalkan mobil barunya. Mobil itu adalah Nissan Terra yang ditujukan untuk terjun di segmen medium Sport Utility Vehicle (SUV). Mobil ini pertama kali diperkenalkan di China, lalu dilanjutkan di Filipina untuk pasar Asia Tenggara. Menariknya lagi mobil baru Nissan ini juga akan hadir di Indonesia pada tahun 2018 ini.

SUV Nissan ini mengandalkan sasis ladder frame. Itu artinya Nissan Terra akan berhadapan dengan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport yang laris manis di Indonesia.

Melihat dimensinya, mobil Nissan ini mempunyai panjang 4.885 mm, dengan lebar 1.856 mm dan tinggi 1.835 mm. Nissan membenamkan mesin bensin QR25 ke dalamnya. Tenaganya diklaim bisa mencapai 190 hp pada putaran mesin 3.600 rpm dengan torsi 450 Nm pada 2.000 rpm.

Melihat spesifikasi mesinnya Terra tampak mengusung mesin dari Nissan Navara tipe 2.5 VL yang dijual di Indonesia. Kemiripan tentu saja juga terdapat pada platform ladder frame yang dibawa kedua mobil Nissan ini.

Jika yang masuk di Indonesia nanti juga sama dengan di Filipina, maka mobil SUV ini bisa dikatakan menjadi yang paling bertenaga. Pajero Sport yang menjadi calon kompetitornya mempunyai output daya 181 ps.

Sasis ladder frame yang dipakai Nissan Terra diklaim serba guna dan juga diperkuat untuk memberikan ketangguhan mengemudi di medan off-road. Selain itu Nissan juga menyertakan five-link coil spring rear suspension system dan rigid rear-wheel axle. Tujuannya untuk mengakomodasi kenyamanan berkendara.

Kemiripan Nissan Navara dan Terra terlihat pula di bagian luar. Pembedanya hanya ada di bentuk lampu depan. Perbedaan ini juga membuat bagian bumper sedikit berbeda di sekitar lampu.

Baca juga: Detail Nissan Serena S-Hybrid

Sementara sisi interior juga terdapat banyak kemiripan. Dashboard Nissan Terra mirip dengan milik Navara. Bahkan posisi tombol hingga sistem multimedia touch screen juga mirip. Yang pasti pada Terra ada tambahan dua baris jok di bagian belakang.

Nissan Terra varian tertinggi di Filipina membawa fitur cruise control yang menjadi fitur wajib di sana. Di samping itu juga terdapat dukungan konektivitas Apple CarPlay, Bluetooth hingga lingkar kemudi dengan kendali audio yang tampak mirip dengan milik Nissan X-Trail. Lalu tombol di bagian konsol tengah dashboard terlihat modern dan seluruhnya sudah digital.

Nissan Terra dilengkapi dengan jok kulit yang membuatnya tampak mewah. Sedangkan untuk kursi pengemudi terdapat pengaturan elektrik delapan arah dan juga key-less entry serta tombol starter.

Lalu untuk varian bawah Nissan membalut jok dengan material kain. Sayangnya belum ada pengaturan jok elektrik di dalamnya. Starter mobil pun juga masih konvensional. Sedangkan bagian MID tampak standar.

Fitur yang ditawarkan cukup memadai. Nissan Terra membawa fitur Nissan Intelligent Mobility, meliputi Lane Departure Warning, Blind Spot Warning, dan Intelligent Around View Monitor dengan Moving Object Detection. Juga terdapat enam airbag, traksi stability control, rem plus ABS hingga kamera 360 derajat untuk memantau kondisi di luar mobil.

Tidak hanya itu, Terra juga diklaim menjadi SUV pertama yang dilengkapi dengan Smart Rear view Mirror. Dengan fitur ini pengemudi akan mendapatkan pandangan yang lebih baik melalui kamera yang dipasang di belakang.

Masih ada teknologi keselamatan berkendara yang disematkan pada mobil Nissan Terbaru ini dengan peningkatan kontrol. Di antaranya 4WD-DIFF lock system dan Hill Start Assist. Hill Descent Control bertugas untuk membantu mengendalikan kecepatan saat berkendara di kondisi jalan menurun.

Nissan mengklaim SUV barunya ini ideal untuk kawasan Asia Tenggara. Lantaran ground clearance-nya mencapai 225 mm. sehingga dapat mengurangi risiko kerusakan dari jalanan berbatu ataupun tidak rata. Termasuk ketika berkendara di tengah banjir.

Sayangnya belum dapat diketahui apakah Nissan Terra versi Indonesia nantinya mempunyai fitur dan spesifikasi yang serupa dengan yang ada di Filipina.

“Kombinasi yang cerdas antara performa dan ruang kabin terbaik serta fitur-fitur Nissan Intelligent Mobility, memberikan kepercayaan diri bagi keluarga maupun teman untuk pergi ke mana pun,” jelas Vincent Wijinen, Head of Marketing and Sales Nissan di Kawasan Asia dan Oseania, dikutip dari laman KompasOtomotif.

Menurut kabar mobil ini akan mulai proses delivery pada Agustus 2018 mendatang. Sedangkan peluncurannya di Indonesia kemungkinan akan dilakukan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

Untuk diketahui, Nissan Terra akan dirakit di pusat produksi Nissan di Thailand. Negeri Gajah Putih ini dipilih sebagai basis perakitan untuk pasar Asia Tenggara.

Nantinya, setelah diperkenalkan di Thailand dan Indonesia mobil ini juga akan hadir di beberapa negara Asia Tenggara lain seperti Brunei, Kamboja, Laos, Myanmar dan Vietnam. Selain itu mobil Nissan terbaru ini kabarnya juga akan merambah ke India pada tahun depan.

Di Indonesia, Nissan Terra akan berhadapan dengan beberapa rival selain Fortuner dan Pajero Sport. Yakni Chevrolet Trailblazer hingga Isuzu MU-X. Tertarik untuk membeli mobil baru Nissan ini?

Semoga nantinya spesifikasi yang dibawa Nissan Terra tidak berbeda jauh dengan yang diperkenalkan di Filipina. Dan harga Nissan Terra ini juga tak kalah kompetitif dari para rivalnya sehingga berpotensi laris di Tanah Air.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply