Home Auto News Harga TVS Apache RR 310 Indonesia Rp 49 Juta!

Harga TVS Apache RR 310 Indonesia Rp 49 Juta!

0 200

TVS Apache RR 310, Walaupun bukan merupakan penyumbang penjualan terbesar, sejumlah pabrikan motor tidak serta-merta mengabaikan segmen motor sport. Bahkan persaingan di segmen ini cenderung memanas, tak terkecuali di kelas 250 cc.

Hanya saja ada satu permasalahan yang umumnya membuat calon konsumen berpikir ulang sebelum membeli motor sport 250 cc. Yaitu harga motor ini yang cukup tinggi.

Sebagai informasi, harga Kawasaki Ninja 250 saat ini mencapai Rp 61,9 juta on the road Jadetabekser. Lalu untuk harga Honda CBR250RR menurut situs resmi Honda mulai dari Rp 64,725 juta sampai Rp 71,375 juta. Sementara harga Yamaha R25 mulai Rp 57 juta.

Tak mengherankan bila pada akhirnya banyak calon pembeli yang mengurungkan niatnya untuk membeli motor sport 250 cc. Akan tetapi TVS mencoba memberikan solusi alternatif untuk para penggemar motor sport fairing bermesin seperempat liter itu.

TVS baru saja menghadirkan motor baru yang dipajang di Jakarta Fair. Menariknya motor ini mengadopsi mesin yang serupa dengan BMW G310R. Motor TVS itu tidak lain adalah TVS Apache RR 310 yang merupakan buah kerjasama antara merek motor asal India itu dengan BMW Motorrad.

Dapur pacu yang disematkan sama dengan milik BMW G310R dan BMW G310S yang masuk segmen naked dan motor petualang. Sementara motor sport TVS ini sendiri terjun di segmen sportbike full fairing. Yang tak kalah menyita perhatian adalah banderol harganya yang terbilang terjangkau. Harga TVS Apache RR 310 ini mencapai Rp 49 juta.

Hanya saja ada satu catatan. Harga motor tersebut berlaku untuk pembelian di Jakarta Fair 2018 saja. Tampaknya tawaran tersebut merupakan harga perkenalan dari TVS Apache RR 310. Lalu bagaimana dengan tawaran motor ini?

TVS Apache RR 310 mengusung desain yang terbilang cukup sporty. Akan tetapi jika cermat melihatnya mungkin Anda bisa menebak dengan mudah bahwa motor ini merupakan buatan pabrik asal India.

Baca juga: Motor TVS Terbaru Rilis di JFK 2018

Konsep TVS Akula yang merupakan basis desain dari TVS Apache RR 310 disebutkan terinspirasi dari siluet seekor hiu. Akula sendiri merupakan bahasa Rusia yang berarti hiu. Fokus pengembangan motor ini ada pada front fairing yang dibuat tajam. Selain itu juga terdpaat tail yang meruncing seperti ekor hiu.

Pembuatan body motor ini diklaim telah melewati serangkaian tes, termasuk tes terowongan angin atau wind tunnel testing. Engineer TVS Motor mengatakan bahwa desain bodi TVS Apache RR 310 dalam wind tunnel bertujuan untuk meminimalisir gesekan antara udara dan body ketika motor melesat dalam kecepatan tinggi.

Walaupun dijual murah, Apache RR 310 dilengkapi fitur yang tidak murahan. Ada suspensi upside down di bagian depan yang cukup menyita perhatian. Di samping itu TVS juga membekalinya dengan petal disc berukuran 300 plus kaliber bybre empat piston.

Motor ini juga dirancang dengan memanfaatkan rangka tralis. Rangka ini sendiri juga dipakai pada duo motor asal Jerman, BMW G310R dan G310S. rangka utama teralis dengan sub rangka belakang yang dibuat terpisah ini bertujuan untuk meminimalisir kesalahan ketika pembuatan frame sekaligus memudahkan dalam assembly frame sehingga bisa lebih presisi. Alhasil motor ini diklaim sangat stabil ketika diajak menikung.

Keistimewaan lainnya adalah hadirnya ban Michelin Pilot Street pada motor ini. Tampilannya ditunjang dengan lampu LED di bagian depan dan belakang yang membuatnya tampak modern. Lampu ini juga dapat memancarkan cahaya yang lebih baik dan lebih hemat energi.

Baca juga: Kawasaki Ninja 250 2018 vs Honda CBR250RR

TVS Apache RR 310 mengusung dashboard dengan desain vertikal yang membuatnya terlihat unik. Tidak hanya itu, juga tersemat banyak fitur ala motor balap. Seperti diagnose kondisi mesin dan analisa berkendara.

Di negara asalnya Apache RR 310 dijual dalam dua opsi warna, yakni Racing Red dan Sinister Black. Kedua varian warna ini sudah dilengkapi dengan fitur Anti-lock Braking System (ABS) pada cakram di depan dan belakang.

Melirik dapur pacunya, mesin berkapasitas 310 cc yang disematkan pada Apache RR 310 dapat mengeluarkan tenaga sebesar 25 Kw pada putaran mesin 9.700 rpm. Sedangkan torsi puncaknya diklaim bisa mencapai 27,3 Nm pada 7.700 rpm. Motor ini juga dapat melesat hingga 160 km/jam dengan akselerasi 46,77 km/jam dalam dua detik.

Keunikan mesin ini adalah konfigurasinya yang unik, yakni reverse incline cylinder. Artinya intake pada mesin dipindahkan ke bagian depan. Maka dari itu posisi intake yang berubah, posisi header knalpot juga ikut berubah menjadi di bagian tengah. Sehingga juga ikut mengubah centre of gravity.

Dengan begitu motor bisa dirancang dengan kompak tanpa mengorbankan handling. Juga memudahkan masuknya campuran udara dari bahan bakar ke ruang bakar lantaran adanya bantuan dari gravitasi. Hal ini juga berdampak baik pada performa motor.

Menariknya, sejak hadir di Jakarta Fair 2018 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) TVS Apache RR 310 sudah mencapai 11 unit. Sebagai tambahan, motor yang dipajang di Jakarta Fair memang didatangkan langsung dari India. Akan tetapi di Indonesia motor ini sudah dirakit di pabrik TVS yang berlokasi di Karawang.

 

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply