Home Auto News Menang di MotoGP 2018 Italia, Ini Rahasia Ducati

Menang di MotoGP 2018 Italia, Ini Rahasia Ducati

0 346

MotoGP 2018, Ada yang menarik dalam seri MotoGP Italia. Dalam pertandingan yang berlangsung di sirkuit Mugello Jorge Lorenzo berhasil keluar sebagai pemenang. Sedangkan rekan satu timnya, Andrea Dovizioso menyusul di peringkat kedua.

Bukan tanpa sebab, sirkuit kebanggaan Italia itu dinilai cocok dengan karakter Ducati Desmosedici GP18 yang dikendarai oleh duo pembalap Ducati itu. Sirkuit tersebut mempunyai lintasan lurus yang panjang sehingga membuat motor balap Ducati bisa dipacu dalam kecepatan tinggi.

Sudah menjadi rahasia bahwa motor Ducati itu memang unggul di lintasan lurus. Dovizioso sendiri pernah memecahkan rekor kecepatan MotoGP dalam sesi latihan bebas di Mugello. Pembalap asal Italia itu berhasil mencetak top speed 356,5 km/jam.

Tidak hanya tim Ducati saja yang berhasil memberikan yang terbaik di MotoGP 2018 Italia, spesifikasi teknis Ducati Desmosedici GP18 juga menjadi rahasia kemenangan Lorenzo dan Dovizioso. Motor ini dipersenjatai dengan dapur pacu V4 90 derajat berpendingin cairan, evo desmodromic DOHC empat katup per silinder. Mesin yang mempunyai kapasitas 1.000 cc itu sanggup mengeluarkan tenaga sampai di atas 250 tenaga kuda.

Ducati mengombinasikan mesin itu dengan transmisi Ducati Seamless Transmission. Dengan begitu motor ini bisa melesat hingga kecepatan 350 km/jam ke atas.

Selain itu Ducati Desmosedici GP18 mengandalkan sasis tipe aluminium alloy evo twin-spar. Sedangkan untuk suspensi bagian depan menggunakan jenis upside down lansiran Ohlins berukuran 48 mm. suspensi belakang juga memakai merek yang sama dan juga dapat disesuaikan preload serta dibekali new factory evolution damping system.

Untuk perangkat penghenti laju motor balap andalan Ducati ini mengusung rem Brembo dengan dua piringan berbahan karbon dengan ukuran 340 mm di depan, plus empat piston ber kaliper. Lalu bagian belakang memakai rem satu cakram stainless steel dengan kaliper dua piston.

Bobot Ducati Desmosedici GP18 ini mencapai 157 kg yang sesuai dengan standar regulasi MotoGP. Motor ini juga dilengkapi dengan peranti elektronik yang didukung oleh Magneti Marelli.

Baca juga: Jadwal MotoGP 2018

Selain spesifikasi yang mumpuni, pemilihan ban yang tepat juga membuat kemenangan Ducati semakin mulus di MotoGP Italia 2018. Untuk informasi, Lorenzo unggul cukup jauh dari dua pembalap terdekatnya. Dovizioso sendiri berada di belakang Lorenzo dengan selisih 6,370 detik. Sedangkan Rossi yang menempati urutan ketiga berjarak 6,629 detik dari pembalap asal Spanyol itu.

Lorenzo memilih ban depan medium dan ban belakang soft. Lalu rekan satu timnya mengandalkan ban depan hard dan ban belakang soft. Untuk Valentino Rossi memilih ban depan hard dan ban belakang medium.

Kemenangan Lorenzo bisa menjadi awal yang bagus bagi pembalap bernomor 99 itu. Yang pasti persaingan ke depannya juga lebih sulit untuk diprediksi. Termasuk siapa yang nantinya akan menjadi juara dunia MotoGP 2018.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply