Home Auto News Detail Suzuki Intruder 150, Motor Cruiser yang Terjangkau

Detail Suzuki Intruder 150, Motor Cruiser yang Terjangkau

Suzuki Intruder 150, Beberapa waktu lalu PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkenalkan Intruder 150 di Indonesia. Motor ini dipajang di ajang Jakarta Fair 150. Seperti yang diketahui, motor cruiser ini didatangkan langsung dari India.

Tampilannya yang terbilang unik membuat motor ini cukup menarik. Agar kenal lebih dekat, berikut adalah detail seputar Suzuki Intruder 150.

Motor baru Suzuki ini memadukan style, fitur dan performa. Intruder 150 dirancang untuk konsumen pemula yang ingin mendapat pengalaman berkendara dengan motor cruiser. Mesin berkapasitas kecil yang dibenamkan pada motor ini akan memudahkan pengendara untuk belajar sebelum menaiki motor cruiser bermesin besar.

Intruder 150 bukanlah satu-satunya Intruder yang pernah dipasarkan Suzuki. Sebelumnya juga ada Suzuki Intruder bermesin besar atau juga bisa disebut motor gede alias moge. Ada tiga model yang dihadirkan Suzuki, antara lain Intruder M800, M1800R, dan M1800RZ. Sedangkan di Indonesia sendiri SIS pernah menghadirkan Suzuki Inazuma 250 yang juga terjun di segmen motor cruiser.

Melihat dimensinya, Suzuki Intruder mempunyai panjang 2.130 mm, lebar 805 mm dan tinggi 1.095 mm. Joknya tidak terlalu tinggi, yakni 740 mm di atas tanah. Lalu untuk wheelbase mencapai 1.405 mm, dengan ground clearance 170 mm.

Bobot motor ini sendiri mencapai 149 kg. Dengan dimensi ini Suzuki Intruder 150 menjadi lebih stabil.

Yang menjadi daya tarik utama tentu saja pada desainnya yang kental dengan kesan khas cruiser. Terlihat pada tangki bahan bakar berkapasitas 11 liter yang dibuat memanjang. Di samping itu juga terdapat foot-step pengendara yang lebih maju sehingga posisi berkendara menjadi lebih nyaman.

Sisi knalpot juga tampak menarik. Suzuki merancangnya dengan sentuhan sporty dan bentuk yang meruncing, plus terdapat dua lubang.

Lalu lampu depan Suzuki Intruder 150 juga terbilang unik. Tampilannya seperti segitiga terbalik. Hanya saja untuk pencahayaan masih memakai bohlam 12V 35/35W. Lampu sein juga masih menggunakan bohlam.

Akan tetapi tail light motor Suzuki ini sudah mengadopsi lampu LED. Panel instrumen juga terlihat modern berkat mengadopsi jenis digital.

Di sektor dapur pacu Suzuki Intruder 150 mengandalkan mesin 1-silinder SOHC berkapasitas 154,9 cc berpendingin udara. Mesin ini dikombinasikan dengan transmisi manual 5-percepatan.

Hasilnya motor Suzuki ini dapat mengeluarkan tenaga sebesar 14,6 hp dengan torsi puncak 14 Nm. Lalu untuk suplai bahan bakarnya terdapat dua versi, yakni karburator dan injeksi. Performa mesin Intruder 150 sedikit lebih baik dari Kawasaki W175. Hanya saja kalah dari Yamaha V-ixion yang juga mengusung mesin berkapasitas serupa.

Berpindah ke sektor kaki-kaki, Suzuki Intruder 150 mengandalkan ban tubeless di depan dan belakang. Untuk bagian depan berukuran 100/80 R17 dan bagian belakang 140/60 R17. Lalu untuk suspensi depan masih memakai teleskopik yang dikombinasikan dengan monoshock 7-step swing-arm di bagian belakang.

Sementara perangkat penghenti laju memakai single disc brake di bagian depan dan belakang. Yang membedakan adalah diameternya, dimana bagian depan berdiameter 266 m dan bagian belakang 240 mm. Menariknya Suzuki sudah melengkapinya dengan teknologi ABS single-channel.

Di India Suzuki Intruder 150 mempunyai dua opsi warna, yakni Metallic Gray dan Glass Sparkle Black. Melihat situs resminya, harga Suzuki Intruder 150 versi karburator mencapai 99.995 rupee atau mencapai Rp 20,7 jutaan. Lalu untuk versi injeksi sedikit lebih mahal, yakni 106/896 rupee atau Rp 22,2 jutaan.

Kehadiran Suzuki Intruder 150 di Indonesia bukan berarti sudah bisa dibeli oleh konsumen. Yohan Yahya, Marketing and Business Development Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W mengatakan pihaknya masih melihat respon konsumen sebelum memutuskan menjual motor terbaru itu di Tanah Air. Bila respon masyarakat positif, kemungkinan motor ini akan dipasarkan di Indonesia.

Bisa jadi menarik perhatian bila dipasarkan di Indonesia. Apalagi melihat harga motor Suzuki ini di India yang terbilang terjangkau.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply