Home Auto News Toyota Sienta 2018 Segera Dirilis, Apa yang Baru?

Toyota Sienta 2018 Segera Dirilis, Apa yang Baru?

0 329

Toyota Sienta 2018, Ada kabar baru yang datang dari salah satu pabrikan mobil ternama asal Jepang, Toyota. Dikabarkan Toyota akan melakukan penyegaran pada salah satu mobil MPV andalannya, Sienta. Mobil Toyota ini kabarnya akan mendapat penyegaran dan dirilis pada Juli 2018 mendatang di negara asalnya.

Menurut informasi dari Indianautosblog, Senin (4/6/2018), penyegaran Toyota Sienta meliputi desain eksterior atau interior. Tidak hanya itu, generasi kedua Sienta ini juga akan mendapat pilihan warna baru. Juga akan ada beragam sistem keamanan terbaik, seperti fitur keselamatan Toyota Safety Sense C Package.

Di samping itu Toyota Sienta 2018 juga dilengkapi dengan sejumlah sistem keamanan. Di antaranya TSS-C dengan Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA) dan Automatic High Beam (AHB).

Lalu untuk pilihan dapur pacunya akan ada 4 macam. Antara lain 1NZ-FE 1.5L bensin, 2NR-FE 1.5L bensin, 2NR-FKE 1.5L bensin and 2ZR-FAE 1.8L bensin.

Untuk lebih jelas, mesin 1NZ-FE dapat mengeluarkan tenaga sebesar 103 PS dengan torsi 132 Nm. Lalu untuk mesin 1NR-FE mempunyai tenaga dan torsi yang sedikit lebih besar, yakni 107 PS dan 140 Nm.

Berikutnya, mesin 2NR-FKE mempunyai tenaga sebesar 109 PS dengan torsi maksimum 136 Nm. Lalu pilihan mesin 2ZR-FAE dapat menghembuskan daya hingga 140 PS dan torsi 172 Nm. Seluruh mesini ini akan dikombinasikan dengan transmisi CVT yang menjadi pilihan standar.

Khusus untuk pasar Jepang Toyota Sienta 2018 akan dijual dengan pilihan hybrid. Varian ini menggabungkan mesin 1NZ-FXE berkapasitas 1.5 liter yang bisa menghasilkan tenaga 74 PS dan torsi 111 Nm dengan motor listrik 2LM bertenaga 61 PS dan torsi 169 Nm.

Jepang dipastikan bukan menjadi satu-satunya tujuan pemasaran Sienta terbaru. Setelah Negeri Matahari Terbit itu Toyota juga akan menghadirkan Sienta facelift di ASEAN di tahun yang sama.

Mobil Toyota ini juga dipasarkan di Indonesia. Mobil yang pertama kali rilis di Tanah Air pada tahun 2016 ini disebut sebagai Multi Activity Vehicle (MAV). Mobil ini dirancang untuk memanjakan segala aktivitas pengguna. Tidak hanya fungsional, Toyota Sienta juga mempunyai desain yang modern dan dinamis.

Baca juga: Komparasi Toyota Sienta dan Avanza Veloz

Spesifikasi Sienta diklaim juga disesuaikan dengan kondisi geografis Indonesia. Salah satunya adalah ground clearance yang dibuat tinggi, yakni 170 mm. Lebih tinggi 25 mm dari ground clearance Toyota Sienta yang dipasarkan di Jepang.

Berbagai fitur terkini juga hadir pada mobil ini. Seperti dive-in seat, power sliding door hingga transmisi CVT 7-percepatan.

Toyota Sienta yang dipasarkan di Indonesia merupakan produk lokal dan sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik pasar Tanah Air. Sama seperti MPV pada umumnya, kabin Toyota Sienta bisa memuat hingga tujuh penumpang. Akan tetapi diklaim Sienta mempunyai gaya yang berbeda dari mobil keluarga lain.

Mobil Toyota ini menawarkan lifestyle yang unik dengan teknologi tinggi sehingga cocok untuk kebutuhan market di Indonesia yang semakin berkembang. Desain eksterior bukan satu-satunya nilai jual dari Toyota Sienta. MPV ini juga mempunyai kenyamanan yang baik ketika diajak berkendara.

Di Tanah Air Toyota Sienta tersedia dalam 4 pilihan varian. Yaitu E, G, V dan Q. Mobil ini diklai memakai mesin teknologi baru NR Engine yang merupakan generasi terbaru engine modern yang dibuat oleh anak bangsa.

NR Engine dibuat dengan memanfaatkan bahan alloy sebagai salah satu material utamanya. Alhasil bobot mesin menjadi lebih ringan. Di samping itu mesin ini juga dilengkapi dengan teknologi Dual VVT-i. Hal ini membuat mesin Toyota Sienta mempunyai perpaduan yang baik antara tenaga, efisiensi dan ramah lingkungan.

Mesin mobil Toyota ini diproduksi secara lokal di Indonesia, tepatnya di TMMIN Karawang Plant 3 yang diresmikan 7 Maret 2016 lalu. Menariknya pabrik ini merupakan salah satu pabrik mesin paling canggih milik Toyota di dunia.

Di Indonesia sendiri penjualan Toyota Sienta bisa dikatakan kurang memuaskan. Tidak seperti saat pertama kali diluncurkan dulu. Bahkan penjualannya saat ini cenderung menurun.

Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan penjualan salah satu mobil Toyota itu menurun lantaran mobil ini terlalu ‘segmented’ di Indonesia.

“Sienta itu konsepnya adalah city car. Kalau city car udah pasti segmented, cuma di kota-kota besar. Bukan seperti konsepnya Rush, Avanza, atau Calya yang bisa di pinggir-pinggir daerah,” ungkapnya, dikutip dari DetikOto.

Terlebih konsumen di Indonesia saat ini mempunyai pilihan yang lebih beragam ketika ingin membeli mobil MPV baru. Seperti Mitsubishi Xpander yang mempunyai desain kekinian dan dilengkapi fitur menjanjikan. Atau Wuling Confero yang mempunyai dimensi lebih besar namun harga yang lebih terjangkau dari kompetitor.

“Dengan kata lain kalau kita as a market leader kita maunya menang sendiri terus, kita paksain semuanya, city car yang konsepnya kota besar kita mau paksain (jualan lebih banyak) ya nggak benar juga. Kita mesti tahu kapan kita maju, kapan kita mundur. Sekarang kita mundur bukan berarti kita nyerah, nggak. Kita akan tetap jualan. Jawaban saya, tunggu sebentar lagi ada kejutan dari Sienta,” jelas pria yang akrab disapa Suryo itu.

Hal ini sekaligus menandakan bahwa PT TAM tengah menyiapkan penyegaran pada Sienta. Memang belum diketahui kapan mobil ini akan hadir di Indonesia. Kita tunggu saja kehadirannya di Indonesia.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply