Home Auto News Toyota Avanza Terbaru & Pesaing Xpander Siap Hadir

Toyota Avanza Terbaru & Pesaing Xpander Siap Hadir

0 514

Toyota Avanza Terbaru, Persaingan mobil Low MPV di Tanah Air memang tampak semakin memanas. Terlebih setelah hadirnya Mitsubishi Xpander. MPV yang digadang-gadang sebagai pesaing mobil Toyota Avanza itu sudah menarik minat sejak masih berwujud konsep beberapa tahun lalu.

Tidak heran bila saat resmi dipasarkan Xpander berhasil merebut hati banyak konsumen. Bahkan inden mobil MPV Mitsubishi ini mencapai tiga bulan. Tidak hanya itu, selama beberapa bulan penjualan Xpander juga berhasil mengalahkan Toyota Avanza yang selama ini belum terkalahkan oleh merek lain.

Di sisi lain juga ada Wuling Confero yang juga terjun di segmen yang serupa. Lalu Suzuki Ertiga generasi terbaru juga baru saja meluncur dengan tawaran yang lebih menggoda.

Maka dari itu Toyota tidak berdiam diri. Hal ini terlihat dari pernyataan Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) di tengah acara buka puasa bersama media di Jakarta.

“Saat ini kami sedang pelajari keinginan konsumen terhadap Avanza. Pastinya mereka ingin mendapat penyegaran. Penyegarannya seperti apa? Sampai sekarang belum final,” ungkapnya, mengutip dari laman Oto.

Ia menambahkan, TAM tidak hanya menghadirkan Toyota Avanza terbaru saja. Juga ada kejutan menarik lainnya.

“Begini, dulu siapa yang pernah mengira kami melahirkan Avanza? Setelah sekian lama sukses, yang lain mulai ikut datang. Artinya, kan kami pelopor. Nah, sebagai market leader, kami ingin pertahankan tradisi sebagai pelopor itu tadi,” kata pria yang memiliki sapaan akrab Soerjo.

Ia mengatakan saat ini segmen MPV semakin luas bila dilihat dari harganya. Contohnya di bawah Toyota Innova ada Mitsubishi Xpander yang baru masuk. Selain itu juga ada Avanza, Xenia, Ertiga dan Mobilio. Dan di bawahnya lagi ada Wuling Confero, Calya dan Sigra. “Kami ingin mengisi segmen yang kami belum ada di situ,” ujarnya.

Baca juga: Mitsubishi Xpander vs Toyota Avanza Veloz

Sayangnya belum ada informasi lebih jauh seputar Toyota Avanza terbaru. Termasuk kejutan yang akan diberikan Toyota nantinya. Kemungkinannya Toyota akan menghadirkan Veloz terbaru yang lebih menarik dari Avanza.

“Bisa saja. Soalnya pemilik Veloz itu tak ingin disamakan dengan Avanza, loh. Buktinya mereka sampai bikin komunitas sendiri, Velozity. Kan kenapa mereka gak ikutan AXIC (Avanza-Xenia Indonesia Community),” kata Soerjo.

Sebagai informasi, Toyota Avanza saat ini hampir memasuki usia yang ke-15 tahun sejak dirilis pada 2003 silam. Untuk generasi kedua hadir pada tahun 2011. Sedangkan versi penyegarannya dirilis di tahun 2015 dengan mengusung nama Grand New Avanza. Ada sederet pembaruan yang dilakukan, termasuk menawarkan mesin dengan teknologi Dual VVT-i.

Lantaran sudah masuk tahun ketiga, banyak yang berpendapat Toyota Avanza sudah perlu dilakukan perubahan.

Jika melihat segmen Low MPV, saat ini ada kecenderungan kebanyakan mobil memakai penggerak roda depan. Sementara Toyota Avanza sendiri mengandalkan penggerak roda belakang.

Baca juga: Penjualan Mitsubishi Xpander Taklukkan Toyota Avanza

Jika mengandalkan penggerak roda depan atau front wheel drive, keunggulannya adalah akselerasi awal menjadi lebih bagus. Hanya saja beban yang bisa ditanggung MPV menjadi banyak berkurang. Hal inilah yang menjadi keunggulan dari penggerak roda belakang alias rear wheel drive.

Ia juga melihat kecenderungan peminat Toyota Rush generasi terbaru yang meluncur beberapa waktu lalu. Sejak berubah total Rush terlihat semakin diminati konsumen. Hal ini tampaknya juga berlaku bila Avanza dirombak total sebagaimana Toyota Rush terbaru.

“Dengan kata lain, kalau produk itu dibaruin, kita lihat saja kayak Rush, itu diperbaruin bentuk eksteriornya langsung booming. Itu yang kita lagi lihat. Jadi cutomer ini butuh refreshment dari produk. Jadi bukan masalah spek dasar aja, kayak front atau rear (penggerak roda depan atau belakang) atau berapa speed (transmisi), bukan itu. Tapi kalau lux-nya (desain barunya yang lebih mewah), baru dia (konsumen) akan beli. Kalau nggak dia akan tahan duit. Jadi kalau nggak ada trigger sesuatu ya nggak akan naik,” terang Soerjo, dilansir dari DetikOto.

Ini merupakan kabar baik bagi para pecinta Toyota Avanza di seluruh Tanah Air. Sebab Toyota sadar bahwa mobil kebanggaannya itu membutuhkan penyegaran. Saat ini mengandalkan nama baik saja tidak cukup.

Terlihat dari meski Toyota Avanza sudah belasan tahun di Indonesia namun sempat tersalip juga oleh Mitsubishi Xpander. Saat ini masyarakat cenderung menyukai mobil SUV atau yang bergaya ala SUV. Hal inilah yang bisa menjadi pertimbangan bagi Toyota untuk melakukan perubahan pada Avanza dan juga Veloz.

Bagaimana menurut Anda? Ubahan apa yang cocok diterapkan pada mobil Toyota ini?

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply