Home Auto News Suzuki Bandit Siap Hadir di GIIAS 2018?

Suzuki Bandit Siap Hadir di GIIAS 2018?

Suzuki Bandit, Sudah menjadi rahasia umum bila PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) belakangan ini cukup aktif dalam menghadirkan motor baru. Setelah menghadirkan GSX 150 agen pemegang merek Suzuki di Indonesia itu menghadirkan beberapa model baru lain seperti Nex II yang baru saja rilis beberapa waktu lalu. Tidak berhenti sampai di situ, masih ada motor baru lain yang disiapkan Suzuki.

Motor itu adalah Suzuki Bandit. Motor legendaris Suzuki ini dipastikan akan hadir tahun ini. Menariknya kemungkinan motor tersebut akan diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

“Tidak menutup kemungkinan di GIIAS, kami perkenalkan (Bandit),” kata Banggas Pardede, Market Relation Section Head 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), dikutip dari Oto.

Akan tetapi tampaknya motor itu belum langsung dipasarkan alias masih diperkenalkan saja. Tampaknya Suzuki juga menerapkan strategi pemasaran bertahap pada motor ini, seperti yang dilakukan belakangan ini.

Contohnya pada Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150 yang diperkenalkan pertama kali di ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016. Hanya saja saat itu Suzuki belum merilis harga motor ini. Pengumuman banderol harga dilakukan beberapa bulan kemudian.

Begitu juga dengan Suzuki Nex II yang hadir di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 yang awalnya hadir tanpa spesifikasi lengkap ataupun harga. Informasi keduanya baru diumumkan di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2018.

Strategi pemasaran semacam ini bagi Suzuki menguntungkan, termasuk dalam hal publikasi ke calon konsumen. Maka dari itu tidak mengherankan bila Suzuki Bandit nantinya juga akan dihadirkan dengan konsep pemasaran seperti itu.

Sayangnya pihak SIS belum bersedia mengungkapkan seperti apa wujud Suzuki Bandit nantinya. Banggas hanya mengatakan bahwa motor baru ini merupakan jawaban Suzuki atas masukan konsumen terhadap GSX-S150.

Baca juga: Suzuki GSX S150 vs Honda CB150R

Kendati begitu tidak menutup kemungkinan motor itu mengandalkan basis Suzuki GSX-S150. Jika benar maka motor ini menjadi Bandit bermesin paling kecil. Kapasitasnya mencapai 147,3 cc dengan konfigurasi satu silinder, DOHC berpendingin cairan. Tenaga puncak mesin ini mencapai 19,17 PS pada putaran 10.500 rpm dengan torsi 14 Nm pada 9.000 rpm. Sementara transmisi mengandalkan 6-percepatan manual.

Walaupun mengusung basis yang sama, bukan berarti tampilannya akan sama persis. Menurut hasil rendering di dunia maya, Suzuki Bandit mengandalkan lampu depan berbentuk bulat yang membuatnya terlihat klasik. Sedangkan bagian jok dibuat menyatu antara pengendara dan penumpang sehingga menghadirkan pengalaman berkendara yang lebih nyaman.

Untuk diketahui, desain tempat duduk GSX-S150 banyak dikeluhkan oleh konsumen. Sementara itu Yamaha Vixion dan Honda CB150R laris manis dibeli konsumen hanya dengan berbekal desain jok yang menyatu. Mungkin saja hal ini menjadi pertimbangan Suzuki untuk Bandit yang akan hadir di Indonesia.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply