Home Auto News Bocoran Spesifikasi Suzuki Jimny 2018

Bocoran Spesifikasi Suzuki Jimny 2018

0 235

Suzuki Jimny 2018, Sudah bukan rahasia lagi bahwa Suzuki tengah bersiap menghadirkan Jimny generasi terbaru. Tidak hanya itu, beberapa orang juga berhasil mengabadikan mobil baru Suzuki ini. Hal ini juga menandakan bahwa Suzuki Jimny terbaru siap dirilis dalam waktu dekat.

Menurut informasi mobil SUV Suzuki ini akan dihadirkan pada 5 Juli 2018 mendatang. Selain itu juga ada informasi menarik lainnya. Nantinya juga akan tersedia Jimny Sierra. Model ini pernah ada di generasi kedua Jimny. Disebutkan bahwa Suzuki Jimny Sierra mempunyai dimensi dan mesin yang lebih besar.

Suzuki Jimny generasi terbaru terlihat mempunyai tampilan yang terkesan klasik. Jika dicermati Suzuki memberikan sentuhan desain ala Jimny jangkrik pada mobil barunya.

Di bagian depan terdapat grille dengan slot tegak, dengan diapit lampu bulat yang membuat kesan retro semakin kental. Belum lagi desain Jimny 2018 yang terkesan serba mengotak sehingga membuatnya terlihat kaku. Suzuki juga menambahkan over fender untuk memperkuat kesan off roader.

Berpindah ke bagian buritan, terdapat bumper tipis dengan lampu belakang yang didesain sederhana. Mobil ini juga dilengkapi dengan ban cadangan yang dipasangkan di pintu belakang. Suzuki Jimny terbaru ini mengandalkan platform ladder frame yang unggul dalam melalui berbagai jenis medan.

Sisi interior juga tak luput dari bocoran. Mobil SUV mungil ini mengusung dashboard dengan desain kotak dan tegak yang menjadi ciri khas Jimny. Selain itu juga terdapat pegangan tangan untuk penumpang.

Suzuki Jimny 2018 mempunyai ventilasi AC dengan desain bulat, dengan sentuhan modern berupa layar multimedia layar sentuh 7,0 inci dengan Apple CarPlay dan Android yang tersemat di bagian tengah. Juga terdapat kontrol AC otomatis, Cruise Control, tombol starter hingga pengereman darurat otonom dengan deteksi pejalan kaki.

Kesan jadul tampak berkat setir dengan desain lama, yakni palang tiga plus tombol klakson besar di bagian tengah. Hanya saja untuk beberapa varian Suzuki sudah melengkapinya dengan tombol pengatur sistem multimedia.

Kabin Jimny terbaru ini tetap minimalis namun fungsional. Terlihat dari bodinya yang tampak polos tanpa balutan trim dan juga jok yang berwarna hitam dengan material kain.

Baca juga: 10 Fitur Baru Suzuki SX4 S-Cross 2018

Suzuki Jimny untuk pasar Jepang dikatakan akan mengandalkan mesin berkapasitas 660 cc. Hal ini bertujuan untuk memenuhi regulasi Kei Car yang membuat pabrikan bisa memperoleh insentif perpajakan dari pemerintah.

Mesin itu dikombinasikan dengan transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan dengan sistem penggerak roda AWD. Lain halnya dengan Suzuki JImny Sierra yang kabarnya akan ditujukan untuk pasar di luar Jepang.

Yang membedakan terlihat dari sektor dapur pacu, dimana mobil ini mengandalkan mesin berkapasitas 1.500 cc sistem penggerak dan pilihan transmisi yang serupa. Dua mesin dengan konfigurasi tiga silinder itu dapat mengeluarkan tenaga sebesar 63 bhp dan 100 bhp.

Di sisi lain ada yang memperkirakan Suzuki Jimny juga dipasarkan dalam opsi mesin 1.0 liter Boosterjet turbo yang mampu mengeluarkan daya hingga 101 bhp dengan torsi 150 Nm serta mesin diesel 1.3 liter dengan output tenaga 74 bhp dan torsi 190 Nm. Diharapkan Suzuki juga menawarkan penggerak roda sistem Allgrip Pro 4×4.

Suzuki Jimny nantinya akan ditawarkan dalam dua varian, yakni standar dan Sierra. Bedanya untuk varian Sierra dilengkapi dengan lebih banyak fitur dan juga lebih handal untuk melibas medan off road. Kedua varian ini dibagi kedalam tiga model, yakni XG, XL dan XC.

Menariknya Suzuki Jimny 2018 juga tersedia dalam dua skema warna. Yakni warna dual tone dengan atap hitam dan warna bodi berbeda, antara lain Kinetic Yellow, Brisk Blue Metallic dan Chiffon Ivory Metallic. Sedangkan untuk warna single-tone tersedia dalam pilihan Jungle Green, Bluish Black Pearl 3, Medium Grey, Silky Silver Metallic dan Superior White.

Tawaran Suzuki Jimny terbaru ini terasa signifikan dibanding generasi sebelumnya. Desainnya yang berubah total dengan dimensi yang kompak bisa menjadi modal utama untuk memikat hati pecinta off-road, khususnya penggemar loyal Suzuki Jimny. Apalagi ground clearance mobil ini tinggi dan platform ladder frame dengan suspensi 3-link rigid-axle sehingga akan lebih mudah melewati jalur yang sulit.

Perlu dicatat, mobil baru ini akan menjadi generasi kelima dari Jimny. Akan tetapi di beberapa negara model ini menjadi generasi keempat karena produksi 2017 menjadi produk Japan Domestic Market.

Mobil legendaris Suzuki ini dipasarkan pertama kali diperkenalkan di tahun 1970. Mobil ini menjadi compact 4WD pertama dan satu-satunya di segmen mobil kecil. Lalu generasi kedua Suzuki Jimny hadir di tahun 1981.

Berlanjut di tahun 1998 Suzuki menghadirkan Jimny dengan model yang lebih garang dari sebelumnya. Pembaruan selanjutnya dilakukan di tahun 2017 dengan lampu kotak dan grill yang mirip dengan milik Jeep. Hanya saja respon masyarakat kurang baik meski di Indonesia model ini berhasil ludes terjual.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply