Home Auto News 5 Fakta Menarik Nissan Terra 2018 yang Akan Rilis di Indonesia

5 Fakta Menarik Nissan Terra 2018 yang Akan Rilis di Indonesia

0 197

Nissan Terra 2018, Mobil SUV tengah naik daun. Banyak masyarakat yang menyukai mobil berbodi besar ini. Beberapa alasannya adalah karena tampilannya yang gagah dan menarik, ground clearance yang tinggi dan kabin yang tak kalah luas dari mobil jenis lainnya semisal MPV.

Dari beberapa jenis SUV yang ada, SUV berbasis ladder frame juga tak kalah diminati. Mobil ini banyak disukai karena tampilannya dan ground clearance tinggi yang memungkinkan mobil melahap berbagai kondisi lintasan. SUV ini pada dasarnya merupakan pengembangan dari pikap berkabin ganda yang dimodifikasi dengan menambah kabin baris ketiga.

Di Indonesia sendiri ada beberapa model yang dipasarkan. Mulai dari Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, Chevrolet Trailblazer, Isuzu MU-X hingga Ford Everest.

Tidak berhenti sampai di situ, masih ada calon pemain baru yang menarik untuk dinanti. Mobil tersebut adalah Nissan Terra. Mobil ini baru saja diperkenalkan di Filipina dan berbasis produksi di Thailand.

Menariknya lagi mobil baru Nissan ini juga akan dipasarkan di Indonesia. Belum ada informasi kapan waktu peluncuran mobil ini. Namun diprediksi Nissan Terra akan dirilis pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 yang akan berlangsung Agustus mendatang.

Berminat membeli SUV Nissan terbaru ini? Sembari menanti kehadirannya, berikut ada 5 fakta seputar Nissan Terra yang bisa Anda simak.

Adopsi Platform Nissan Navara

Seperti yang dijelaskan di atas, SUV ini sebenarnya mengadopsi basis dari model pikap double cabin. Toyota Fortuner sendiri menggunakan platform Hilux. Lalu Pajero Sport berbagi basis dengan Triton dan Isuzu MU-X memakai platform D-Max.

Baca juga: Detail Spesifikasi Nissan Terra

Nissan Terra pun juga mengadopsi platform yang sama dengan Nissan Navara. Hal ini terlihat dari desain bagian depan yang terlihat mirip. Hanya saja bak di bagian belakang berubah menjadi kabin untuk penumpang. Sebagai tambahan, platform Navara ternyata juga menjadi basis double cabin pertama dari Mercedes-Benz yang diberi nama X-Class.

Pikap kabin ganda fungsinya untuk mengangkut arang di medan off-road. Maka dari itu SUV ladder frame juga dilengkapi suspensi tangguh untuk melahap berbagai kondisi medan.

Hadir di China

Untuk diketahui, Nissan Terra bukan merupakan SUV medium pertama yang dikembangkan dari pikap kabin ganda Nissan. Sebelumnya juga ada Nissan Xterra yang merupakan SUV versi 7-penumpang. Mobil ini dikembangkan dari platform Nissan Frontier yang merupakan pendahulu Navara. Hanya saja Nissan Xterra tidak dipasarkan di Asia Tenggara sehingga mobil ini cukup asing di telinga.

Di Negeri Tirai Bambu, China mobil ini mempunyai nama lain yakni Paladin. Nissan Terra 2018 diposisikan sebagai penerus Paladin di sana.

Menariknya ada perbedaan antara Nissan Terra yang dirilis di Filipina dan di China. Untuk pasar Asia Tenggara bodi mobil ini lebih panjang 15 mm dan lebih lebar 3 mm.

Opsi Mesin

Nissan Terra untuk pasar China dijual dalam dua versi mesin, yakni bensin QR25DE 2,5-liter dan turbodiesel YD25DDTi 2,5-liter. Untuk versi mesin bensin juga dipakai model Nissan X-Trail dan Teana. Lalu versi mesin diesel dipakai Nissan Navara.

Mesin diesel dipilih untuk pasar Asia Tenggara. Jantung pacu ini dapat mengeluarkan tenaga yang baik, yakni 191 PS dengan torsi puncak 450 Nm. Performanya di atas kertas unggul dari kompetitor lain.

Lalu untuk penggerak ada dua versi, yaitu gerak roda belakang atau RWD dan gerak roda empat part time (4WD). Sementara opsi transmisi ada dua, yakni manual 6-percepatan dan otomatis 7-percepatan.

Punya Banyak Fitur Canggih

Salah satu daya tarik dari Nissan Terra 2018 ada pada banyaknya fitur canggih yang tersemat di dalamnya. Untuk pasar Filipina mobil ini dilengkapi dengan cruise control, sistem infotainment layar sentuh, jok kulit, setir multifungsi, pengaturan jok elektrik, climate control dua zona dan lain-lain. Fitur-fitur ini tersedia pada varian tertinggi.

Sedangkan fitur keselamatan juga tak kalah banyak. Ada 6 airbag, Lane Departure Warning, Intelligent Around View Monitor hingga Blind Sport Warning.

Harga dan Varian

Nissan Terra versi Filipina ditawarkan dalam lima pilihan varian. Antara lain Nissan Terra 2.5L Premium 4×4 7AT, Premium 4×2 7AT, High 4×2 7AT, Mid 4×2 7AT dan Mid 4×2 6MT. Untuk varian tertinggi juga dijual dalam versi penggerak 4WD. Sedangkan transmisi manual hanya ada di tipe paling rendah.

Harga mobil Nissan terbaru ini berkisar Rp 395 jutaan sampai dengan Rp 553 jutaan. Bila dibandingkan dengan harga SUV ladder frame di Indonesia, Nissan Terra tampak menarik untuk dibeli. Hanya saja belum dapat dipastikan berapa harga mobil itu nantinya saat masuk di Indonesia.

Itulah 5 fakta seputar Nissan Terra yang perlu Anda ketahui. Berbekal tawaran mesin yang bertenaga dan fitur yang melimpah SUV Nissan ini berpeluang untuk sukses di Indonesia dan menempel dua pesaingnya, Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner.

Tinggal bagaimana Nissan memposisikan harga Nissan Terra nantinya. Semoga tawaran mobil ini sesuai dengan keinginan masyarakat, khususnya penggemar SUV ladder frame di Tanah Air.

Source: harga mobil isuzi mux, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply