Home Mobil Mobil RWD vs FWD, Mana yang Menarik?

Mobil RWD vs FWD, Mana yang Menarik?

0 208

Saat ini ada cukup banyak jenis mobil yang beredar di pasaran. Tidak hanya itu, juga ada beberapa jenis penggerak roda yang lazim dijumpai. Beberapa penggerak roda mobil yang populer di Indonesia adalah penggerak roda depan alias front wheel drive (FWD) dan penggerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD).

Lantaran mempunyai sistem yang berbeda, kedua jenis penggerak ini mempunyai tujuan yang juga tak sama. Dari kedua jenis penggerak di atas, RWD menjadi yang lebih awal hadir di pasaran dibanding FWD. Meski begitu keduanya sama-sama punya kelebihan dan kekurangan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Rear Wheel Drive (RWD)

Penggerak roda yang satu ini banyak dijumpai pada mobil mewah dan mobil sport. Ada beberapa keunggulan yang dimiliki sistem ini. Seperti handling yang lebih baik dari FWD sehingga mobil bisa melewati tikungan dengan lebih baik.

Tidak hanya itu, RWD juga mempunyai daya tahan yang lebih baik dari FWD. keunggulan lainnya mobil dengan sistem RWD tetap bisa menghasilkan performa yang baik walaupun dipadukan dengan mesin berkapasitas besar.

Selain itu penggerak ini memungkinkan mobil bermesin kecil mengangkat beban yang lebih berat. Dengan begitu mobil bisa melewati jalanan menanjak dengan lebih baik dari FWD.

Mobil RWD mempunyai radius putar yang lebih dalam atau lebih patah lantaran ruas rotasi ban depan yang lebih lega dan tidak dibatasi drive shaft. Di samping itu power steering mobil ini juga lebih enteng. Hanya saja untuk kecepatan tinggi bisa terjadi efek oversteer.

Baca juga: Beda Mobil FWD, RWD, AWD dan 4WD

Kendati begitu ada beberapa kekurangan dari sistem RWD. Mobil dengan penggerak roda belakang lebih mudah tergelincir saat menikung. Oleh karenanya sistem penggerak ini banyak dipilih orang yang gemar drift. Selain itu akselerasi pada awal sedikit berkurang.

Mobil RWD dilengkapi gardan yang bertugas menyalurkan tenaga mesin ke roda belakang. Hadirnya gardan ini membuat posisi ruang untuk kaki sedikit terganggu lantaran adanya terowongan untuk gardan di bagian bawah sasis.

Di samping itu meski mengakomodasi diferensial bagian belakang mobil ini juga cenderung lebih kecil. Mobil RWD kebanyakan juga lebih boros bahan bakar dibanding mobil FWD lantaran mempunyai bobot yang lebih berat.

Front Wheel Drive (FWD)

Sementara itu, penggerak FWD memungkinkan mobil dapat berakselerasi dengan lebih baik. Sebab mesin akan menarik beban, bukan mendorong seperti pada penggerak RWD. Selain itu roda tidak mudah selip saat berakselerasi.

Mobil dengan penggerak FWD juga mempunyai radius putar yang lebih baik dibanding RWD. Dengan demikian mobil FWD bisa menikung dengan lebih cepat dan tajam. Keunggulan lainnya harga pembuatan yang lebih murah dari RWD.

Perlu diketahui, sistem penggerak FWD mempunyai as roda depan yang langsung terhubung dengan transmisi dan mesin tanpa harus melalui propeler dan diferensial atau gardan. Maka dari itu komponennya lebih sedikit dari mobil RWD dan juga lebih ringan.

Boot yang ringan akan membuat mobil FWD lebih bertenaga dan efisien dalam konsumsi bahan bakar lantaran tenaga dari mesin tidak perlu melewati gardan. Lantai kabin mobil juga menjadi lebih rata dengan ruang pijak yang lebih luas sehingga baik untuk pengemudi dan penumpang. Mobil FWD juga mempunyai tingkat kesenyapan yang baik.

Akan tetapi mobil RWD tidak bisa mengangkat beban yang terlalu berat. Di samping itu perawatannya lebih banyak dari RWD. Suspensi penopangnya juga harus lebih baik sebab kaki-kaki mobil FWD sering berusia pendek. Hal inilah yang membuat harga mobil FWD lebih mahal. Belum lagi mobil ini sering selip jika melewati jalanan tak beraspal atau tanjakan yang licin.

Di samping itu juga ada risiko understeer pada mobil jenis ini. Sebab ban depan mobil kerap kehilangan daya cengkram atau grip saat berbelok. Untuk informasi, understeer adalah efek limbung pada mobil akibat dorongan pada bobot kendaraan saat menikung.

Risiko ini dapat diminimalisir dengan teknik injak pedal saat berbelok dengan melakukan gas penuh. Sebab bagian belakang mobil akan mengikuti secara spontan.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply