Home Auto News Mazda CX-5 Akan Dipersenjatai Mesin Turbo CX-9?

Mazda CX-5 Akan Dipersenjatai Mesin Turbo CX-9?

0 170

Mazda CX-5, Persaingan merek-merek mobil tidak hanya dalam urusan penjualan saja. Akan tetapi juga merambah ke sektor teknologi yang dibenamkan pada produk kebanggaan mereka. Maka dari itu pabrikan mobil dari seluruh dunia berupaya untuk melakukan inovasi di dunia roda empat. Salah satu yang tak luput dari inovasi adalah dapur pacu.

Saat ini sudah ada banyak mesin bertenaga gahar yang beredar di pasaran. Salah satu yang masih menarik hati adalah mesin dengan teknologi turbo. Tren ini menjangkiti beberapa merek mobil ternama, tak terkecuali Mazda.

Memang saat ini sebagian mobil Mazda dipersenjatai dengan mesin naturally aspirated. Akan tetapi Mazda juga mempunyai mesin turbo yang diberi nama SkyActiv Turbo. Mesin ini pertama kali disematkan pada Mazda CX-9 baru. Mesin ini mempunyai kapasitas sebesar 2.500 cc 4 silinder turbo yang menggantikan peran mesin V6 lama yang dikenal boros bahan bakar.

Tentu saja yang menarik adalah performa yang bisa dihasilkan. Mesin Mazda CX-9 itu diklaim dapat mengeluarkan tenaga hingga 227 hp.

Model lain yang juga ikut memakai mesin turbo adalah Mazda 6. Uniknya pada sedan ini tenaga yang dihasilkan semakin tinggi, yakni bisa menembus angka 250 hp.

Baca juga: Detail Spesifikasi Mazda CX-3 2018

Tidak berhenti sampai di situ, masih ada model lain yang nantinya akan menggunakan mesin turbo. Mobil itu diduga adalah Mazda CX-5. Prediksi ini diperkuat dengan dokumen yang ditemukan The Truth About Cars, sebagaimana dilaporkan dari Autonetmagz.

Dokumen yang berasal dari California Air Resources Board (CARB) itu berisi mengenai spesifikasi Mazda CX-5 yang didaftarkan dan disertifikasi. Dalam dokumen tersebut terdapat kode “TC” yang kemungkinan merupakan kode untuk “turbocharger”.

Bila memang benar kemungkinan mesin ini tidak akan menggantikan mesin non-turbo yang ada di pasaran saat ini. Nantinya mesin tersebut akan melengkapi varian mesin Mazda CX-5. Kemungkinan besar nantinya Mazda CX-5 turbo akan menjadi varian tertinggi.

Sayangnya belum ada bocoran lebih jauh seputar tenaga dan torsi mesin turbo untuk CX-5 ini. Akan tetapi setidaknya kita bisa memperkirakan besaran tenaga mesin itu nanti.

Melihat model yang ada saat ini, Mazda CX-5 bermesin 2.500 cc 4 silinder non-turbo mempunyai tenaga hingga 187 hp. Sementara mesin turbo CX-9 tenaganya sekitar 227 hp. Kemungkinan nantinya tenaga Mazda CX-5 berkisar 190-200 hp.

Baca juga: 2 Mobil Mazda Terbaru Dirilis

Selain tidak menggantikan posisi mesin non-turbo, varian turbo CX-5 kemungkinan juga tidak akan mengganti varian diesel. Alasannya di beberapa negara varian mesin diesel diterima dengan baik.

Tawaran ini tentu menarik, sebab konsumen bisa mendapatkan mobil yang lebih bertenaga namun tetap dengan kapasitas mesin yang sama. Hanya saja rasanya masih terlalu dini untuk berharap CX-5 segera hadir di pasaran, termasuk di Indonesia. Kita tunggu saja kabar selanjutnya dari Mazda.

Semoga tawaran dari Mazda CX-5 tidak membuat harganya melambung terlalu tinggi. Seperti yang diketahui saat ini pasar SUV tengah ramai-ramainya. Di sisi lain harga masih menjadi indikator bagi masyarakat untuk membeli mobil baru.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply